Jepang Siaga Tsunami Pasca Gempa Berkekuatan 7,4 Guncang Taiwan Timur

blog-jepang siaga tsunami setelah taiwan diguncang gempa

“Evakuasi!” menjadi hal yang diserukan oleh beberapa stasiun TV Jepang untuk daerah terdampak #Jepang Siaga Tsunami

Rabu (03/04), Badan Meteorologi Taiwan mengumumkan gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan 7,2 SR mengguncang lepas pantai timur Taiwan sekitar pukul 07.58 waktu setempat. Otoritas tersebut juga mengatakan pusat gempa berada sekitar 25 kilometer dari lepas pantai Hualien di Taiwan timur, dengan perkiraan kedalaman sekitar 15 kilometer. Gempa ini dirasakan hingga ke beberapa negara di dekatnya, termasuk Jepang, Tiongkok, dan Filipina, serta memicu Jepang siaga tsunami yang diumumkan oleh pemerintah setempat untuk pulau-pulau si sebelah selatan.

Gelombang tsunami setinggi tiga meter diperkirakan akan melanda pulau-pulau terpencil Jepang di dekat Taiwan termasuk di antaranya pulau Miyakojima. “Evakuasi!” demikianlah hal yang diserukan oleh beberapa stasiun TV Jepang untuk beberapa daerah terdampak. Para reporter berulang kali menyerukan kata-kata seperti “Evakuasi! Jangan berhenti! Teruslah berlari!” Selain peringatan tsunami, Jepang juga menunda jadwal penerbangan di bandara utama Okinawa.

Meskipun Badan Meterologi Jepang telah mencabut peringatan waspada Tsunami yang dikeluarkan untuk seluruh wilayah Okinawa. Namun, para pejabat tetap mengimbau warga-nya untuk tetap berhati-hati kerena ketinggian air pasang bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Sebelumnya, peringatan waspada tsunami dikeluarkan untuk wilayah pesisir Miyakojima-Yaeyama dan pulau utama Okinawa. #Jepang Siaga Tsunami

Para pejabat mengatakan tsunami setinggi 30 cm sempat terlihat di Pulau Yonaguni pada pukul 09.18 waktu setempat dan Pulau Miyako pukul 10.50 waktu setempat. Tsunami setinggi 20 cm juga diberitakan mencapai Pulau Ishigaki pada pukul 10.42 waktu setempat.

Stasiun TV Taiwan telah melaporkan kerusakan parah yang terjadi di Hualien, dengan lereng gunung yang runtuh, tembok-tembok bangunan roboh, dan puing-puing berserakan di jalanan. Rekaman video yang diputar berulang kali menunjukkan air bergoyang di akuarium maupun kolam renang dan lampu yang berguncang. Mereka juga menyebutkan bahwa gempa susulan terus berlanjut dan Tim Bantuan Media Bencana telah dikerahkan.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Jepang mengatakan sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan di wilayah negaranya.

Survei Geollogi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 7,4 SR, dengan pusat gempa 18 kilometer selatan kota Hualien Taiwan pada kedalaman 34,8 km.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artik’el lainnya di sini^^

sumber: nhkcnbcindonesia

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *