Mangaka Kentaro Miura Pencipta Manga & Anime Berserk Meninggal Dunia

Titip-Jepang-Blog-Mangaka-Kentaro-Miura-Pencipta-Manga-Anime-Berserk-Meninggal-Dunia

Kentaro Miura, seorang mangaka yang menulis manga Berserk, meninggal pada 6 Mei pukul 14:48 karena diseksi aorta akut di usia 54 tahun. Baru kemudian pada tanggal 20 Mei 2021, Hakusensha melaporkan berita tersebut di situs resminya.

“Saya ingin mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada karya Dr. Miura dan berdoa untuknya dari lubuk hati saya.Pak Miura telah menulis sejumlah karya populer seperti “Berserk” di Hakusensha selama bertahun-tahun. Ia masih membuat serial karya yang sama di Young Animal, dan telah membuat serial “Duru Anki” di Young Animal ZERO sejak dua tahun lalu. Saya sangat berterima kasih kepada semua pembaca karena telah membaca karya Miura-sensei, dan saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus atas laporan kematiannya.”

Hakusensha Co., Ltd.

Selain itu, staf editorial Young Animal menyampaikan belasungkawa mereka, bersama dengan kenangan mereka tentang Miura:

“Ini kenyataan yang sulit diterima, dan kami tidak yakin bagaimana memprosesnya. Sejujurnya, sulit untuk mengungkapkan perasaan kita dengan kata-kata. Ketika kami mengingat waktu kami dengan Miura, setiap kali kami akan bertemu dengannya, dia ceria dan senang berbicara tentang manga, anime, dan film yang dia nikmati, dan dia selalu tersenyum. Kami tidak pernah melihatnya terlihat marah atau kesal. Dia selalu terlihat seperti orang yang bahagia dan berjiwa anak-anak. “

 

Titip-Jepang-Blog-Mangaka-Kentaro-Miura-Pencipta-Manga-Anime-Berserk-Meninggal-Dunia

Profil Kentaro Miura

Kentaro Miura lahir pada 11 Juli 1966. Dia mengawali kariernya sebagai pengarang manga pada tahun 1985.

Karya pertamanya adalah Futatabi. Baru kemudian dia merilis Berserk pada 1989, setelah selama satu tahun dia persiapkan dengan matang. Berserk disebut-sebut sebagai mahakarya Kentaro Miura.

Berserk telah diterbikan di Monthly Animal House sejak tahun 1989, dan kemudian beralih ke Young Animal, dan masih berjalan hingga sekarang. Yang terbaru, chapter ke-363 dari manganya muncul di edisi akhir Januari dari Young Animal awal tahun ini. Ceritanya berlatarkan dunia dimana ilmu pedang, sihir dan monster eksis dan menggambarkan betapa kerasnya kehidupan sang karakter utama, Guts yang tampil ikonik dengan baju zirah dan pedang berukuran besar. Berserk diangkat ke layar kaca sebagai serial animasi pada tahun 1997 sampai 1998, dan di-remake kembali pada tahun 2017.

Titip-Jepang-Blog-Mangaka-Kentaro-Miura-Pencipta-Manga-Anime-Berserk-Meninggal-Dunia

Selain mahakaryanya itu, Kentaro Miura pernah juga berkolaborasi dengan Buronson yang merupakan pengarang Fist of the North Star alias Tinju Bintang Utara. Mereka menggarap karya seri komik King of Wolves yang rilis pada 1989. Sedih rasanya kehilangan sosok mangaka legendaris seperti Miura Sensei, semoga karya-karyanya tetap abadi sepanjang masa.

 

Sumber: Via Hakusensha, Oricon, dan Matamata
Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

One thought on “Mangaka Kentaro Miura Pencipta Manga & Anime Berserk Meninggal Dunia

  1. Pingback: Penghargaan Industri Karakter Manga dari BookLive, Mangademy Awards Umumkan Hasil! Tokyo Revengers Mendapatkan Tempat Teratas! - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan