Kerja Sama Jepang Indonesia Kembali Diperkuat Lewat Pertemuan Kedua Pemimpin Negara

blog-perdana menteri jepang dan presiden indonesia kukuhkan kerjasama jepang indonesia

Prabowo meminta kepada pemimpin Jepang tersebut untuk membangun hubungan kerja sama Jepang Indonesia yang lebih baik lagi di masa depan.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishidan dan Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto pada pertemuan di Tokyo pada hari Rabu (03/04) sepakat untuk memperkuat hubungan kerja sama Jepang-Indonesia di bidang keamanan dan bidang lainnya.

BACA JUGA: PSSI Kerja Sama Dengan Jepang, Dari Timnas Putri Hingga Wasit

Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, dengan mempertimbangkan pertumbuhan kehadiran Tiongkok.

Dalam pertemuan di Kantor Perdana Menteri tersebut, Kishida mengucapkan selamat kepada Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia, atas kemenangannya dalam pemilihan presiden di Indonesia pada 14 Februari lalu serta menyambut kunjungannya ke Jepang sebagai “sikap yang berorientasi pada Jepang”.

Kishida juga menunjukkan kesiapan pemerintah Jepang untuk menawarkan dukungan kepada Indonesia di berbagai bidang termasuk infrastruktur dan energi dengan pernyataan,

“Saya ingin (Jepang dan Indonesia) untuk lebih memajukan kerja sama sebagai mitra komprehensif dan strategis yang berbagi nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar.”

Selain itu, Kishida juga menyatakan dukungannya terhadap upaya Indonesia untuk menjadi anggota Organisasi Kolaborasi dan Pembangunan Ekonomi.

Prabowo meminta kepada pemimpin Jepang tersebut untuk membangun hubungan kerja sama Jepang Indonesia yang lebih baik lagi di masa depan. Beliau juga menyampaikan harapannya melalui peningkatan kolaborasi di bidang pertahanan, pertanian dan perikanan, serta pencegahan bencana. Prabowo kemudian melanjutkan pertemuan tersebut dengan berdiskusi dengan Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara, untuk membahas kerja sama keamanan bilateral dan multilateral, termasuk masalah-masalah praktis.

“Kami sepakat untuk bekerja sama di berbagai bidang,” ungkap Kihara kepada wartawan setelah pertemuan tersebut, yang menandakan rencana pemerintah kedua negara untuk memperdalam hubungan pertahanan melalui pertukaran pendidikan, pelatihan bersama, dan bantuan pengembangan kapasitas. Diharapkan kerja sama Jepang Indonesia akan semakin lancar.

Sebelum mengunjungi Jepang, Prabowo melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk perjalanan luar negeri pertamanya setelah pemilu dan bertemu dengan Presiden Tongkok Xi Jinping di Beijing.

BACA JUGA: Pemilu Presiden Indonesia Menjadi Perhatian Komentator Senior Jepang

BACA JUGA: 4 Momen Anime Jadi Alat Kampanye Pemilu 2024

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini ^^

sumber:  japantimes

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram:  @titipjepang
Twitter:  @titipjepang
Facebook:  Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *