Legendaris , Bride Story Exhibition di Kyoto Memamerkan versi Indonesia!

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Halo Titipers Kali ini The Bride Story Exhibition kembali hadir loh di tahun 2022. Pameran manga buatan Kaoru Mori ini hadir di Museum Manga Internasional Kyoto yang digelar mulai dari 17 September hingga 26 Desember 2022. Ini adalah pagelaran pameran Bride Story terlama setelah pagelaran yang diadakan sebelumnya pada 23 Februari hingga 21 Maret 2022 di Tokorozawa Sakura Town, Kota Tokorozawa, Prefektur Saitama.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Exhibition kali ini menampilkan ratusan gambar asli dan juga cetakan manga bride story dari karya Kaoru Mori. Pameran ini sangat spesial karena  seluruh aspek yang ada di dalam manga tersebut dipamerkan dengan rapih dan dijelaskan secara rinci layaknya sebuah mahakarya seni. Mulai dari sketsa hitam putih hingga artwork berwarna.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Kaoru Mori sempat melakukan live demo dan hasil gambar dalam demo tersebut dipajang bersama dengan peralatan gambar beliau. Mahakarya yang langsung dibuat di tempat menampilkan adegan berkuda yang intens.

CETAKAN BERBAHASA INDONESIA DI THE BRIDE STORY EXHIBITION

Kemudian banyak sekali manga beserta hardcover-nya yang dicetak untuk berbagai negara dan disesuaikan dengan bahasa negara tujuan di luar Jepang. Mulai dari negara Korea, Vietnam, Cina, negara eropa seperti Italia dan Perancis. Bahkan ada cetakan untuk Indonesia.

Sayangnya manga versi indonesia yang menjadi display di pameran tersebut salah. Bukan merupakan fisik aslinya.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Meskipun terdapat kesalahan kecil terkait satu display, The Bride Story Exhibition kali ini sangat layak untuk dijadikan wisata berkunjung di akhir tahun. Karena karya yang ditampilkan sangatlah detail. Kalian bisa melihat bagaimana Kaoru Mori membuat manga tersebut dari hanya berupa sketsa kasar, sampai menjadi gambar yang detail berisikan teks percakapan.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Melalui gambaran sketsa kasar ini. kalian bisa melihat kegigihan seorang seniman manga dalam mengolah ide cerita hingga menjadi sebuah visual yang luar biasa. Kaoru Mori mampu menunjukkan proses nya hingga menjadi sebuah karya yang luar biasa ini, cerita seri The Bride Story.

POTRET BUDAYA & SEJARAH DARI THE BRIDE STORY EXHIBITION

Walaupun kalian bukan seorang otaku yang gemar membaca manga, kalian tetap bisa menikmati pameran ini sebagai seni yang indah. Kalian bisa melihat beberapa artwork dari Kaoru Mori mengenai ilustrasi peradaban di masa penaklukan Rusia di Asia Tengah pada akhir abad ke-19.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Bahkan ada satu bagian display dimana memperlihatkan beberapa gambar landmark di Asia Tengah yang menginspirasi penggambaran manga The Bride Story ini.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Kalian juga bisa melihat gambaran budaya dari peradaban di manga The Bride Story pada salah satu bagian display di pameran. Di sisi ini kalian bisa menilai seberapa detail ornamen budaya yang ada di cerita. Mulai dari pakaian adat, perhiasan, aksesoris pengantin, hingga kain khas dari Uzbekistan, Kazhakstan dan Turkmenistan.

Titip Jepang-Bride Story Exhibition

Banyak souvenir menarik yang bisa dibeli oleh pengunjung, termasuk juga salah satunya pring bergambar karakter pengantin wanita dan juga halaman manga yang sudah dibuat ulang spesial untuk The Bride Story Exhibition

Bagi Titipers yang ingin mengunjungi pameran manga Kaoru Mori ini bisa langsung mendatangi Museum Manga Internasional Kyoto. Museum dibuka mulai 10:30  hingga 17:30 (administrasi sampai pukul 17.00).

Meskipun The Bride Story Exhibition tidak memungut biaya, tetapi kalian tetap harus membayar tiket kunjungan museum yang bisa dipesan melalui online dan membeli tiket di vending machine museum untuk tiket same day. Satu tiket untuk dewasa dibanderol dengan harga 900 JPY atau sekitar Rp.103.377,88.

Titip Jepang-Bride STory Exhibition

Uniknya, untuk pemesanan tiket secara online kalian akan mendapatkan aksesoris The Bride Story secara gratis. Mulai dari satu buah  pouch, 2 buah pin karakter, dan satu dari 5 halaman yang sudah diproduksi ulang spesial untuk edisi The Bride Story Exhibition.

The Bride’s Story karya Kaoru Mori mengisahkan perjalanan Henry Smith melalui Asia Tengah Turki abad ke-19 dan “otoyome” (pengantin cantik) yang dia temui dan suku mereka. Manga ini memulai serialisasi pada tahun 2008, dan sejak itu telah diakui oleh berbagai penghargaan, termasuk salah satunya adalah Intergenerational Award 2012 oleh Festival Komik Internasional Angoulême dan Penghargaan Manga Taisho di tahun 2014.

Bagaimana Titipers, ayo agendakan akhir tahun kalian ke The Bride Story Exhibition di Kyoto, Jepang!

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: thread [email protected]

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan