Korut Luncurkan Rudal Dekat Jepang, PM Jepang Bereaksi

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida memberikan instruksi sebagai reaksi peluncuran rudal Korea Utara. Dalam instruksi tersebut Perdana Menteri Jepang meminta jajarannya untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memberikan informasi yang cepat kepada publik.

Selain itu, dia juga menghimbau militernya agar bisa menjaga keselamatan pesawat, kapal, dan aset lainnya. Semua tindakan pencegahan yang memungkinkan, termasuk kesiapan untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Hal itu seperti diumumkan pada situs web resmi Perdana Menteri Jepang.

Instruksi tersebut muncul sebagai reaksi atas peluncuran rudal nuklir Korea Utara. Pada hari Kamis (6/10), militer Korea Selatan menginformasikan bahwa Korea Utara kembali meluncurkan dua rudal. Rudal tersebut ditembakkan pada pagi hari ke arah timur. Kedua rudal tersebut terbang dengan jarak 350 kilometer dan 800 kilometer.

Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, memiliki alasan melakukan peluncuran itu. Korea Utara telah beberapa kali menembakkan rudal sebagai respons atas latihan bersama Amerika Serikat dengan Korea Selatan yang berlangsung beberapa pekan terakhir.

“DPRK (Korut) melihat AS membawa ancaman serius untuk kestabilan situasi di Semenanjung Korea dan di sekitarnya karena menempatkan kembali gugus tugas kapal induk di perairan Semenanjung Korea,” kata Kemenlu Korut seperti dikutip AFP.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Katei, CNN, NHK

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan