FAKTA POKEMON DARI AWAL PEMBUATANNYA

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya

Seperti yang Titipers ketahui, Pokemon muncul tidak hanya dalam bentuk anime tetapi juga berbentuk permainan video, manga, trading cards, buku, mainan, dan banyak hal lainnya. Penamaan Pokemon berasal dari nama Jepang “Rocket Monster” serta merajuk ke franchise itu sendiri yang saat ini memiliki 809 spesies fiktif (mungkin akan bertambah lagi seiring waktu yang berjalan). Pokemon merupakan salah satu franchise sukses yang dimiliki Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 27 Februari 1995. Jika dihitung maka sebentar lagi Pokemon akan merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 27 Februari 2021. Nah, menyambut tahun kelahiran ke-25 Pokemon, mari kita sedikit mengulik fakta-fakta Pokemon ya Titipers ^^

KONSEP DASAR

Sebelum membahas tentang fakta-fakta Pokemon, sebelumnya Titip Jepang akan sedikit membahas mengenai konsep awal dari kisah Pokemon ini.

Latar belakang jalan cerita Pokemon sebenarnya mengadopsi dari hobi sang desainer saat beliau masih anak-anak yaitu berburu serangga. Hobi lumrah yang dulu sering dilakukan anak-anak Jepang di masa lalu sebelum banyak gedung-gedung yang dibangun dan populasi serangga masih banyak.

Perbedaanya disini, Titipers tidak akan berburu serangga melainkan berburu Pokemon. Pemain akan disebut sebagai Pokemon Trainer yang bertujuan untuk melengkapi isi pokedex untuk tujuan yang lebih besar. Awalnya, tangkap semua spesies pokemon yang berada di region Titipers berada, kemudian kembangkan kemampuan para Pokemon yang dimiliki. Finalnya, Titipers berkesempatan merebut title “Pokemon Monster” dengan melawan Pokemon Monster sebelumnya.

  1. POKEMON PERTAMA BUKAN PIKACHU

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya rhydon

sumber gambar : pokemon.fandom

Pasti banyak Titipers yang mengira kalau Pokemon pertama yang diciptakan adalah PIKACHU, BULBASAURUS atau CHARMENDER. Sayang sekali diantara 3 Pokemon yang tadi TITIP Jepang sebut tidak ada satupun yang menjadi Pokemon pertama.

Lalu siapa ya si Pokemon pertama?? Ternyata Pokemon Rhydon-lah si Pokemon pertama! Meskipun dia dinobatkan sebagai Pokemon pertama tapi nomor indeks Rhydon bukan 1 tapi 112.

2. ASAL MULA NAMA PIKACHU

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya pikachu

sumber gambar :wallpapertip.com

Nama Pikachu berasal dari gabungan suara pika-pika yang dihasilkan oleh percikan listrik dan chu yang menggambarkan decitan tikus dalam Bahasa Jepang.

3. NAMA POKEMON YANG BERBAU SPANYOL

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya articuno zapdos maltres

sumber gambar :  wallpapertip

Wajar jika Pokemon memiliki nama berbau Jepang karena memang franchise ini berasal dari Jepang. Tapi, ada beberapa Pokemon yang berbau Spanyol, yaitu Articuno, Zapdos, dan Moltres. Nama belakang para Pokemon ini merupakan pengucapan angka 1, 2, dan 3 (uno, dos, dan tres) dalam Bahasa Spanyol.

4. NAMA POKEMON YANG TERINSPIRASI DARI AHLI BELA DIRI

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya hitmochan hitmonlee

sumber gambar : deviantart/darklordmokeymokey/

Teringatkah Titipers dengan Pokemon jenis petarung bernama Hitmonchan dan Hitmonlee? Nama Pokemon ini kalau diperhatikan bagian belakang Namanya pasti akan tersadari bahwa nama mereka berdua diambil dari dua actor beladiri terkenal, yaitu Jackie Chan dan Bruce Lee.

5. SANGAT BERLAWANANNYA PIKACHU DAN MEOWTH

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya pikachu meowth

sumber gambar : alvzarts.artstation

Meowth si musuh abadi Pokemon layaknya Tom and Jerry. Jika kedua Pokemon ini bandingkan, pasti muncul banyak perbedaan. Contohnya, Pikachu yang nampak seperti tikus dan Meowth yang seperti kucing. Mereka juga punya penomoran indeks yang berlawanan, Pikachu dengan indeks 25 dan Meowth dengan indeks 52. Bahkan Meowth bisa berbicara dengan bahasa manusia sedangkan Pikachu hanya bisa berbicara pika-pika.

6. DITTO – TIRUAN MEW YANG GAGAL

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya ditto

sumber : twitter/tamagodaisoutou

Ada mitos yang beredar di dunia Pokemon bahwa manusia berusaha membuat tiruan dari Mew. Percobaan manusia awalnya gagal, mereka malah menciptakan pokemon slime bernama DITTO. Hingga pada akhirmya mereka berhasil membuat tiruan dari MEW yaitu MEWTWO.

7. AWAL MULA NAMA EKANS DAN ARBOK

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya ekans arbok

sumber gambar : wallpaperflare

Pada Pokemon generasi pertama terdapat pokemon bernama Ekans yang bisa berevolusi menjadi Arbok. Nama mereka jika dibalik akan menjadi SNAKE dan KOBRA.

8. MASKOT POKEMON AWALNYA BUKAN PIKACHU

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya clefairy

sumber : wallpapersafari

Saat ini maskot Pokemon adalah Pikachu, tapi pada awalnya maskot Pokemon adalah Clefairy si Pokemon berwarna merah muda yang menggemaskan. Mungkin dikarenakan sosok Clefairy yang terlalu berkesan feminim inilah yang menyebabkan pihak dari Pokemon menggantinya dengan Pikachu.

9. CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PIKACHU

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya jenis kelamin pokemon

sumber gambar : wallpaperaccess

Cara membedakan jenis kelamin Pikachu sebenarnya mudah. Spesies ini dibedakan melalui ujung ekornya. Jika ujung ekornya lancip maka Pikachu ini berjenis kelamin laki-laki, tapi kalau ujung ekornya berbentuk hati maka Pikachu ini berjenis kelamin perempuan.

10. EEVEE ADALAH POKEMON DENGAN EVOLUSI TERBANYAK

titip jepang fakta pokemon dari awal pembuatannya eevee

sumber gambar : wallpaperflare

Pokemon dengan evolusi terbanyak adalah Eevee. Pada Pokemon generasi pertama, Eevee memiliki 3 evolusi yaitu Vaporeon (air), Jolteon (listrik), dan Flareon (api). Kemudian seiring berjalannya waktu, ada penambahan 5 evolusi, yaitu Espeon (physic), Umbreon (dark), Glaceon (ice), Sylveon (fairy), Leafeon (grass). Jadi untuk saat ini, Eevee memiliki total 8 jenis evolusi. Uniknya, di setiap Eevee berevolusi nama Eevee tidak mengalami perubahan sedangkan biasanya jika pokemon berevolusi maka nama mereka pun akan turut berubah.

ULANG TAHUN POKEMON KE-25

Perayaan Ulang Tahun ke-25 rencananya akan dirayakan di platform seluler Pokemon Go dan Pokemon Master EX dengan Katty Perry sebagai salah satu yang turut merayakan acara ini. Selain itu Pokemon Company juga berencana mengadakan perayaan selama setahun dengan kolaborasi musik, barang koleksi khusus, dan perjalanan nostalgia.

Selain itu New Pokémon Snap untuk Nintendo Switch juga telah terungkap, mengikuti game klasik 1999 untuk sistem Nintendo 64. Game tersebut sekarang tersedia untuk pre-order dan akan dirilis pada 30 April 2021. Kabar yang sangat menggembirakan Titipers? ^^

Nah, itulah tadi beberapa fakta Pokemon. Apakah menurut Titipers ada fakta lain yang terlewatkan? Kalau ada, silahkan komentar di kolom yang sudah tersedia ya^^

Di tahun ini banyak merchandise baru loh menyambut ulang tahun Pokemon yang ke-25 nih. Yakin, Titipers tidak tergiur??? Nanti kalau ada barang yang Titipers inginkan, silahkan masukkan linknya ke REQUEST ITEM ya^^

Sumber : https://jalantikus.com/tips/fakta-menarik-pokemon/?utm_campaign=App&utm_medium=Partner&utm_source=LINE%20Today

Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Fashion Animanga Anime Gaya Hidup

BULAN SUCI BERSAMA KIMETSU NO YAIBA

Merch Animanga Anime Gaya Hidup Technology

TAMBAH FIT PAKAI DIGIMON VITAL BRACELET

Toys Animanga Anime Gaya Hidup

ABELEGENG! I LOVE YOU!!

Layar Animanga Anime Idola Music

4 IDOL KPOP TERNAMA YANG MENGISI OST ANIME!!

Tinggalkan Balasan