PSSI Kerjasama Dengan Jepang, Dari Timnas Putri Hingga Wasit

Titip Jepang-BLOG-PSSI Kerjasama dengan Jepang untuk perkembangan sepakbola-1

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menandatangani MoU dengan ketua JFA (federasi sepakbola Jepang), Kozo Tashima pada hari Senin, 22 Mei 2023. Lawatan Erick Thohir yang juga merupakan Menteri BUMN ke Jepang sekaligus menemani Presiden Indonesia, Joko Widodo dalam rangka kunjungan ke Jepang. Erick Thohir menyempatkan diri untuk menemui federasi sepakbola Jepang.

Dalam pertemuan dengan JFA tersebut, PSSI mendiskusikan kerjasama perkembangan sepakbola kedua negara. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut disiarkan langsung oleh kanal Youtube PSSI pada hari Senin, 22 Mei 2023.

Beberapa hal yang disepakati pada MoU antara PSSI dengan JFA di antaranya adalah perkembangan Timnas Sepakbola Putri, kompetisi, dan wasit.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Indonesia Satu Grup dengan Jepang

“Pertama, kita akan fokus kerjasama dengan Jepang untuk pembangunan timnas putri,” ucap Erick Thohir.

Jepang tidak cuma bagus di sepakbola putra. Sepakbola putri di Jepang cukup bagus, bahkan mereka pernah menjadi juara Piala Dunia Wanita pada tahun 2011 lalu. Selain itu, sepakbola putri Jepang juga pernah juara Piala Dunia U-16 dan U-20.

“Saya sudah minta juga kalo ada pelatih dari Jepang juga, ya sudahlah kita kerjasama untuk tim putri,” Erick Thohir melanjutkan.

Erick juga menambahkan, bahwa kerja sama itu juga akan mendorong perkembangan Timnas yang didasari pada pengelolaan liga yang baik.

“Kita juga akan mendorong untuk benchmarking manajemen tim nasional. Kita lihat J League meningkat performanya dan berkontribusi ke timnas,” pungkasnya.

Erick Thohir juga berharap bahwa kerja sama ini juga membantu perkembangan kualitas wasit di Indonesia.

“Dan yang paling penting wasit, kita juga akan pakai pimpinan wasit dari Jepang, bisa membantu perwasitan kita, kita akan tunggu nama-namanya.”” tutur Erick.

BACA JUGA: Outfit Kece Keisuke Honda di SEA Games 2023

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber:  Youtube  

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *