Jepang vs Kroasia: Kalah Adu Penalty, Langkah Jepang Harus Terhenti

Titip Jepang - Jepang vs Kroasia adu penalty

Asa Timnas Jepang untuk melangkah ke babak perempatfinal FIFA World Cup Qatar 2022 harus kandas. Pertandingan 16 besar antara Jepang vs Kroasia yang berlangsung di Stadion Al Janaoub harus dimenangkan Kroasia melalui drama adu penalty.

Di babak pertama Kroasia menguasai 56% penguasaan bola. Gawang Jepang beberapa kali terancam oleh serangan Kroasia. Tercatat, ada dua kali kemelut terjadi di depan gawang Jepang. Namun, pertahanan Jepang cukup disiplin untuk menyapu bola.

Jepang bukannya tanpa perlawanan, mereka beberapa kali melakukan serangan balik,. Memasuki menit 40, serangan-serangan Jepang mulai membahayakan gawang Kroasia. Kamada sempat membuat peluang emas untuk Jepang, namun bola melayang ke atas.

Jepang memecah kebuntuan di menit 43, setelah Daizen Maeda berhasil menyarangkan bola ke gawang Kroasia. Berawal dari umpan silang di sisi kanan, Maeda berhasil memanfaatkan bola kemelut. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA: 4 WAGs Pemain Timnas Jepang dari Kalangan Artis

Di babak kedua, kedua tim sama-sama tampil menyerang. Morita berhasil melepaskan tembakan ke gawang Kroasia di awal babak kedua. Namun kiper Kroasia berhasil menepis bola.

Petaka untuk Jepang muncul di menit 55, Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan melalui tandukannya. Di menit 62, Luka Modrid melepaskan tendangan akurat ke gawang Jepang, namun bola berhasil ditangkis Gonda.

Setelah itu, Kroasia beberapa kali membahayakan gawang Jepang. Namun, tendangan-tendangan pemain Kroasia masih tipis dari gawang.

Kedua tim saling berbalas serangan, tapi pertahanan kedua tim cukup disiplin membuat tidak ada gol yang tercipta hingga akhir waktu normal. Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan (extra time), 2×15 menit.

Jepang vs Kroasia: Berlanjut Babak Tambahan dan Adu Penalty

Babak pertama extra time, kedua tim masih cukup berhati-hati membangun serangan. Kaoru Mitoma sempat membuat peluang untuk Jepang pada menit 104, melalui serangan balik. Namun, bola sepakannya berhasil ditangkis kiper Kroasia, Livaković.

Babak kedua extra time, tidak ada serangan yang berarti bagi kedua tim. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak extra time. Hasil akhir pertandingan harus ditentukan lewat babak adu penalti.

BACA JUGA: Erina Mano, sang Kamen Rider Nadeshiko Dukung Timnas Jepang

Di babak adu penalty, dua penendang pertama Jepang, Takumi Minamino dan Kaoru Mitoma berhasil dipatahkan oleh kiper Kroasia, Dominic Livaković. Sementara dua penendang Kroasia, Nikola Vlašić dan Marcelo Brozovic berhasil menyarangkan bola ke gawang Jepang. Jepang tertinggal 0-2.

Asa Jepang sempat muncul di penendang ketiga, Takuma Asano berhasil memasukkan bola. Sementara penendang Kroasia, Marko Livaja gagal mengeksekusi bola dan membentur tiang. Jepang memperkecil keadaan jadi 1-2.

Lagi-lagi penendang Jepang gagal mengeksekusi bola, Maya Yoshida dipercaya sebagai eksekutor keempat gagal menyarangkan bola. Akhirnya Kroasia berhasil mengunci tiket perempatfinal setelah Mario Pašalić menendang bola masuk ke gawang yang dikawal Shuichi Gonda. Hasil 1-3 menyudahi drama adu penalty ini.

Dengan hasil ini, tim Samurai Biru (julukan Timnas Jepang) gagal mencapai babak perempatfinal untuk pertama kalinya. Pencapaian ini menyamai pencapaian tahun 2002, 2010, dan 2018 dimana Jepang juga tersingkir di babak 16 besar. Sementara itu, Kroasia berhak lolos ke Perempatfinal yang akan bertemu pemenang Brasil vs Korea Selatan yang bertanding pada Selasa (6/12) dini hari. Perempatfinal berlangsung pada hari Jumat (9/12).

tangisan pemain Jepang - Titip Jepang

BACA JUGA: Mangaka Ao Ashi dan Blue Lock Bagikan Ilustrasi Rayakan Kemenangan Jepang atas Spanyol

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Akun twitter FIFAWorldCup

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *