One Piece 1069 Tunjukan Wujud Sejati Awakened Zoan!

SPOILER WARNING BAB TERBARU KOMIK ONE PIECE!!!!!

Komik One Piece merilis bab terbarunya hari minggu kemarin! Bab ke-1069 ini memberikan banyak informasi penting tentang Buah Iblis yang sangat identik dengan dunia One Piece. Selain itu, kita juga mendapatkan penjelasan tentang ‘Awakening’, yakni evolusi kekuatan buah iblis yang akan meningkatkan kemampuan pemiliknya.

Kelas Buah Iblis yang kali ini mendapat sorotan adalah Zoan yang memberikan orang yang memakanya kemampuan untuk berubah menjadi Hewan secara penuh maupun mengambil bentuk hybrid manusia setengah binatang. Dan bab ini akhirnya telah mengungkap tingkat kekuatan berikutnya melalui wujud awakening!

Meski awakening kelas Zoan sudah pernah ditunjukan sebelumnya, malahan Zoan adalah tipe buah iblis pertama yang menunjukan kemampuan Awakening, sosok yang diperlihatkan sangatlah berbeda! Dan ternyata, informasi tentang kelas Buah Iblis yang satu ini barulah sekarang menjadi lengkap!

Dengan tiga contoh yakni Monkey D. Luffy, Yamato, & Rob Lucci, inilah ciri-ciri buah iblis Zoan yang berhasi dibangkitkan sampai One Piece 1069!

01. BENTUK HYBRID MENJADI LEBIH KUAT

Ciri utama yang paling terlihat dari ketiga pengguna kemampuan Awakened Zoan adalah wujud mereka yang terutama memperhankan bentuk Hybrid yang separuh manusia dan separuh binatang yang menjadi basis buah iblis mereka. Ini terbukti dari penampilan Luffy, Rob Lucci, dan Yamato ketika ketiganya memasuki keadaan Awakening, yang semuanya masih mempertahankan bentuk manusia mereka, tapi juga memiliki bagian tubuh binatang.

Titip Jepang - Bstation Yamato Hybrid

Sumber: One Piece Wiki, Bstation

Ini jugalah yang membuktikan bahwa Awakening Zoan yang dulu dipelajari tidak sempurna, karena berbeda dengan para Sipir Penjara Impel Down, grup pengguna Buah Iblis yang pertama kali disebut berhasil mencapai tingkat Awakening Zoan, yang semuanya memiliki terlihat jelas lebih hewani daripada manusia.

Dr. Vegapunk menjelaskan lebih lanjut bahwa perbedaan ini bergantung pada kekuatan mental pengguna buah iblisnya. Di mana mereka yang tidak cukup kuat akan kehilangan kesadaran mereka dan menjadi dikendalikan oleh insting binatang mereka.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Awakening sempurna akan mempertahankan wujud hybrid serta memperkuatnya, sementara awakening yang gagal akan berujung ke wujud dengan sosok binatang yang lebih penuh.

02. HALO AWAN DIBELAKANG TUBUH

Sumber: Mangaplus

Ciri kedua dari Awakened Zoan yang sangat terlihat adalah aura awan yang timbul disekitar bagian atas tubuh, sebuah ciri yang sekali lagi ditunjukan oleh Luffy, Yamato, dan Lucci. Ketiganya memiliki awan yang mengambang dan melingkar dengan warna yang berbeda-beda. Awan milik Luffy berwarna putih bersih, sedang awan disekitar Lucci berwarna hitam pekat, dan milik Yamato berwarna putih kebiruan.

Struktur awan ini cukup berbeda di antara ketiga contoh yang kita lihat, dimana awan milik Luffy berbentuk seperti awan tebal dengan nuansa kartun. Halo awan Yamato cukup mirip dengan milik Luffy, tetapi lebih kurus dan agak menyerupai api. Sedang milik Lucci berkesan terbakar seperti Api. Dalam kasus Lucci, awan ini juga menjalar ke sekujur tubuhnya, paling terlihat di bagian ujung ekor dan punggunya hingga ke rambutnya.

03. PERUBAHAN BENTUK KEPALA

Terhubung dengan bentuk hybrid sebagai ciri pertama, pengguna Buah Iblis Zoan yang berhasil membangkitkan kekuatan mereka adalah berubahnya fitur pada kepala mereka, seperti bentuk wajah dan gigi. Yang membuat bagian ini lebih penting dari bagian tubuh lain adalah bagaimana wajah dan mata-lah yang menunjukan adanya kesadaran, sekaligus melambangkan pikiran yang berhasil mengendalikan insting binatang.

Titip Jepang - Mangaplus 1069

Sumber: Mangaplus

Meski jelas-jelas berubah, raut wajah Luffy, Yamato, dan Lucci tetap mempertahankan kesan manusia-nya, terutama bila dibandingkan dengan bentuk kepala binatang penuh milik binatang sipir Impel Down yang Awakening-nya tidak sempurna. Perubahan ini juga bervariasi dan tergantung pada binatang yang menjadi basis Buah Iblis-nya.

Titip Jepang - Mangaplus One Piece 1069

Sumber: Bstation, Mangaplus

Untuk Lucci dan Yamato, wajah keduanya berubah drastis, di mana gigi, telinga, dan hidung mereka semuanya berubah dan digantikan oleh fitur binatang buah iblis mereka. Ini termasuk gigi yang sangat tajam ala karnivor, telinga yang mengecil dan membesar, serta berpindah tempat dalam kasus Lucci, dan hidung yang menjadi tajam dan menjadi pesek yang menyerupai milik serigala dan macan tutul. Yamato juga menunbuhkan sepasang tanduk sebagai bagian dari mythical Zoan-nya.

Luffy-pun juga menunjukan perubahan ini meski Buah Iblisnya ber-tipe Hito-Hito no Mi, yang bermodel manusia. Paling terlihat jelas adalah rambutnya yang berubah bentuk menjadi seperti Halo awan-nya, tapi perubahan ini juga mencapai alis, mata, dan giginya, dimana semuanya berubah menjadi seperti kartun. Hingga bisa meloncat keluar dari lubang matanya, dan berubah bentuk drastis seperti yang Luffy inginkan.

04. PENINGKATAN SIFAT & INSTING

Meski dikatakan bahwa pengguna Awakened Zoan berhasil mengendalikan insting binatang mereka, dampak negatif yang satu ini sebenarnya tetap ada meski dalam awakening sempurna sekalipun. Yang mana akan terjadi perubahan pada sifat dan pola pikir pengguna Buah Iblis tipe Zoan.

Titip Jepang - Mangaplus One Piece 1069

Sumber: Mangaplus

Untuk Luffy dan Hito-Hito No Mi: Model Nika, perubahan ini membuatanya selalu tersenyum dan tertawa di situasi apapun. Dia juga jadi sangat santai dan kehilangan kewaspadaanya, bahkan ketika harus melawan musuh kuat seperti Kaido, dan menjadi bersahabat ke orang yang ia tidak begitu kenal seperti Sentomaru.

Yamato dan Lucci yang sesama Zoan karnivor menunjukkan peningkatan dalam agresivitas mereka. Setelah berubah ke bentuk Hybrid untuk melawan Kaido, Yamato menjadi lebih agresif dan mulai melancarkan banyak serangan tanpa memedulikan pertahananya. Yamato juga semakin sering menggunakan kekuatan mengendalikan Es dari buah iblisnya, yang menandakan insting Zoan Mistisnya.

Untuk Lucci, awakening meningkatkan hasrat bertarungnya, ke titik dimana dia berani mengabaikan perintah dan menyerang Luffy. Dia juga menjadi sombong dan menganggap dirinya cukup kuat untuk melawan Luffy dengan setara, dan mengambil aksi kekerasan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, seperti menyerang Sentomaru untuk mengambil alih kontrol Pacifisita.

Titip Jepang - Mangaplus One Piece 1069

Sumber: Bstation, Mangaplus

Ikuti terus berita terbaru soal cerita & teori One Piece dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Manga Plus, One Piece Wiki

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan