Intip Venue Piala Dunia Basket 2023: Filipina, Jepang, Indonesia Tuan Rumah Bersama

Piala Dunia, kompetisi tertinggi bola basket dunia akan kembali digelar. Kompetisi yang secara resmi bernama 2023 FIBA Basketball World Cup (Piala Dunia Basket 2023) merupakan edisi ke-19. Ada tiga negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket ke-19 ini, yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Awalnya, Filipina, Jepang, Indonesia dipastikan otomatis lolos ke Piala Dunia tanpa melewati babak kualifikasi. Akan tetapi, FIBA kemudian mengubah kebijakan untuk Indonesia karena dinilai tim-nya belum layak untuk tampil. Indonesia setidaknya harus bisa lolos ke perempatfinal Piala Asia 2022 (2022 FIBA Asia Cup). Namun, sayangnya Timnas basket Indonesia gagal lolos ke perempatfinal Piala Asia 2022, sehingga tidak mendapatkan jatah tampil di Piala Dunia.

Filipina akan menjadi tuan rumah utama, mereka menyediakan tiga arena di Manila dan Bocaeu. Sedangkan Jepang dan Indonesia hanya menyediakan masing-masing satu venue di Okinawa dan Jakarta. Berikut adalah daftar venue Piala Dunia Basket 2023 (2023 FIBA World Cup):

Lokasi kota penyelenggara

  1. Philippine Arena

    Philippine Arena berlokasi di kota Bocaue, provinsi Bulacan. Arena berkapasitas 55.000 penonton ini dibangun pada 2014 lalu. Saat ini merupakan arena Indoor terbesar se-ASEAN.
  2. Smart Araneta Coliseum

    Smart Araneta Coliseum  berlokasi di Quezon City, Metro Manila. Dibangun pada 1960 lalu, arena ini mampu menampung 14.000 penonton. Arena ini berjuluk The Big Dome.
  3. Mall of Asia Arena

    Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Asia, Mall of Asia memiliki arena Indoor multi-fungsi. Mall of Asia Arena yang berlokasi di Pasay, Metro Manila mampu menampung 15.000 penonton.
  4. Okinawa Arena

    Berlokasi di Okinawa, pulau di selatan Jepang, Okinawa Arena dibangun untuk Piala Dunia Basket yang selesai pada 2021 lalu. Arena ini berkapasitas 10.000 penonton
  5. Indoor Multifunction Stadium

    Venue baru yang dibangun untuk Piala Dunia Basket 2023. Indonesia Arena berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno, kota Jakarta. Arena ini selesai dibangun pada pertengahan 2023 dan berkapasitas 16.500 penonton.

Piala Dunia Basket 2023 akan digelar 25 Agustus – 10 September. Akan ada 32 tim akan berkompetisi merebutkan gelar juara dunia. Spanyol merupakan juara bertahan pada edisi 2019.

Indonesia hanya akan menjadi penonton pada kompetisi tersebut karena gagal memenuhi syarat lolos.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Wikipedia 2023 FIBA World Cup 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Animanga Anime Budaya Fashion Gaya Hidup Hobi Manga News Outdoor

Sambil Cosplay Tomioka Giyu, Pria Jepang Padamkan Kebakaran

Artikel Hobi News Sport

8 Atlet Jepang yang Berkulit Hitam

Animanga Hobi Manga News Sport

Kolaborasi Klub Bola-Anime, Inter dan Blue Lock

Beauty Fashion Gaya Hidup Hobi News Sport Titip Jepang TJ 101

Rekomendasi 5 Webstore Jepang Underrated

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *