7 Manga Harem Pemicu Perang Waifu

Titip Jepang-7 manga harem pemicu perang waifu

Manga harem akhir-akhir ini menjadi pilihan dari para mangaka sebagai tema cerita. Secara bahasa, harem merupakan serapan dari istilah bahasa Arab ( حَرِيمٌ ḥarīm;). Kata harem seringkali merujuk pada sekumpulan perempuan dari pria yang melakukan praktik poligami.

Dalam industri manga/light novel di Jepang, genre harem biasanya digunakan untuk cerita berlatar dunia fantasy. Dimana karakter utamanya memiliki banyak istri/pasangan. Namun tak jarang, genre harem juga digunakan untuk cerita berlatar Jepang modern. Jika berlatar dunia modern, maka harem di sini karakter utama-nya diperebutkan banyak cewek dan kemudian di akhir cerita dia akan memilih salah satu.

Beberapa manga romcom (romantic comedy) sering kali menyelipkan unsur harem dalam ceritanya. Karakter utama-nya diperebutkan banyak cewek. Bahkan tak jarang, manga romcom tersebut memicu ‘Perang Waifu’. Beberapa penggemar terpecah dukungannya, mereka memiliki pilihan masing-masing untuk menjadi pilihan dari karakter utama. Hal inilah yang kemudian memicu debat di internet, para penggemar saling lempar argumen dan teori untuk menentukan siapa yang menang.

Berikut adalah 7 manga harem yang memicu ‘Perang Waifu’:

1. Hayate the Combat Butler

Manga jadul karya Kenjiro Hata yang terbit pada 2004-2017 di majalah Weekly Shōnen Sunday. Bisa dibilang manga ini memicu perang waifu pada masanya. Menceritakan sosok Hayate yang berusia 16 tahun, dia bekerja sebagai butler di rumah keluarga kaya. Selama bekerja sebagai butler itu dia bertemu dengan banyak gadis dan diperebutkan oleh gadis-gadis tersebut.

2. Nisekoi

Ini adalah manga yang menjadi pelopor perang waifu di masa setelahnya. Manga Nisekoi merupakan karya Naoshi Komi yang rilis pada tahun 2011-2016 di majalan Weekly Shounen Jump. Dalam manga ini diceritakan bahwa Raku seorang anak mafia memiliki janji dengan teman masa kecilnya untuk menikah. Kemudian, ketika memasuki SMA dia harus dijodohkan dengan anak mafia lainnya untuk meredakan pertikaian geng mafia.

3. Yamada and the 7 Witches

Manga Yamada and the 7 Witches merupakan karya Miki Yoshikawa yang terbit di majalah Weekly Shounen Magazine pada tahun 2012-2017. Cerita pada manga ini mengisahkan Yamada yang tubuhnya tiba-tiba tertukar dengan seorang perempuan. Ternyata perempuan termasuk salah satu ‘penyihir’ di sekolahnya. Total ada tujuh penyihir di sekolah tersebut yang semuanya adalah perempuan.

4. We Never Learn

Manga karya Taishi Tsutsui ini terbit di majalah Weekly Shōnen Jump pada tahun 2017-2020. Menceritakan sosok Nariyuki Yuiga yang harus memberi les untuk 3 gadis jenius yang memiliki kekurangan di bidang lain. Dia memberi les pada 3 gadis itu di saat yang bersamaan. Lambat laun, hubungan mereka berubah jadi hubungan romansa.

5. Domestic na Kanojo

Manga karya Kei Sasuga yang rilis di majalah Weekly Shounen Magazine pada 2014-2020. Domestic na Kanojo (Domestic Girlfriend) menceritakan Natsuo, seorang anak SMA yang jatuh cinta pada gurunya, Hina. Ia mencoba menghilangkan perasaannya dengan guru tersebut dengan mengikuti kencan buta, dan secara tidak sengaja melakukan “hubungan” dengan gadis bernama Rui. Lalu, suatu ketika ayahnya mengumumkan menikah lagi, dan istri barunya memiliki dua orang anak yakni Hina dan Rui. Di sinilah mulai berkembang hubungan antara Natsuo dengan kedua saudari tersebut.

6. Gotoubun no Hanayome

Manga harem tentang seorang cowo yang diperebutkan oleh kembar lima. Manga ini merupakan karya Negi Haruba terbit pada tahun 2017-2020 di majalah Weekly Shounen Magazine. Mengisahkan seorang anak SMA, Fuutarou yang menjadi guru les privat untuk lima perempuan kembar yang ternyata teman sekelasnya. Lambat laun, masing-masing dari mereka menimbulkan perasaan kepada guru privat.

7. Kanojo, Okarishimasu

Sebuah manga karya Reiji Miyajima yang terbit pada tahun 2018 hingga sekarang di majalah Weekly Shounen Magazine. Kanojo, Okarishimasu secara harfiah berarti ‘Gadis itu ku sewa’ menceritakan seorang hikikomori bernama Kazuya yang baru saja diputuskan oleh pacarnya. Merasa patah hati, dia pun memutuskan untuk menggunakan jasa rental pacar. Seiring berjalannya cerita, mulai muncul beberaap sosok ‘pacar rental’ dalam hidup Kazuya.

Ya, itulah dia 7 manga yang pernah memicu perang waifu. Apakah waifu yang kalian dukung sering menang atau kalah mulu?

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan