TAS SISWA SD JEPANG DARI MANA ASALNYA???

titip-jepang tas randoseru

Titipers suka penasaran gak sama tas anak kecil di Jepang? Kenapa ya semua anak anak pakai tas itu? Sejak kapan ya tasnya jadi tren? Yuk kita lihat asal usul tas berbentuk kotak dengan bahan kulit yang biasa disebut dengan Randoseru.

Bulan April merupakan bulan untuk memulai tahun ajaran baru di Jepang. Di bulan ini Titipers akan menemukan banyak anak kecil berangkat sekolah menggunakan tas kotak yang bernama Randoseru. Kebiasaan ini dimulai ketika abad ke 19 pada akhir jaman Edo. Setelah Jepang membuka negerinya dan memulai perdagangan dengan negara lain, gaya fashion dari Barat menjadi tren pada masa itu.

Di dunia militer Jepang, tas punggung menjadi peralatan utama bagi tentara Jepang yang sudah mulai modern. Menurut teori, awalnya tas ini disebut sebagai Ranseru alias Ransel yang diambil dari bahasa Belanda dan digabungkan dengan kata Landser alias foot soldier pada jaman Perang Dunia 2. Tapi darimana tas tentara ini bisa muncul sebagai tas yang wajib digunakan oleh anak anak??

Pada peralihan ke jaman Meiji mulailah dibuka sekolah untuk masyarakat di luar bangsawan. Guna menumbuhkan rasa keseteraan antar siswa, tidak ada satu pun siswa yang boleh diantar menggunakan kendaraan dan membawa pelayan untuk membawakan peralatan belajar mereka. Setiap siswa diwajibkan untuk membawa perlengkapan sekolah mereka dalam tas punggung.

Pangeran Yoshihito yang saat itu masuk sekolah pada umur 8 tahun diberi hadiah tas punggung dari kulit oleh Perdana Mentri Jepang pada tahun 1887. Disaat itu tas kulit pemberian perdana mentri yang dipakai sang Pangeran Jepang menjadi tren di negara tersebut. Semua anak ingin memiliki tas yang dipakai oleh sang pangeran. Namun, setelah perang dunia kedua berakhir bahan baku tas kulit menjadi sangat mahal. Tas ini menjadi tren kembali pada tahun 50-an ketika terjadi Economy Bubble, dimana semua orang Jepang membelanjakan uangnya seperti bernafas. Tas mahal ini menjadi milik semua orang dan berubah dari simbol bangsawan menjadi standar budaya bagi seluruh anak anak di Jepang.

Titipers ingin titip beli item Jepang? silahkan meluncur ke REQUEST TITIP JEPANG ya^^

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan