Kappa, Monster Sungai dari Jepang

Kappa (河童) atau dikenal juga sebagai kawatarō adalah monster mitologi yang dikatakan menghuni kolam dan sungai di Jepang. Makhluk aneh ini memiliki penampilan humanoid dan reptil dengan tinggi seukuran anak berusia 10 tahun. Tubuhnya berwarna kuning-hijau, dan menyerupai monyet, tetapi dengan sisik ikan atau cangkang kura-kura sebagai ganti kulit.

 Makhluk yang Licik dan Gemar Mengganggu Manusia 

Kappa adalah makhluk misterius yang licik dan menakutkan, sosoknya dianggap memiliki kekuatan magis yang dapat digunakan untuk kebaikan dan kejahatan. Sayangnya, Kappa lebih suka menggunakan kekuatan yang dimilkinya untuk mempermainkan manusia atau menyerang mereka. Makhluk ini kerap melakukan kekerasan yang membahayakan nyawa dengan mencoba menenggelamkan ternak, menculik dan memakan anak-anak, dan menganggu wanita.

kappa
source: google

Kabarnya, sumber kekuatan magis Kappa terdapat pada air (sara) yang berada di kepala mereka. Kappa memiliki penyok kecil seperti mangkuk di atas kepala mereka yang berguna untuk menampung genangan air ini. Seorang Kappa harus menjaga sara mereka tetap penuh setiap kali mereka menjelajah ke darat atau Kappa akan kehilangan semua kekuatan dan kekuatan magis mereka.

Meskipun banyak yang menolak untuk mempercayai keberadaan Kappa, masih ada banyak penampakan hingga hari ini – terutama di pedesaan Jepang. Bahkan, penduduk setempat masih memasang tanda peringatan di dekat genangan air yang diduga sering dikunjungi Kappa.

kappa
12 jenis kappa: mythology.net

Kappa dikenal sangat menyukai mentimun, jadi salah satu cara untuk menenangkan monster sungai ini adalah dengan membuang mentimun ke dalam air tempat mereka tinggal.

sumber: mythology, scaryforkids

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan