Laporan ICv2 : Penjualan Manga di Amerika Serikat Naik Lebih dari Dua Kali Lipat pada Tahun 2021

Laman berita ICv2 melaporkan pada hari Senin (28/2) bahwa penjualan manga di Amerika Serikat mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat menurut penelusuran NPD BookScan terhadap distributor-distributor pada tahun 2021. Laporan penelusuran NPD mencatat 24,4 juta unit manga telah terjual di tahun 2021, 15 juta unit lebih banyak dan dengan kenaikan sebesar 160% dari tahun sebelumnya. ICv2 juga menambahkan bahwa ada masalah klasifikasi mengenai manga My Hero Academia, dan bahwa jumlah penjualan manga tersebut kemungkinan lebih besar dari yang tercatat baik pada tahun 2020 maupun 2021.

Kevin Hamric, wakil presiden bagian penjualan dari penerbit Viz Media menyampaikan pada ICv2 dalam wawancara pada hari Senin (28/2) bahwa sejauh ini perusahaannya telah mendapatkan penjualan yang lebih besar dalam jangka waktu yang sama pada tahun 2021. Meski demikian, peningkatannya lebih lambat dari tahun lalu. Ia juga mengatakan bahwa penjualan manga mengambil bagian sebesar 25% pada keseluruhan pertumbuhan industri buku Amerika Serikat pada tahun lalu. Selain itu toko-toko buku ritel seperti Books a Million dan Barnes and Noble pun telah memberikan lebih besar ruang untuk manga. Hamric juga menyatakan ia memperkirakan bahwa rantai pasokan Viz Media akan dapat memenuhi permintaan paling tidak sampai akhir tahun ini.

ICv2 sebelumnya juga telah melaporkan bahwa tingkat penjualan manga di Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi di tahun 2020 menurut analisis penjualan manga cetak dari data yang didapatkan NPD BookScan, Diamond Comic Distributors, Comic Hub, dan sumber-sumber lain. Pada tahun 2020 pasar manga Amerika Utara yang tadinya bernilai 3,5 trilyun rupiah (250 juta dollar Amerika) mencapai rekor senilai 8,4 trilyun rupiah (1,28 milyar dollar Amerika).

Penjualan judul-judul manga lama yang telah terbit dan manga set sangat berperan besar pada penjualan pada tahun 2020 tersebut, yang menurut ICv2 diakibatkan oleh besarnya permintaan akan streaming anime sepanjang pandemi COVID-19. Hal ini kemudian turut meningkatkan penjualan manga. Rekor baru ini telah memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat pada tahun 2007. Setelahnya terjadi penurunan yang tajam pada periode tahun 2008-2012 akibat krisis ekonomi global, bangkrutnya toko buku ritel Borders, penurunan jumlah anime yang tayang di stasiun televisi di Amerika Utara, dan minimnya stok dari anime yang belum pernah ditayangkan di Amerika Utara.

Kemudian pada April 2021 ICv2 melaporkan bahwa berdasarkan laporan dari NPD BookScan selama kuarter pertama pada tahun 2021 terjadi peningkatan sebesar 29% pada keseluruhan penjualan buku cetak di Amerika Serikat. Ini adalah penjualan buku cetak selama kuarter pertama terbesar sejak NPD melakukan penelusuran terhadap penjualan buku untuk pertama kali di tahun 2004. Laporan itu secara khusus memperlihatkan kenaikan pada kategori novel grafis (4 juta lebih banyak dari kuarter pertama 2020), dengan manga mengambil porsi sebanyak 80%.

Hamric juga sebelumnya telah menyatakan dalam wawancara dengan ICv2 bahwa Viz Media melihat kenaikan sebesar 70% pada pasar Amerika Serikat di tahun 2020, sejalan dengan kenaikan sebesar 43% pada keseluruhan penjualan manga di Amerika Serikat, terlepas dari pandemi COVID-19.

Hamric memberi tambahan terhadap komentar yang ia lontarkan di wawancaranya sebelumnya dengan ICv2 bahwa penjualan volume manga pertama dan manga set meningkat selama pandemi. Ia mengatakan bahwa Viz Media telah menjual habis seluruh manga set tersebut dan harus mencetak ulang semuanya, terutama manga yang memiliki adaptasi anime. Ia menyebutkan Haikyu!! dan Jujutsu Kaisen sebagai contoh penting, dan bahwa Jujutsu Kaisen diperkirakan akan mengalami kesuksesan yang sama seperti halnya manga Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba.

Direktur utama Yen Press Publisher, Kurt Hassler juga menyatakan dalam wawancaranya dengan ICv2 bahwa tahun 2020 merupakan tahun dengan tingkat penjualan yang melampaui rekor perusahaan penerbit itu sebelumnya.

 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

 

Sumber: animenewsnetwork

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan