Daftar 5 Komik Yokai yang Terbit di Indonesia

Titip Jepang-Komik Yokai

Dalam bahasa Jepang, Yokai bermakna setan, seperti yang diyakini banyak orang jika mereka adalah perwujudan dari suatu perasaan takut dan bingung, atau kagum dan heran atas suatu peristiwa yang luar biasa; atau suara aneh atau aroma aneh yang menuntut penjelasan; fenomena yang tak terlukiskan yang hanya dijelaskan oleh entitas supernatural.

BACA JUGA: [URBAN LEGEND] Apa itu Yokai? Mengenal Siluman-Siluman Jepang!

Ada yang mengatakan jika Yokai adalah sejenis monster yang menakutkan, bentuk dan jenis sangat bervariasi terutama dalam karakter komik atau anime. Berikut ini daftar 5 komik Yokai yang sudah terbit di Indonesia, jangan sampai kelewatan!

1. Yokai Watch

Titip Jepang-Komik Yokai

Seri komik Yokai Watch ini merupakan adaptasi dari game berjudul serupa yang dikembangkan oleh Level-5. Adaptasi seri komiknya ini ditulis oleh Noriyuki Konishi dan telah diterbitkan di Jepang sejak tahun 2012 lalu. Seri ini mengisahkan Keita yang suatu hari tengah mencari serangga di pegunungan. Namun dalam mencari serangga tersebut, Keita mendekati sebuah mesin misterius yang memberikannya alat bernama Yokai Watch. Dengan alat ini, Keita bisa mendeteksi keberadaan Yokai (siluman) yang meghantui manusia.

Komik karya Noriyuki Konishi dirilis sampai volume 20. Diterbitkan oleh Elex Media pada hari Rabu, 16 Desember 2016. Komik yang bergenre komedi tentang siswa SD pada umumnya bernama Keita Amano dengan para yo-kai semakin membuat orang terpingkal-pingkal! Kali ini Jibanyan akan menjadi seorang petualang yang mencari harta karun! Akan ada cerita mengharukan yang tidak disangka-sangka!

BACA JUGA: Jadwal Terbit Komik 11 Januari 2023 Elex Media Komputindo dan m&c!

2. Nura: Rise of the Yokai Clan

Titip Jepang-Komik Yokai

Rikuo Nura adalah bocah lelaki yang memiliki darah yokai (siluman). Ia tinggal di rumah utama klan Nura bersama para yokai dan kakeknya, Nurarihyon, pemimpin klan Nura yang juga dikenal sebagai Komandan Yokai atau Penguasa Segala Arwah.

Apa jadinya bila satu-satunya cucu Nurarihyon itu menolak menjadi pemimpin klan Nura?

Komik Yokai ke-2 di daftar ini adalah karya Hiroshi Shiibashi rilis di Indonesia sampai 25 volume. Diterbitkan pada tanggal 13 Maret 2013 oleh m&c!. Menceritakan Rikuo Nura, seorang anak laki-laki setengah youkai dan setengah manusia, tumbuh sebagai tuan muda dari Klan Nura. Terdiri dari youkai dari segala bentuk dan ukuran, Rikuo memperlakukan klan seperti keluarga, namun, dia mengetahui bahwa dia adalah satu-satunya di antara teman-teman sekelasnya yang melihat mereka dalam hal ini. Bagi kebanyakan orang, mereka adalah makhluk mengerikan dalam cerita rakyat yang memakan anak-anak dan menikmati pertumpahan darah. Mengambil ini ke dalam hati, dia bersumpah untuk menjalani hidupnya sebagai manusia normal.

3. Natsume Yuujinchou

Titip Jepang-Komik Yokai

“Sejak kecil Natsume sadar ia bisa melihat makhluk halus, dan pada suatu hari ia membangkitkan siluman yang mengatakan bahwa mendiang neneknya memiliki kekuatan supranatural yang sangat besar.
Nenek Natsume ini ternyata sudah banyak menahan nama para siluman di sebuah buku bernama “Yujincho”, dan kini semua siluman itu mengejar Natsume untuk meminta kembali nama mereka!”

Komik Shojo karya Yuki Midorikawa, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 10 Juni 2003. Komik ini dirilis sampai 29 volume saja. Menceritakan tentang Takashi Natsume, seorang remaja laki-laki yatim piatu yang dapat melihat roh, dan suatu hari menemukan buku catatan neneknya yang sudah meninggal dan misterius, Reiko Natsume, yang memiliki kekuatan spiritual yang luar biasa kuat. Buku ini digunakan untuk mengikat roh yang kuat (ayakashi atau yokai) yang dia kalah di bawah kendalinya.

4. Nube Guru Ahli Roh

Titip Jepang-Komik Yokai

Meisuke Nueno atau yang lebih dikenal sebagai Nube, adalah seorang pengusir setan yang juga menjadi guru untuk anak kelas 5 SD. Nube menggunakan berbagai macam teknik untuk mengusir setan, salah satunya adalah Demon Hand, kekuatan yang disegel di tangan sebelah kirinya. Nube dan beberapa muridnya di kelas 5-3 sekolah Doumori akan banyak melihat hal-hal aneh, mengerikan, atau bahkan kejadian konyol dari banyaknya bentuk dan elemen supernatural.

Komik Yokai ke-4 dalam daftar ini adalah karya Shou Makura, ada 31 volume yang telah terbit hingga tamat. Diterbitkan di Indonesia pada 1 Januari 1999 oleh m&c!.

5. Jurnal Mukai Usakido

Titip Jepang-Komik Yokai

Era Meiji, masa puncak modernisasi… Sebuah toko peminjaman buku aneh bernama Mukai Usagido diam-diam menyembunyikan buku-buku mistis yang melawan arus perkembangan zaman. Pada saat itu, “Undang-Undang Antiokultisme” yang mengawasi segala hal yang berhubungan dengan hal mistis diterapkan dan masyarakat pun bergerak untuk melenyapkan makhluk gaib… Sementara itu, Iori Tozaki, pemilik toko buku yang dapat melihat makhluk gaib, Gin si siluman kucing, dan Chiyo si siluman tanuki, memutuskan untuk membuka tempat konsultasi bagi para makhluk gaib yang memiliki masalah!

Komik Yokai karya Hisa Takano diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo pada tanggal 3 Februari 2021. Saat ini komik Yokai ini direncanakan akan terbit sampai tamat hingga volume ke-8. Latar belakang Jurnal Mukai Usagido yaitu, pada Era Meiji (23 Oktober 1868 – 30 Juli 1912), Jepang sedang gencar-gencarnya melakukan modernisasi demi mengejar kemajuan negara-negara Barat. Mereka menyerap berbagai budaya asing demi membangun negeri, juga menyingkirkan semua hal yang berbau ganjil. Salah satu kebijakan modernisasi adalah dibuatnya Undang-Undang Antiokultisme untuk mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan hal mistis.

BACA JUGA: Komik Best Seller Elex Media 2022

Tertarik dengan dunia per-yokai-an, Titipers bisa mengunjungi blog Yokai di sini! Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber gambar: gramedia

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan