Review Film Kuyang: Manusia Pemburu Janin, Apakah dia Ada Didekatmu?!

Kuyang

Budaya rutinan mingguan di Indonesia selain tahlilan atau yasinan, bioskop selalu menayangkan film horor terbaru mereka di setiap hari Kamis. Mengawali bulan Maret 2024 ini, tepat pada hari Kamis, 7 Maret kita disambut film horor terbaru yang berlatar belakang cerita rakyat asal Kalimantan, Kuyang: Sekutu Iblis yang selalu mengintai. Film adaptasi dari novel yang berjudul sama karya Achmad Benbela yang populer di media sosial.

review film horor

Sinopsis film Kuyang menceritakan sepasang suami istri yang merantau ke suatu desa. Bimo (Dimas Aditya) memutuskan untuk menjadi PNS dan ditugaskan di desa pedalaman Muara Tapah. Ia membawa istrinya Sriatun (Alyssa Abidin), yang menolak untuk ditinggal bersama orang tua Bimo di Jawa.

Namun, sejak kedatangan mereka di desa tersebut, kejadian aneh mulai mereka alami. Sriatun merasa ada yang selalu mengawasi mereka. Bimo yang mengetahui masa lalu kelam desa tersebut mulai khawatir. Sekutu iblis yang mengetahui desa selama ini kini mengincar Sriatun yang sedang hamil untuk dijadikan tumbal.

Bimo yang tidak ingin Sriatun bernasib sama sepertu warga desa terdahulu berencana membawa Sriatun pergi dari desa. Namun, kekuatan sekutu iblis berhasil menghalangi rencana Bimo. Satu-satunya cara menyelamatkan nyawa Sriatun adalah Bimo harus mengalahkan Sekutu Iblis dengan tangannya sendiri.

Sebelum nonton film Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai, simak ulasan review film berikut ini!

 Mengenal Lebih Dekat Siapa Kuyang itu? 

Review Film Kuyang

Berbicara film horor Indonesia sebagian orang akan langsung berpikir cerita itu berasal dari Jawa. Berbeda dari kuyang ini ia membawa cerita dari Kalimantan yang penuh misteri dan teka-teki. Sama seperti ceritanya yang memiliki plot twist. Sebelum itu, Titipers harus tau siapa kuyang itu?

Kuyang adalah sebutan manusia yang bersekutu dengan iblis untuk memiliki kekuatan supranatural yang menjelma seperti perempuan nokturnal berupa kepala terbang beserta organ dalamnya yang akan memangsa janin merah (jabang bayi). Jika siang ia akan berburu dan malam harinya akan memangsa target utamanya. Sosok kuyang memang susah untuk diketahui, di mana ia terlihat manusia normal seperti umumnya yang berbaur dengan masyarakat sekitar. Namun, ia sulit dikenali jika di malam hari karena ia menanggalkan badan di tempat tersembunyi agar dapat kembali hidup layaknya manusia.

Istilah kuyang sangat lekat dengan cerita rakyat di Kalimantan. Namun, beberapa orang percaya jika ada ibu hamil atau menyusui mendapatkan teror maka di situlah keberadaan kuyang harus diwaspadai. Karena apa, kuyang akan berkeliaran di siang hari untuk berburu, dia akan bersikap baik pada orang-orang untuk mengelabui korban selanjutnya.

Beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali siapa sosok kuyang terdekat kita. Pertama, ia akan menggunakan syal atau kain untuk menutupi lehernya yang terdapat bekas hitam atau merah yang mengelilingi leher seperti jahitan atau goresan. Padahal aslinya itu adalah bekas terlepasnya kepala dengan badan saat ia menjelma kuyang di malam hari. Kedua, kuyang akan bersikap aneh ketika ia melihat bayi atau ibu hamil. Ketiga, takut dengan lantunan kitab suci. Untuk menjaga diri dari kuyang adalah dengan menebar bulu landak, sapu lidi, serta bawang merah dan bawang putih yang ditancapkan ke jarum di sekeliling rumah.

Kuyang sendiri bukanlah hantu melainkan manusia yang mempelajari ilmu hitam dan ia melakukan perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kecantikan abadi dan umur yang panjang. Konon katanya kuyang ini dapat hidup selama 300 tahun sehingga tidak heran jika kuyang adalah orang terdekat yang dikenal baik dan cantik. Di Jepang sendiri kuyang dikenal dengan sebutan Nukekubi atau Rokurokubi.

Baca Juga: Yokai Nukekubi: Hantu Jepang yang Mirip ‘Kuyang’

Baca Juga: Rokurokubi: Siluman Wanita Berleher Panjang dari Jepang

Oleh karena itu film Kuyang ini seperti membawa cerita yang fresh di dunia bioskop akhir-akhir ini. Tidak hanya mengenalkan sosok kuyang kepada publik melainkan kamu akan mengetahui fakta bahwa di Kalimantan peti mati tidak dikuburkan melainkan digantung di pohon hutan dan ia dapat bergerak sendiri. Dan film ini menjelaskan dengan detail tentang mitologi kuyang dan peti mati ini dengan baik tanpa ada kurang yang membuat kita kebingungan saat menonton. Terbayang sudah nuansa horor yang segar dan seru dari film Kuyang ini menjadi film horor yang sangat rekomendasi untuk ditonton di minggu ini.

 Pemeran Pembantu yang Jadi Pusat Perhatian 

Film Kuyang

Melihat poster dari Kuyang sendiri menampilkan bentuk kuyang bukan pemeran utama di film, Bimo (Dimas Aditya) dan Sriatun (Alyssa Abidin) sebagai pemeran utama telah membawakan karakter dengan baik. Namun, pemeran dukun bisa dibilang tampil dengan perfect. Di mana film ini menampilkan dua sosok dukun populer yang menarik perhatian penonton. Terlebih lagi penampilan dan karakter dari Putri Ayudya (Mina Uwe) sebagai pemeran ketiga inilah yang paling mencuri perhatian.

Sosok Mina Uwe berperan sebagai dukun di Muara Tapuh. Putri Ayudya ini baru muncul di pertengahan film ketika Bimo dan Sriatun mengalami teror selama di perantauan. Peran dan penampilannya yang sangat bagus bisa dibilang sukses memamerkan acting range-nya di film ini.

Selama film berlangsung Titipers akan terpesona dengan sosok Tambi Nyai, penampilannya yang bikin bulu kuduk merinding, ia juga sukses membuat penonton was-was. Tapi, jangan khawatir di sini juga ada pemeran comedic relief yang diperankan sangat baik oleh kepala sekolah membuat film ini tidak terlalu menegangkan.

 Visual Kuyang Secara Nyata 

Film horor indonesia

Seperti wujud hantu Indonesia kebanyakan yang tampil dengan sosok yang menyeramkan. Berbeda dengan Kuyang film ini cukup terlihat nyata namun tubuh kosong yang ditinggal tampak seperti boneka atau patung. Meski begitu efek CGI bisa dibilang berhasil karena membuat penonton ketakutan histeris.

Sebagian penonton bukan domisili Kalimantan pun dapat membayangkan seseram apa sosok kuyang di kehidupan nyata. Ditambah pada scene Kuyang dengan angle close-up penonton mulai menutup wajah bisa dibilang film horor Indonesia berhasil menampilkan kuyang dengan baik bukan sekadar kostum dan make-up yang menakutkan.

Memang benar ya, kita lebih suka nonton horor dengan adegan jumpscare yang bikin merinding sepanjang film tayang. Tenang saja, pecinta horor yang hobi dikageti film ini sangat rekomendasi masuk daftar tontonan bioskop minggu ini.

Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai berhasil mengangkat mitologi Kalimantan dengan baik sehingga penonton mendapatkan pengetahuan sekaligus pengalaman agar selalu hati-hati ketika menempati daerah baru. Bagaimana menurut Titipers?

Kamu bisa menonton film Kuyang di bioskop kesayangan Titipers sebelum ketinggalan. Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *