Resep Pancake Souffle Jepang yang Lembut dan Fluffy

Pancake Souffle Jepang

Pancake Souffle Jepang adalah salah satu dessert yang viral di mana-mana. Bayangkan saja kue selembut awan kapas surga yang meleleh di mulut!

Pernahkah Titipers melihat Fluffy Japanese Soufflé Pancakes  (スフレパンケーキ) di media sosial?  Atau mungkin kamu pernah mencicipinya saat berkunjung ke Jepang?

Pancake Souffle di Jepang enak

Ini adalah pancake yang lembut dan fluffy, terlihat terlalu mewah untuk sarapan di hari kerja, tetapi kamu pecinta dessert tidak mungkin bisa menolaknya kan dinikmati di akhir pekan. Pancake yang empuk dan lembut ini wajib dicoba. Jangan lewatkan pancake souffle Jepang yang super duper lembut.

Baca Juga: Resep Yakitori- Ide Masakan Jepang di Tahun Baru

Baca Juga: Resep Kari Ayam Jepang Otentik: Bahan, Teknik yang Lengkap dan Runtut

 Apa itu Pancake Souffle Jepang yang Lembut? 

cara membuat Pancake Souffle Jepang

Bahan untuk pancake souffle mirip dengan pancake biasa, lalu apa bedanya? Apa yang membuat pancake souffle begitu empuk dan lezat?

Semua Pancake souffle memakai telur sebagai bahan utama. Kuning telur dan putih telur dipisahkan, lalu putihnya dikocok untuk membuat meringue.(kue busa) Sama seperti yang kamu lakukan dengan souffle gurih dan manis atau kue sifon.

Putih telur dikocok hingga kaku lalu dilipat perlahan dan hati-hati ke dalam sisa adonan. Pancake souffle sangat empuk karena gelembung udara menahan bentuknya di dalam adonan pancake.

Hasilnya, pancake-nya super fluffy. Saat kamu memotong pancake, bahkan dapat mendengar suara gelembung udara keluar!

Nikmati pancake souffle ini seperti menikmati flapjack dengan whipped cream, buah, sirup, dan topping seperti keping coklat dan kacang.

 Pancake di Jepang 

Pancake Souffle di Jepang

Makanan yang comfort food asal Jepang satu ini membuat lapar mata. Menikmati sepiring pancake souffle yang bertumpuk membuat mood menjadi lebih baik.

Bahkan di Jepang, makanan rumahan yang paling sederhana seperti pancake pun dianggap hidangan yang mewah. Dalam beberapa tahun terakhir, toko kue dan kafe di Jepang berlomba untuk membuat pancake paling fluffy dan lembut. Dan pada tahun 2016, kegilaan pancake di Jepang mencapai puncaknya. Hampir semua toko memajang pancake terbaik mereka bersaing untuk mendapatkan pancake souffle terbaik. Berikut beberapa yang paling terkenal:

  • Kiln-baked Soufflé Pancakes (窯焼きスフレパンケーキ) at Hoshino Coffee (picture above)
  • Miracle Pancakes (奇跡のパンケーキ) at Flippers
  • Happy Pancake (幸せのパンケーキ) at A Happy Pancake

Ketiga toko pancake itu sangat rekomendasi untuk dinikmati, sempatkan waktu liburanmu untuk menyicipi pancake souffle yang lembut ini atau kamu bisa menikmati momen terindah seperti ulang tahunmu dengan sepiring pancake.

Baca Juga: Resep Fukujinzuke Homemade (Acar untuk Kari Jepang)

Baca Juga: Resep Yakimeshi- Nasi Goreng ala Jepang

Baca Juga: Resep Masakan Hibachi di Rumah: Bahan, Takaran, dan Cara Mengolah

Tapi, kamu yang ingin membuat di rumah mintip kasih resep Pancake Souffle Jepang. Simak catatan berikut ini ya!

 5 Tips Penting Membuat Pancake Souffle Jepang Fluffy 

resep Pancake Souffle Jepang

Berikut beberapa tip pribadi saya yang membantu saya mendapatkan pancake souffle yang sempurna.

1. Kocok putih telur (meringue) dengan benar

Sejujurnya, membuat meringue membutuhkan banyak latihan. Beberapa percobaan dan kesalahan hanyalah bagian dari proses, tapi dijamin cara ini akan memudahkan kamu lebih banyak pengalaman dan memahami komposisi yang diperlukan untuk mencapai konsistensi yang tepat.

Saat kamu mengangkat pengocok, putih telurnya lurus ke atas dengan kuat, tetapi bagian paling ujung putih telurnya terlipat, seperti mengambil busur. Jika kamu mengocok putih telur secara berlebihan, putih telur akan pecah berkeping-keping. Tapi, jika kurang mengocoknya, putih telur tidak memiliki cukup gelembung udara dan pancake tidak akan mengembang.

2. Panaskan teflon anti-lengket dengan api kecil yang lama

Pemanasan yang merata sangat penting agar pancake bisa matang sekaligus. Sebaiknya kamu memanaskan terlebih dahulu teflon anti-lengket dengan api paling kecil untuk membantu mencegah titik panas (artinya sebagian teflon memiliki panas yang lebih rendah, dan bagian lainnya terlalu panas).

3. Tumpuk adonan secara vertikal (tinggi)

Kunci untuk membuat pancake yang enak adalah dengan menambahkan tumpukan baru di atas adonan di teflon setelah mulai terbentuk.

4. Masak perlahan, tutup, dengan api kecil

Tidak seperti pancake biasa, kamu perlu memasak pancake Jepang yang kental & empuk ini lebih lama. Jika menggunakan api yang lebih tinggi, pancake mungkin terlihat matang, namun bagian dalamnya akan terlalu mentah. Oleh karena itu, memasak dengan api kecil adalah cara yang tepat. Untuk mengunci panas dan kelembapan di dalam panci, tutup dengan penutup teflon.

5. Tambahkan air untuk menghasilkan sedikit uap

Saya sudah mencoba tanpa menambahkan air sebelumnya dan perbedaannya mungkin tidak kentara. Tapi karena menambahkan air tidak perlu banyak, saya sertakan langkah ini dalam resep saya. Cukup teteskan 1 sendok makan air ke ruang kosong di penggorengan untuk menambah kelembapan pada teflon.

 Mengapa Souffle Pancake Mengempis, Gimana Solusinya? 

Pancake Souffle Jepang viral

Saat membuat pancake souffle, salah satu situasi yang sering ditemui orang adalah pancake cenderung mengempis setelah dimasak. Sekarang, apakah itu normal? Tidak, souffle, termasuk souffle pancake, harus tetap berdiri tegak setelah menaruhnya di piring.

Apa yang salah? Apa yang harus dilakukan agar souffle Titipers tidak mudah hancur?

1) Mungkin mengocok putih telurnya kurang atau berlebihan. Tujuannya adalah untuk menciptakan gelembung udara di dalam adonan yang akan memberi struktur pada pancake. Tanpa mereka, pancake akan mengempis.

2) Panas kompor terlalu kuat. Hanya karena panekuknya berwarna kecokelatan, bukan berarti sudah matang. Bagian dalam pancake mungkin masih belum matang dan jika mengeluarkannya dari teflon lebih awal, udaranya akan mengempis. Pancake souffle yang dimasak dengan benar akan memiliki struktur dan tinggi yang kokoh. Mereka akan tahan selama 10-15 menit selama masih hangat (seperti balon udara).

 Bagaimana Cara Membuat Lebih dari 3 Pancake Sekaligus? 

Pancake Souffle Jepang matcha

Untuk membuat dua porsi atau lebih, Titipers memerlukan beberapa teflon anti lengket di atas kompor. Alternatifnya, kamu bisa membeli teflon listrik dengan penutup seperti ini.

Di restoran souffle pancake di Jepang, mereka menggunakan beberapa teflon listrik dengan penutup untuk membuat pancake. Staf biasanya akan memberi tahu Titipers bahwa pembuatan pancake souffle akan memakan waktu setidaknya 20 menit.

Pancake souffle ini pasti membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, tapi dijamin setelah gigitan pertama, kamu akan tahu bahwa effort yang dilakukan sangat worth it.

Itu dia resep Pancake Souffle Jepang yang sangat ampuh mendapatkan konsistensi yang sangat tepat. Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: justonecook

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *