Detektif Conan The Movie: Daftar Lengkap Judul Film Detektif Conan

Titip Jepang-Detektif Conan

Salah satu franchise legendaris yang sudah rilis sejak tahun 1997, Detektif Conan The Movie. Siapa yang tidak tahu film animasi dari franchise Detektif Conan yang mendunia hingga sekarang. Film-film tersebut dirilis setiap bulan April, pada Minggu Golden Week setiap tahun (kecuali film ke-24 Detective Conan: The Scarlet Bullet karena pandemi). Dengan pengecualian film pertama, semua film Detektif Conan telah menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi pada tahun pemutarannya di Jepang. Manga-nya sendiri sampai sekarang masih berlanjut di Jepang dan di Indonesia sendiri diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan masih menjadi best seller hingga sekarang. Untuk versi komik Detektif Conan The Movie yang terbit di Indonesia bisa Titipers lihat di sini.

Setiap film memiliki alur cerita sendiri yang mana bukan adaptasi dari cerita manga. Di antara film Detektif Conan, hanya 14 film yang pernah tayang melalui siaran TV di Indonesia. Namun sejak 2016, film ini mulai ditayangkan di bioskop lokal seperti CGV dan Cinepolis.

Berikut ini adalah daftar lengkap judul film Detektif Conan:

1.The Time-Bombed Skyscraper (名探偵コナン時計じかけの摩天楼, Meitantei Konan: Tokei-jikake no Matenrō)

Titip Jepang-Detektif Conan the movie

Tentang serangkaian teror bom yang terjadi di Tokyo yang ternyata memiliki kaitan dengan kasus yang dulu pernah ditangani oleh Shinichi Kudo.

Film pertama Detektif Conan tayang pada 19 April 1997 di Jepang dan penayangan di negara lain pada 3 Oktober 2006. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Dengan durasi film 95 menit, film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak 1,1 miliar yen di box office, termasuk film laris terendah di waralaba.

2. The Fourteenth Target (名探偵コナン 14番目の標的, Meitantei Konan: Jūyon-banme no Tāgetto)

Mengisahkan orang-orang yang berada di dekat Kogoro Mouri mendapatkan teror dari orang asing. Awalnya terlihat seperti serangan acak, hingga akhirnya Conan menyadari bahwa nama-nama korban memiliki kaitan dengan angka. Tepatnya nama korban menunjukkan angka pada kartu remi seperti, 1-10 + J,Q,K, dan Joker. Dapatkah Conan menemukan dan melindungi orang-orang yang akan menjadi target teror tersebut?

Perilisan film kedua pada 18 April 1998 di Jepang dan tayang di negara lain pada tanggal 20 November 2007. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini berdurasi 99 menit dan berhasil meraih pendapatan 1,8 miliyar yen di box office.

3. Detective Conan: The Last Wizard of the Century (名探偵コナン 世紀末の魔術師, Meitantei Konan: Seikimatsu no Majutsushi) 

Titip Jepang-Detektif Conan the movie

Menceritakan tentang pembunuhan yang terjadi terhadap keturunan Rasputin yang melibatkan surat ancaman yang mengatasanamakan Kaito Kid. Kepolisian mempercayai bahwa dalang dari semua itu adalah Kaito Kid. Namun, Conan merasa ada kejanggalan terkait kasus tersebut.

Film ini tayang pada 17 April di Jepang, sedangkan di negara lain 15 Desember 2009. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Seri ketiga ini bedurasi 100 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,6 miliar yen.

4. Captured in Her Eyes (名探偵コナン 瞳の中の暗殺者, Meitantei Conan: Hitomi no Naka no Ansatsusha)

Menceritakan tentang Ran Mouri  terjerat dalam lingkaran kasus pembunuhan yang melibatkan polisi sebagai korbannya. Terjadi pembunuhan yang gagal dan mengakibatkan Ran mengalami amnesia. Sehingga dia menjadi target pembunuhan berikutnya. Dapatkah Conan melindungi nya, dan apa yang melatarbelakangi pembunuhan para polisi tersebut?

Tayang di Jepang pada 22 April 2009, dan tayang di negara lain pada 29 Desember 2009. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 99 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,5 miliar yen.

5. Countdown to Heaven (名探偵コナン 天国へのカウントダウン, Meitantei Konan: Tengoku no Kauntodaun)

Dalam film ini terjadi kasus pembunuhan di sebuah gedung pecakar langit yang berkembang menjadi pembunuhan berantai. Ditambah bayang-bayang organisasi hitam mulai mendekati Conan dan Haibara. Bisakah Conan mengungkap kasus dan melindungi Ai Haibara sekaligus?

Detektif Conan the movie 05 tayang pada 21 April 2001 di Jepang, dan tayang di negara lain pada 19 Januari 2010. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini berdurasi 99 menit yang menghasilkan 2,9 miliar yen,  dan termasuk film terlaris kesembilan dalam waralaba.

6. The Panthom of Baker Street (名探偵コナン ベイカー街の亡霊, Meitantei Konan: Beikā Sutorīto no Bōrei)

Film ini menceritakan Conan, Ran, dan para Detective Boys terjebak dalam sebuah permainan Game Virtual mematikan. Jika tidak ada yang bisa menyelesaikan kasus Jack The Reaper dalam game tersebut, maka seluruh anak yang ikut bermain akan mati. Dalam movie ini terjadi double kasus. Apakah kedua kasus tersbeut terkait satu sama lain?

Film animasi ini tayang pada 20 April 2002 di Jepang, dan 16 Februari 2010 di negara lain. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 107 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,4 miliar yen.

7.Crossroad in the Ancient Capital (名探偵コナン 迷宮の十字路, Meitantei Konan Meikyū no Jūjiro)

Dengan ibukota lama sebagai penggungnya, conan dan Heiji mendekati sebuah misteri yang disembunyikan oleh sejarah. Kasus pembunuhan berantai pun terjadi di Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Semua korbannya adalah kelompok pencuri Genjibotaru. Hingga akhirnya Heiji membawa Conan terlibat dalam kasus penyelidikan perampokan barang-barang antik. Akankah Heiji dan Conan dapat mengungkap dan menangkap para pelaku?

Film ini tayang pada 19 April 2003 di Jepang. Film berdurasi 108 menit ini disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi.  Film ini membawa pendapatan box office sebesar 3,2 miliar yen dan menjadi film terlaris kesembilan dalam waralaba.

8. Magician of the Silver Sky (名探偵コナン 銀翼の奇術師, Meitantei Konan: Gin’yoku no Majishan)

Terjadi pembunuhan menggunakan racun di dalam pesawat yang tengah mengudara. Celakanya, pilot dan Co-pilot juga menjadi korban racun tersebut. Bisakah Conan dan Kaito Kid yang ternyata juga berada di pesawat tersebut menyelamatkan seluruh penumpang dan mengungkap si pelaku?

Film ini rilis pada 17 April 2004 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 110 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,8 miliar yen.

9. Strategy Above the Depths (名探偵コナン 水平線上の陰謀, Meitantei Konan: Suihei Senjō no Sutoratejī)

 

Conan, Ran, dan Kogoro Mouri mendapat kesempatan mengikuti pelayaran perdana dengan kapal pesiar mewah Aphrodite melintasi samudera pasifik. Di tengah perjalanan terjadilah pembunuhan di kapal mewah tersebut. Ini adalah awal dari teror di tengah laut dimana tidak ada tempat untuk melarikan diri. Bisakah Conan mengungkap siapa pelakunya?

Film ini rilis pada 9 April 2005 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 109 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,2 miliar yen.

10. The Private Eyes’ Requiem (名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌, Meitantei Konan: Tantei-tachi no Rekuiemu)

Conan dan Kogoro Mouri pergi ke Yokohama untuk menghadiri undangan dari orang misterius. Namun undangan tersebut ternyata hanyalah jebakan. Orang misterius menangkap Ran dan Detective Boys untuk dijadikan sandera. Jika mereka tidak dapat menyelesaikan kasus yang diberikan oleh orang misterius tersebut dalam waktu 12 jam, maka Bom yang terpasang pada sandera akan meledak. Heiji, dan Kaito Kid ikut berpartisipasi dalam cerita ini.

Film ini rilis pada 15 April 2006 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 111 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,1 miliar yen.

11. Jolly Roger in the Deep Azure (名探偵コナン 紺碧の棺, Meitantei Konan: Konpeki no Jorī Rojā)

Kali ini Conan berurusan dengan kasus pembunuhan pemburu harta karun, serta pencarian harta karun yang ditinggalkan oleh Bajak Laut legendaris Anne Bonny di sebuah pulau di Jepang.

Film ini rilis pada 21 April 2007 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 96 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,6 miliar yen.

12. Full Score of Fear (名探偵コナン 戦慄の楽譜, Meitantei Konan: Senritsu no Furu Sukoa)

Conan mencoba untuk menangkap seseorang penjahat yang menargetkan seorang penyanyi utama pada saat grand opening sebuah gedung konser baru. Dapatkah Conan menangkap penjahat tersebut sebelum berhasil menjalankan aksinya?

Film ini rilis pada 19 April 2008 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 116 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 2,5 miliar yen.

13. The Raven Cahser (名探偵コナン 漆黒の追跡者, Meitantei Konan: Shikkoku no Cheisā)

Seorang anggota Organisasi Jubah Hitam yang bernama Irish mencoba untuk mencari tahu identitas asli Conan. Keadaan tersebut membuat orang-orang di sekitar Conan terancam bahaya. Apa yang akan dilakukan Conan untuk mejaga identitasnya tetap aman sekaligus melindungi orang-orang terdekat dari Irish?

Film ini rilis pada 18 April 2009 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 111 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,5 miliar yen.

14. The Lost Ship In The Sky (名探偵コナン 天空の難破船, Meitantei Konan: Tenkū no Rosuto Shippu)

Cerita terjadi di sebuah kapal udara dari Tokyo ke Osaka di mana Kid mengumumkan pencurian permata biru, Lady Sky. Pada saat yang sama, kelompok teroris yang dikenal sebagai Kucing Siam Merah berusaha untuk melepaskan virus di sekitar Jepang juga berhasil mendarat di pesawat dan memulai serangan mereka. Conan dan Detektif Boys bekerja sama untuk melucuti bom dan Conan juga bekerja sama dengan Kaitou Kid yang sudah berada di pesawat untuk mengalahkan Kucing Siam Merah. Dengan bantuan Heiji, Kucing Siam Merah yang juga berusaha mencuri patung Buddha dari kuil dan ditangkap oleh polisi prefektur Nara.

Tayang pada 17 April 2010 di Jepang. Film ini menghasilkan 3,2 miliar yen di box office. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi yang berdurasi 102 menit.

15. Quarter of Silence (名探偵コナン 沈黙の15分, Meitantei Konan: Chinmoku no Kwōtā)

Conan berhasil melakukan tindakan cepat untuk mencegah korban berjatuhan ketika sebuah terowongan subway diledakkan. Conan menyadari bahwa kasus tersebut berkaitan dengan sebuah desa yang direlokasi untuk pembangunan sebuah waduk. Conan pun segera bergerak sebelum terjadi serangan berikutnya.

Tayang pada 16 April 2011 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 109 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,2 miliar yen.

16. The Eleventh Striker (名探偵コナン 11人目のストライカー, Meitantei Konan: Jūichi-ninme no Sutoraikā)

Orang misterius menelpon kantor Detective Kogoro Mouri mengatakan bahwa dia telah memasang sebuah bom di suatu tempat. Dia memberikan sebuah clue dan menantang Mouri untuk menemukan bom tersebut serta motif si pelaku.

Tayang pada 14 April 2012 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini berdurasi 110 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,3 miliar yen.

17. Private Eye in The Distant Sea (名探偵コナン 時計じかけの摩天楼, Meitantei Konan: Tokei-jikake no Matenrō)

Conan dan Ran harus berhadapan dengan seorang agen mata-mata yang menyusup ke kapal militer Aegis. Apa tujuan agen mata-mata tersebut? Dapatkah Conan menemukannya sebelum berjatuhan korban lain setelah ditemukan seorang anggota yang tewas dengan salah satu lengannya putus?

Tayang pada 20 April 2013 di Jepang. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bedurasi 101 menit dan berhasil mencapai pendapatan box office sebesar 3,63 miliar yen.

18. Dimensional Sniper (名探偵コナン 異次元の狙撃手, Meitantei Konan: Ijigen no Sunaipā)

Tokyo dilanda kepanikan. Seorang sniper misterius membunuh satu per satu mantan anggota pasukan khusus Amerika yang tengah berada di Jepang. Conan dan FBI memburu pelaku tersebut sebelum berjatuhan korban lainnya.

Tayang pada 19 April 2014. Film ini berdurasi 110 menit yang disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi dan menghasilkan 4,11 miliar yen.

19. Sunflower on Inferno (名探偵コナン 業火の向日葵, Meitantei Konan: Gōka no Himawari)

Kaito Kid kembali beraksi. Namun ada yang aneh dengan aksinya kali ini. Kid yang biasanya hanya tertarik dengan perhiasan mewah kini tertarik untuk mencuri lukisan Bunga Matahari karya Van Gogh. Apa motifnya yang sebenarnya? Dapatkah Conan mengungkapnya?

Tayang pada 18 April 2015. Film ini berdurasi 112 menit yang disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi dan menghasilkan 4,48 miliar yen.

20. The Darkness Nightmare (名探偵コナン 純黒の悪夢, Meitantei Konan: Junkoku no Naitomea)

Film ini berkisah tentang Curaçao, anggota Organisasi Hitam dan agen tangan kanan Rum. Setelah kehilangan ingatannya karena kecelakaan lalu lintas sebagai akibat dari penyusupan yang gagal dari Badan Kepolisian Nasional, dia berkeliaran di Akuarium Tohto yang baru direnovasi, di mana dia terlibat dengan Conan dan Detektif Boys. Perjuangan dimulai saat Conan, FBI, dan NPA mencoba memulihkan ingatan Curaçao sekaligus mencegah Organisasi Hitam memulihkannya dan dalam prosesnya membahayakan mata-mata yang menyamar yang ditanam di Organisasi oleh berbagai badan intelijen di seluruh dunia.

Tayang pada saat Golden Week pada 16 April 2016 di Jepang. Film ini berdurasi 112 menit yang disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai dan menghasilkan 6,33 miliar yen di box office.

21. The Crimson Love Letter (名探偵コナン から紅の恋歌, Meitantei Conan: Karakurenai no Raburetā)

Dengan berlatar Kota Kyoto, Conan dan Heiji ditantang menghadapi kasus yang melibatkan permainan puisi tradisional Jepang. Ditambah kemunculan Momiji Ooka, yang mengaku sebagai tunangan Heiji, kali ini akan menjadi misteri ikatan cinta yang diselimuti oleh warna merah muda.

Tayang selama Golden Week pada 15 April 2017 di Jepang. Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takahiro Okura. Film ini berdurasi 112 menit dan menghasilkan lebih dari 6,89 miliar yen.

22. Zero The Enfoncer (名探偵コナン ゼロの執行人, Meitantei Conan: Zero no Shikkounin)

Film ini menceritakan tentang Teluk Tokyo Edge of Ocean yang akan menjadi tempat Tokyo Summit. Sebanyak 22.000 petugas polisi dipersiapkan untuk mengamankan pertemuan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Mei, namun terjadi sebuah ledakan berskala besar. Terdapat bayangan Toru Amuro, atau dikenal dengan “Zero” yang tergabung dalam National Police Agency Security Bureau. Conan yang penasaran merasa curiga dengan perilaku misterius Amuro yang bergerak diam-diam di balik insiden pengeboman yang terjadi sebelum hari puncak.

Tayang pada saat Golden Week pada 13 April 2018 di Jepang. Disutradarai oleh Yuzuru Tachikawa dan ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini berdurasi 110 menit dan menghasilkan lebih dari 9,18 miliar yen.

23. The Fist of Blue Sapphire (名探偵コナン 紺青の拳, Meitantei Conan: Konjō no Fisuto)

Ran, Sonoko dan Kogoro pergi ke Singapura untuk berlibur sekaligus memberi semangat pada kekasih Sonoko yaitu Makoto. Makoto Kyogoku terkenal akan kekuatannya dalam karateka. Lebih dari 400 kompetisi ia ikuti dan keluar sebagai pemenang. Begitu melihat adanya turnamen karate internasional, Zhon Han Cup, tanpa ragu Makoto pun mengikutinya.

Tayang pada saat Golden Week pada 12 April 2019 di Jepang. Disutradarai oleh Tomoka Nagaoka dan ditulis oleh Gōshō Aoyama. Film ini berdurasi 109 menit dan menghasilkan lebih dari 9,37 miliar yen.

24. The Scarlett Bullet (名探偵コナン 緋色の弾丸, Meitantei Conan: Hiiro no Dangan)

Film ini akan menceritakan seputar kejadian di Jepang saat merayakan World Sports Game (WSG), yang merupakan acara olahraga terbesar dunia dan akan berlangsung di Tokyo. Pada waktu bersamaan, diluncurkan juga kereta linear superkonduktor pertama di dunia, ‘Japanese Bullet’ yang dibuat dengan teknologi canggih. Akan tetapi, mulai ada hal-hal aneh yang terjadi saat pesta berlangsung dan mengakibatkan adanya penculikan terhadap para eksekutif.

Tayang pada saat Golden Week pada 16 April 2021 di Jepang. Disutradarai oleh Tomoka Nagaoka dan ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini berdurasi 110 menit dan menghasilkan lebih dari 7,65 miliar yen.

25. The Bride of Halloween (名探偵コナン ハロウィンの花嫁, Meitantei Conan: Harōin no Hanayome)

The Bride of Halloween ini  akan bercerita mengenai kasus penyerangan dengan tujuan membunuh, serta serial bomer, yang hadir bersamaan dalma suasana penuh kebahagiaan, yaitu pernikahan dan Halloween.

Akan tayang pada saat Golden Week pada 15 April 2022 di Jepang. Disutradarai oleh Susumu Mitsunaka dan ditulis oleh Gōshō Aoyama.

 Film Crossover 

Lupin the 3rd vs Detective Conan: The Movie (ルパン三世VS名探偵コナン: The Movie, Rupan Sansei Bāsasu Meitantei Konan: Za Mūbī)

Inspektur Nakamori berusaha menangkap Kid yang mencuri sebuah berlian dengan menggunakan kipas berkekuatan besar. Namun, penangkapan tersebut gagal karena Kid yang biasanya tidak pernah menggunakan pistol sungguhan sekarang menggunakan pistol sungguhan. Kemudian, Conan pun mengejar Kid menggunakan skeatboard. Namun, digagalkan oleh sebuah bayangan yang keluar dari mobil dan membelah skeatboard menjadi dua menggunakan pedang samurai, yang tak lain adalah Goemon. Sementara yang mencuri permata adalah Lupin Sansei. Kemudian, Fujiko yang disandera oleh sekelompok orang pun dibebaskan dengan syarat Lupin harus memberikan berlian tadi ke kelompok itu. Setelah itu, Lupin disuruh untuk mencari Cherry Sapphire. Kemudian, seorang artis dari Italia bernama Emilio Baretti datang ke Jepang. Namun, Emilio mendapat surat ancaman dan kemudian dia pun menyamar dan mengajak Ran dan Sonoko menuju ke Tokyo Sky Tree.

Tayang pada 7 Desember 2013. Disutradarai oleh Hajime Kamegaki dan ditulis oleh Atsushi Maekawa. Film ini berdurasi 140 menit dan penghasilan film fantastis ini mencapai 649.835.000 yen atau sekitar 74,9 milyar rupiah selama dua hari.

Itu dia Titipers info lengkap dari Tim TJ seputar rangkuman Detektif Conan The Movie. Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

 

Sumber gambar: myanimelist

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

5 thoughts on “Detektif Conan The Movie: Daftar Lengkap Judul Film Detektif Conan

  1. Pingback: Daftar Komik Terbit 25 Mei Dari Penerbit Elex Media Komputindo dan m&c! - TITIP JEPANG

  2. Pingback: Film Detective Conan ke-25 Menghasilkan 1,9 Miliar Yen dalam 3 Hari Pertama - TITIP JEPANG

  3. Pingback: Dua Film Conan Temani Idul Adha - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan