Nikmati Kopi Favorit di Rumah Setiap Hari dengan 4 Alat Kopi Espreso ini!

Alat Kopi Espreso

Kopi apa yang paling kamu sukai? Pasti ada berbagai jenis kopi yang menjadi menu favorit sehari-hari. Salah satunya adalah  espreso.

Mengubah kebiasaan minum kopi memang sangat sulit dihentikan. Tapi taukah kamu untuk meracik secangkir kopi espreso harus menggunakan alat kopi espreso yang mendukung. Selain menikmati kopi di kedai kopi kamu juga bisa loh menciptakan menu terbaik versi Titipers sendiri di rumah. Cukup sulit untuk membuat crema yang sempurna (busa kental berwarna terang yang terbentuk di atas espreso yang baru dibuat).

Untuk itu simak alat kopi espreso yang wajib dibeli:

 1. Mesin Kopi Espreso 

Mesin Alat Kopi Espreso

 

Alat kopi espreso adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan espreso, dasar bagi banyak minuman kopi seperti cappucinolatte, dan macchiato. Proses pembuatan espreso melibatkan mengalirkan air panas melalui bubuk kopi yang padat dalam tekanan tinggi. Fungsi dari alat kopi espreso ini sangat penting untuk mengatur tekanan, suhu, dan waktu ekstraksi, karena dapat mempengaruhi hasil akhir espreso.

Dengan menggunakan alat ini dengan cermat, barista dapat menciptakan ekstraksi yang merata, aroma yang kaya, dan crema yang sempurna pada secangkir espreso.

Kombinasi antara keterampilan barista dan Espresso Machine yang baik dapat menghasilkan minuman kopi yang menggugah selera dan memuaskan bagi pecinta kopi.

 2. Tamper 

Tamper Alat Kopi Espreso

Salah satu proses penting dalam pembuatan kopi espreso, yaitu Tamping Espreso atau disebut tamper. Tujuannya adalah untuk memadatkan bubuk kopi agar menyatu dengan bagian dalam portafilter. Permukaan pada bagian atas juga harus rata. Semakin rata bagian ini, kualitas kopi espreso yang dihasilkan juga semakin baik.

Ada banyak produk seperti ini di pasaran. Untuk mendapatkan tamper terbaik, pilih tamper dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tangan. Material yang dipakai juga harus nyaman, karena kenyamanan akan membuat proses tamping menjadi lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Mau Jadi Barista? Pelajari 10 Alat Kopi dan Fungsinya

 3. Milk Jug 

alat kopi espreso milk Jug

Milk jug secara umum berarti kendi susu. Dalam dunia barista, milk jug merupakan wadah foam susu untuk membuat latte artMilk jug memiliki desain, ukuran, serta material yang beragam. Ada milk jug berbahan stainless steel, kaca, hingga keramik.

Untuk membuat latte art, Titipers membutuhkan jug untuk steam milk. Jika kamu menggunakannya pada mesin espreso, gunakanlah milk jug dengan volume sekitar 350 ml.

Milk jug untuk membuat latte art terdiri dari dua tipe. Pertama, tipe Italia dengan corong berbentuknya bulat (round spout). Karena tipe corongnya yang membulat, kamu akan lebih mudah saat menuangkan susu.

Kedua, ada tipe Seattle dengan corong yang lebih lancip. Bagaikan kuas lukis, corong runcing ini ideal untuk Titipers yang ingin membuat latte art dengan lebih mendetail. Akan lebih mudah mengontrol tebal tipis aliran susu pada cangkir kopi yang ingin digambari latte art.

 4. Portafilter 

Alat Kopi Espreso portafilter

Apa itu Portafilter Kopi? Portafilter adalah alat stainless steel atau aluminium kecil yang digunakan untuk menekan dan mengumpulkan biji kopi atau daun teh. Dalam bentuknya yang paling sederhana, ini adalah sepotong logam berbentuk kerucut, tetapi dapat dibuat menjadi apa pun yang Titipers inginkan.

Biasanya terbuat dari logam yang kuat untuk mencegah kopi tumpah dan ampas dari penyumbatan. Satu-satunya hal lain di keranjang kopi yang kamu perlukan adalah filter kopi. Ini adalah bagian yang benar-benar membuat rasanya jauh lebih enak.

Itu dia alat kopi espreso yang wajib kamu tahu sebelum

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *