Game Creator Hideo Kojima dan Mangaka Fumi Yoshinaga Menangkan Penghargaan Seni Media dari Badan Urusan Kebudayaan Jepang

Badan Urusan Kebudayaan pemerintah Jepang atau Bunka mengumumkan pemenang “Penghargaan Rekomendasi Seni Rupa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi” ke-72 pada hari Rabu. Game Creator, Hideo Kojima memenangkan Penghargaan Menteri Kabinet dalam kategori seni rupa media, sementara itu mangaka Ooku: The Inner Chambers, Fumi Yoshinaga memenangkan Penghargaan Pendatang Baru dalam kategori yang sama. Sekadar Informasi, tiap nominasi memiliki dua penghargaan yang diberikan, yaitu Penghargaan Menteri Kabinet dan Penghargaan Pendatang Baru.

Bunka akan melaksanakan upacara penghargaan di Tokyo pada 15 Maret. Penghargaan Menteri Kabinet mengumumkan pemenang 11 kategori, masing-masing Pemenang Penghargaan Menteri Kabinet akan menerima sertifikat dan 300.000 yen (sekitar Rp. 40.000.000), sedangkan pemenang Penghargaan Pendatang Baru masing-masing akan menerima sertifikat dan 200.000 yen (sekitar Rp. 25.000.000).

Kojima dulunya bekerja untuk perusahaan game, Konami, sejak tahun 1986. Kemudian, setahun berselang, dia meluncurkan game Metal Gear yang merupakan hasil rancangannya. Game tersebut membantu membangun genre game stealth . Dia juga berandil dalam meluncurkan seri-seri Metal Gear berikutnya. Selain Metal Gear, Kojima juga membuat game Snatcher. Pada tahun 2005, Kojima mendirikan Kojima Productions yang berada di bawah naungan perusahaan Konami. Kojima meninggalkan Konami pada Desember 2015, dia kemudian menjadikan Kojima Productions sebagai studio independen.

Kojima Productions yang independen merilis game Death Stranding untuk PlayStation 4 pada November 2019, dan merilis game untuk PC pada Juli 2020. Game ini memenangkan penghargaan Outstanding Achievement in Audio Design dan Outstanding Technical Achievement di D.I.C.E. pada Februari 2019. Death Stranding: Director’s Cut, versi game untuk PlayStation 5, rilis pada 24 September.

Yoshinaga membuat serial manga berjudul Ooku: The Inner Chambers di majalah Melody milik penerbit Hakusensha, terbit tahun 2004 hingga Desember 2020. Viz Media akan menerbitkan volume terakhir dalam bahasa Inggris pada tanggal 15 Maret, berikut adalah sinopsis ceritanya:

“Pada periode Edo Jepang, penyakit baru yang aneh, yaitu Cacar Merah mulai memangsa pria di negara itu. Dalam delapan puluh tahun sejak wabah pertama, populasi laki-laki telah turun sebanyak tujuh puluh lima persen. Wanita telah mengambil semua peran yang secara tradisional diberikan kepada pria, termasuk Shogun. Di sisi lain, para pria sebagai penyedia kehidupan yang berharga, mendapatkan perlindungan dengan hati-hati. Dan pria tercantik harus melayani di Kamar Dalam Shogun.”

Manga ini pernah memenangkan James Tiptree, Jr. Award 2009, dan memenangkan Penghargaan Kebudayaan Tezuka Osamu  pada tahun 2009. Penghargaan lainnya termasuk Penghargaan Manga anan  pertama, Penghargaan Manga Shogakukan ke-56 untuk kategori shōjo, Penghargaan Sense of Gender ke-5 untuk special award, dan Hadiah Utama dalam Penghargaan Nihon SF Taish ke-42. Manga ini mendapatkan adaptasi film live action pada tahun 2010, serial televisi live action berjudul Ooku: Arikoto・Iemitsu Hen pada Oktober 2012, dan film live action kedua berjudul Ooku: Eien – Emonnosuke・Tsunayoshi Hen pada bulan Desember di tahun yang sama.

Karya lain dari Yoshinaga adalah Antique Bakery (terbit di Digital Manga Publishing) dan What Did You Eat Yesterday? — keduanya sudah mendapatkan serial televisi dan film.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: animenewsnetwork  bunka.go 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

One thought on “Game Creator Hideo Kojima dan Mangaka Fumi Yoshinaga Menangkan Penghargaan Seni Media dari Badan Urusan Kebudayaan Jepang

  1. Pingback: Norman Reedus Tentang Death Stranding: 'Kami Baru Memulai Untuk Bagian Kedua' - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan