Daftar Lengkap Anggota Black Organization Di Detective Conan – Dari Eksekutif Hingga Bawahan

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Black Organization adalah dalang dari berubahnya Shinichi Kudo menjadi kecil, Gin salah seorang anggota Black Organization dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Organisasi ini identik dengan dua orang bertubuh besar yang kerap kali muncul yaitu Gin dan Vodka. Di setiap kasus dua orang tersebut selalu terseret seakan-akan di organisasi tersebut hanya ada mereka. Ternyata ada anggota Black Organization lain dalam anime Detective Conan.

Black Organization atau dikenal sebagai organisasi berbaju hitam merupakan antagonis utama dalam anime dan manga Detective Conan.

Organisasi ini melakukan praktik kriminal untuk berbagai alasan dari pemerasan, pencurian, hingga pembunuhan. Mereka bekerja dengan sangat teliti dan hampir-hampir tak meninggalkan jejak serta barang bukti yang dapat mendakwa mereka.

Anggota Black Organization yang pertama kali muncul adalah Gin dan Vodka yang bertanggung jawab atas mengecilnya detektif SMA Shinichi Kudo dengan obat misterius APTX 4869.

Black Organization ini menutupi praktik ilegalnya dengan berkedok sebagai sebuah perusahaan besar bernama Karasuma Group dengan dipimpim oleh Renya Karasuma.

BACA JUGA: Jelajahi Dunia ‘Detective Conan’ dengan Mengunjungi Gosho Aoyama Manga Factory di Tottori!

Anggota Eksekutif

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Renya Karasuma adalah bos dari Black Organization. Ia selalu disebut dengan orang itu (Ano kata) oleh bawahannya. Renya Karasuma menjadi antagonis utama dalam Detective Conan. Ia merupakan orang yang paling kaya raya dan berpengaruh di Jepang.

Ia dianggap telah mati, tapi ternyata masih hidup diatas usia 140 tahun. Karasuma juga membangun sebuah besar namun rumornya perusahaan itu melakukan praktik ilegal. Saat beroperasi ia selalu berkomunikasi dengan pesan teks.

Nomor teleponnya disandikan sebagai lagu anak-anak terkenal Nanatsu no Ko (#969#6261). Karasuma juga memberikan nama kode berupa nama miras (baca: minuman keras) untuk bawahannya, tapi tidak untuknya sendiri.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Rum merupakan komandan kedua dari Black Organization. Sebagai tangan kanan “orang itu”, Haibara menyebutnya dengan “No.2 di organisasi”. Tak ada yang mengenalnya sama sekali. Satu-satunya ciri yang diketahui adalah salah satu matanya palsu.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Gin adalah agen eksekutif tingkat tinggi, ia menjadi anggota Black Organization yang paling kerap muncul. Gin terlihat sebagai agen tingkat tinggi untuk urusan mengkoordinasikan kesepakatan dan pembunuhan.

Ia kerap memberikan perintah, bukan hanya kebawahan namun juga kepada sesama agen tingkat tinggi. Gin terkenal sebagai sosok yang cerdas dan mematikan. Dalam film ia identik dengan rambut perak panjang dan menggunakan mantel hitam.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Vermouth (Sharon Vineyard/Chris Vineyard), anggota Black Organization satu ini merupakan seorang aktris misterius asal amerika. Dia memiliki kemampuan penyamaran luar biasa, bahkan dia mampu mengubah suaranya. Dengan kemampuan itu dia mampu menyamar menjadi apa saja.

Seperti Gin, Vermouth juga merupakan agen eksekutif tingkat tinggi. Banyak anggota lain yang membencinya. Tetapi karena dia kesayangan bos,tak ada yang berani menyentuhnya. Tak ada yang tau bagaimana kesetiaannya, tak jarang dia juga melindungi Conan (yang dia tahu adalah Shinichi).

Anggota Lainnya

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Vodka adalah sekertaris manajerial dari Black Organization. Ia menjadi tokoh yang kerap kali muncul bersama Gin. Ia selalu terlihat memakai topi dan kacamata. Dia kurang cerdas jika dibandingkan dengan Gin atasannya yang kerap ia bersamai. Vodka selalu menjadikan Gin sebagai panutannya.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Chianti merupakan anggota Black Organization yang berperan sebagai penembak jitu yang terlihat menerima perintah dari Gin. Kepribadiannya sangat berapi-api dan tidak sabaran. Dia juga sangat membenci Vermouth.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Korn adalah rekan dari Chianti, ia juga seorang penembak jitu yang menerima perintah Gin. Kemunculannya selalu dengan frasa yang pendek dan patah-patah.

BACA JUGA: Ilustrasi Khusus Ai Haibara sebagai Karakter Perempuan Favorit di Detective Conan

Anggota Yang Ternyata Penyusup

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Kir (Rena Mizunashi/Hidemi Hondou), Kir merupakan nama yang diberiakan organisasi untuknya, sebenarnya dia memiliki banyak nama. Kir dikenal juga sebagai Rena Mizunashi yang berprofesi sebagai seorang repoter, tapi nama asli Kir adalah Hidemi Hondou.

Kir aslinya adalah seorang agen CIA seperti ayahnya yang telah meninggal. Dia masuk kedalam Black Organization untuk menyelidiki kegiatan ilegal mereka.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Bourbon (Tooru Amuro/Rei Furuya), Ia merupakan seorang agen dari Badan Kepolisian Nasional untuk divisi perencanaan keamanan. Sama seperti Kir, ia menjadi anggota Black Organization untuk menyelidikinya.

Ia juga dikenal dengan Tooru Amuro. Amuro menjadi namanya saat menjadi pelayan di Kafe yang berada satu gedung dengan kantor Kogoro Mouri. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan informasi dari Kogoro yang kerap makan disana.

Anggota Yang Meninggal

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Tequila adalah anggota Black Organization yang tewas akibat pengebomam secara tidak sengaja. Dia bekerja di divisi eksternal pada tugas terkait pengembangan perangkat lunak komputer,  yang bertugas merekrut, menangani, dan melakukan pertukaran dengan pemrogram.

Tequila memiliki pangkat yang sama dengan Vodka dalam organisasi. Dia merupakan pria yang berperawakan besar dengan aksen Osakan.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Pisco merupakan agen eksekutif lanjut usia dalam Black Organization. Dia juga merupakan pimpinan sebuah perusahaan mobil.  Pisco dibunuh oleh Gin setelah tertangkap kamera sedang melakukan pembunuhan.

Pisco mengetahui bahwa Haibara adalah Sherry, tetapi tidak dapat memberi tahu siapa pun sebelum dia dibunuh oleh Gin.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Calvados adalah seorang sniper di Black Organization. Ia sangat tergila-gila dengan Vermouth yang telah menembak dirinya sendiri setelah dilumpuhkan Shuichi Akai.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Akemi Miyano merupakan kakak perempuan dari Shiho Miyano. Berbeda dengan adiknya, Akemi hanyalah seorang anggota bawahan. Dia berpacaran dengan Shuichi Akai saat ia menyusup ke organisasi.

Akemi berhasil menyelesaikan perampokan satu milyar Yen untuk membebaskannya dan saudara perempuannya. Namun, perjanjian tersebut dilanggar organisasi dan Akemi dibunuh oleh Gin.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Atsushi Miyano adalah ayah dari Akemi dan Shiho Miyano. Ia merupakan kepala proyek APTX 4869 sebelum diambil alih oleh Shiho. Atsuhi disebut juga ilmuwan gila karena teori-teori terkadang tidak masuk akal. Pisco beralasan bahwa Atsushi meninggal dalam sebuah kecelakaan ketika Shiho masih muda.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Elena Miyano adalah ibu Akemi dan Shiho. Dia berasal dari Inggris, dia dikenal di organisasi sebagai “Malaikat Neraka”. Dia mengerjakan proyek APTX 4869 sebelum Shiho Miyano mengambil alih.

Dia dan Atsushi meninggal karena suatu alasan yang disebut Pisco sebagai kecelakaan ketika Shiho masih muda. Dia meninggalkan beberapa kaset misterius untuk Shiho.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Rikumichi Kusuda, Ia anggota Black Organization yang dikirim untuk menyusup ke Rumah Sakit Pusat Haido untuk menemukan keberadaan Kir. Dia bunuh diri saat Akai sedang mengejar.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Ethan Hondou adalah agen CIA yang berhasil menyusup ke dalam organisasi. Dia bunuh diri agar tidak diketahui sebagai agen CIA, hal itu dilakukan untuk menyelamatkan anaknya Hidemi Hondou.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Scotch, ia adalah agen rahasia Biro Keamanan Publik Departemen Kepolisian Tokyo yang berhasil menyusup ke dalam organisasi. Ia tewas bunuh diri sebelum Black Organization berhasil mengungkap identitas aslinya.

Mantan Anggota

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Sherry (Ai Haibara/Shiho Miyano), Dia anggota Black Organization yang merupakan ahli biokimia tingkat tinggi untuk organisasi. Shiho bekerja untuk proyek APTX 4869.

Kemudian dia membelot karena Akemi telah dibunuh. Saat dijadwalkan akan dieksekusi dia kabur dengan meminum pil APTX 4869. Awalnya dia berniat bunuh diri dengan meminum pil tersebut, tapi ia justru menyusut ke tubuhnya saat umur 6-7 tahun.

Ai Haibara kini tinggal bersama Profesor Agasa dan sedang mengerjakan penawar untuk APTX 4869, untuk mengembalikan tubuh Conan ke Tubuh Shinichi (baca: tubuh aslinya).

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Rye (Dai Moroboshi/Shuichi Akai/Subaru Okiya) adalah code name yang diberikan organisasi kepada Shuichi Akai. Ia masuk ke Black Organization dengan nama Dai Moroboshi. Rye sebenarnya adalah anggota FBI yang menyusup ke organisasi.

Saat kesetiaanya diketahui ia ditolak oleh organisasi. Kehebatannya membuatnya dipandang sebagai kartu truf dari FBI.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Ki’ichiro Numabuchi merupakan seorang pembunuh berantai yang pernah disewa untuk menjadi salah satu pembunuh di organisasi. Tapi ketidakstabilan mentalnya membuatnya dibebastugaskan.

Hal itu tidak serta merta membuatnya benar-benar bebas, justru ia akan dijadikan kelinci percobaan untuk APTX 4869 dibawah pengawasan Shiho Miyano, namun ia berhasil kabur dari percobaan tersebut.

Dia saat ini ditahan karena kasus-kasus pembunuhannya, disisi lain ia juga takut dikejar oleh anggota Black Organization. Akhirnya ia dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan.

Non-Canon Member

Agen-agen ini adalah agen dan anggota Black Organization namun hanya muncul di Film dan tidak di kanon utama Detective Conan.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Yoshiaki Hara adalah seorang programer yang direkrut oleh organisasi untuk melakukan peretasan-peretasan. Namun, ia tertangkap basah saat sedang meretas komputer utama organisasi dan menarik data-datanya. Alhasil karena perbuatannya Gin membunuhnya dirumahnya.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Irish, ia merupakan anggota Black Organization yang sangat menghormati Pisco. Ketika Pisco dieksekusi dia sangat terpukul dan akhirnya dia juga menyimpan dendam kepada Gin.

Ia tewas ditembak oleh Chianti di atas Menara Tokyo saat sedang menyusup ke polisi untuk mengambil data pembunuhan berantai skala besar, yang turut menewaskan Masaaki Okakura.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Masaaki Okakura adalah agen dari Black Organization yang menyamar sebagai sekretaris parlemen. Ia dikirim untuk mencari tahu informasi tentang seorang penjabat senior pemerintahan.

Jabatannya di organisasi tidak rendah, namun belum cukup untuk memiliki codename. Ia tewas ditangan seorang pembunuh berantai.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Curacao adalah anggota Black Organization yang bekerja di bawah Vermouth dengan mengandalkan ingatanya yang sangat kuat. Dia juga merekam ingatan yang tidak menyenangkan tentang organisasi yang membuatnya hampir dieksekusi Vermouth.

Penunjukannya sebagai agen tangan kanan Rum telah berhasil menyelamatkannya. Curacao juga telah menyelamatkan Ai Haibara dari kematiannya, Curacao akhirnya juga mengetahui jika Ai Habara adalah Sherry (ilmuwan yang telah mengkhinati organisasi).

Pinga adalah agen yang menjadi tangan kanan Rum setelah Curacao meninggal. Ia adalah orang yang rela menendang siapapun untuk bangkit. Ia juga bersaing dengan Gin untuk mendapatkan posisi di organisasi. Belum diketahui penampakannya seperti apa karena film Detective Conan 26 belum tayang di Indonesia.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Aquavit adalah agen CSIS yang menyusup ke organisasi sebagai anggota Black Organization. Sayangnya hal tersebut diketahui oleh organisasi dan akhirnya ia dibunuh oleh Chianti.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Riesling merupakan anggota BND yang menyusup ke Organisasi Hitam dan dibunuh oleh Gin.

Titip Jepang - Anggota Black Organization

Stout, ia anggota MI6 yang menyusup ke Organisasi Hitam dan dibunuh oleh Korn.

Itu adalah daftar lengkap anggota Black Organization Mulai dari ketua hingga bawahan sampai ke non-canon member. Sangat mungkin untuk anggota-anggota lain akan bermunculan lagi.

Pantau terus di Detective Conan!

BACA JUGA: Wawancara Kolaborasi Eiichiro Oda dan Aoyama Gosho!

BACA JUGA: Detektif Conan The Movie: Daftar Lengkap Judul Film Detektif Conan

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: h@titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *