Petarung Manusia di Record of Ragnarok

Titip Jepang - Petarung Manusia di Record of Ragnarok

Record of Ragnarok (Shuumatsu no Valkyrie) merupakan manga yang berisikan pertarungan para dewa melawan manusia. Manga ini dibuat oleh tiga orang, yakni Takumi Fukui sebagai penulis storyboard, Shinya Umemura sebagai penulis skenario, dan Ajichika sebagai ilustrator.

Premis cerita Record of Ragnarok berkisah mengenai para dewa yang menginginkan kehancuran untuk umat manusia. Namun, salah satu Valkyrie, Brunhilde, menolak hal tersebut. Dia pun mengusulkan untuk diadakan pertarungan Ragnarok, dimana 13 perwakilan dewa menghadapi 13 perwakilan manusia.

Petarung yang mewakili manusia, disebut dengan Einherjar yang berarti “pasukan satu orang” (mereka yang bertarung sendiri). Siapa saja 13 petarung manusia di Record of Ragnarok?

Lü Bu (petarung ke-1)

Lü Bu merupakan salah satu jenderal terbesar dalam sejarah Cina. Dia hidup pada abad ke-2 Masehi di masa Dinasti Han dan Tiga Negara. Lü Bu merupakan panglima yang dikenal dengan daya tahan tubuhnya yang luar biasa.

Pada cerita Record of Ragnarok, Lü Bu bertarung melawan Thor, sang dewa petir dari mitologi Nordik. Di tengah pertarungan mereka, menghadirkan flashback untuk masing-masing tokoh. Dalam flashback Lü Bu Fengxiang, dikisahkan bahwa dia merupakan sosok panglima yang haus akan pertarungan. Selama hidupnya dia mencari lawan yang bisa menandingi dirinya. Bahkan saking kuat dirinya, dia mampu membelah langit menggunakan tombaknya. Akhirnya dia rela untuk dieksekusi karena merasa sudah tidak ada lawan yang setara dengan dirinya.

Adam (petarung ke-2)

Adam merupakan manusia pertama dalam kepercayaan agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Adam awalnya merupakan manusia yang tinggal di surga. Namun, karena istrinya, Hawa (Eve) memakan buah terlarang, mereka pun diusir dari Surga. Dalam setiap agama, ada beberapa perbedaan mengenai kejadian tersebut.

Pada cerita Record of Ragnarok, Adam bertarung menghadapi Zeus, dewa utama dalam mitologi Yunani. Dalam flashback Adam pada komik ini, dikisahkan bahwa Adam merupakan manusia pertama yang awalnya tinggal di tempat para dewa. Dia memiliki istri yang bernama Eve. Pada suatu momen, dewa ular mencoba untuk memperkosa istrinya namun ditolak. Akhirnya dewa tersebut kemudian memfitnah Eve telah memakan buah terlarang yang membuat dirinya terusir. Adam yang tidak ingin istrinya sendirian pun juga ikut memakan buah tersebut agar bisa bersama istrinya turun ke bumi.

Sasaki Kojiro (petarung ke-3)

Sasaki Kojiro merupakan seorang samurai Jepang yang hidup pada akhir masa Sengoku dan awal masa Edo. Masa hidupnya tidak ada prestasi yang luar biasa. Dia dikisahkan pernah bertarung dengan Miyamoto Musashi dan tewas dalam pertarungan tersebut.

Pada cerita Record of Ragnarok, Sasaki Kojiro bertarung melawan Poseidon, dewa laut dalam mitologi Yunani. Dalam kisah flashback Sasaki Kojiro diceritakan bahwa dia merupakan seorang yang lemah di Dojo tempatnya berada, dia sering bertarung dengan sesama anggota Dojo atau gurunya namun sering kalah. Namun, diam-diam dia melatih kemampuan pedangnya, sambil membayangkan pertarungannya dengan lawan yang pernah dia hadapi. Sampai suatu ketika, salah satu guru Dojo-nya ingin menantangnya bertarung, namun dia langsung menyerah karena merasakan aura yang kuat dari Sasaki.

Setelah keluar dari Dojo, Sasaki selalu bertarung melawan pendekar pedang dari berbagai daerah, dan tentu saja mengalami kekalahan. Namun, dia selalu diam-diam mendalami kemampuan pedangnya. Hingga pada suatu waktu, dia bertarung dengan pendekar pedang hebat, Miyamoto Musashi. Pertarungan tersebut berlangsung dengan sengit hingga menemui ajal Sasaki Kojiro.

Jack the Ripper (petarung ke-4)

Jack the Ripper merupakan pembunuh berantai yang terkenal di London pada abad ke-19. Kebanyakan dari korban dari Jack the Ripper adalah perempuan yang merupakan para pelacur. Sosok Jack the Ripper masih menjadi misteri hingga sekarang, karena dia tidak pernah ditangkap, bahkan identitas aslinya pun tidak pernah terungkap.

Pada cerita Record of Raganarok, Jack the Ripper menghadapi Heracles sosok pahlawan Yunani yang diangkat menjadi dewa. Kisah masa Jack the Ripper cukup kelam, ibunya merupakan seorang pelacur namun cukup menyayangi dirinya. Namun pada suatu ketika, ibunya mengetahui bahwa ayah biologis dari Jack menikah dengan orang lain padahal dulu dia berjanji akan menikahi ibu Jack. Hingga kemudian ibu Jack the Ripper menjadi gila dan tidak menyayangi Jack lagi. Hal itu pun memicu hasrat membunuh pada Jack the Ripper dan membuatnya menjadi pembunuh berantai yang menargetkan pelacur.

BACA JUGA: Manga Spin-off Record of Ragnarok Baru Tentang Jack the Ripper

Raiden Tameemon (petarung ke-5)

Raiden Tameemon merupakan pesumo terhebat dalam sejarah Jepang, dia hidup pada zaman Edo. Raiden memiliki perawakan yang cukup besar. Selama karier sumo-nya, dia berperingkat Ōzeki dan selalu mendominasi pertarungan selama hampir dua dekade.

Pada cerita Record of Raganarok, Raiden Tameemon menghadapi Shiva, Dewa Pelebur dalam kepercayaan Hindu. Dalam flashback- nya Raiden, diceritakan bahwa saat dirinya berusia 2 tahun, dia menderita gangguan otot yang membuat otot-ototnya menghancurkan tulangnya. Namun, berkat dukungan dari kedua orang tuanya, akhirnya dia bisa mengendalikan otot-otot tersebut dan menjadi kekuatannya.

Pada saat dia dewasa, kampung halamannya dilanda kelaparan hebat. Oleh sebab itu, dia mengembara ke luar desa untuk memberikan makan untuk kampung halamannya. Dia berlatih sebagai pegulat dan kemudian menjalani debut bertarungnya sebagai pegulat. Selama karier gulatnya, dia melakukan 285 pertarungan, dengan 254 kemenenangan, 10 kekalahan, 14 tidak dianggap, 2 seri, dan 5 tidak ada lawan. Kekalahan dan imbangnya dia, dikarenakan dia tidak bertarung dengan serius.

Buddha/Sakyamuni (petarung ke-6, pindah kubu dari dewa)

Buddha merupakan pendiri ajaran Agama Buddhisme. Dia awalnya merupakan sosok manusia dari keluarga bangsawan dengan nama lahir Siddharta Gautama. Siddharta Gautama lalu pergi keluar istana untuk menjadi petapa. Selama dalam perjalanannya itu, dia mendapatkan pencerahan dan mengajarkan jalan menuju nirwana kepada orang-orang.

Pada cerita Record of Ragnarok, Buddha diceritakan sebagai sosok manusia yang kemudian diangkat sebagai Dewa, sama seperti Heracles. Awalnya dia ditunjuk Zeus sebagai petarung keenam mewakili para Dewa, namun saat memasuki arena, dia memutuskan untuk memihak umat manusia. Dia bertarung menghadapi Zerofuku.

Dalam flashback dari Buddha, awalnya dia merupakan manusia yang berlatar sebagai bangsawan. Dia mengasihi rakyatnya dan sering memberikan makanan gratis. Pada suatu ketika, kakaknya yang sekarat merenungi apa arti kehidupan ini. Setelah kakaknya meninggal, Buddha menyadari tentang filosofi kehidupan dan memutuskan untuk meninggalkan istana dan mengembara. Pada masa pengembaraannya itu dia bertapa di bawah pohon dan mendapatkan pencerahan.

Qin Shi Huang (petarung ke-7)

Qin Shi Huang merupakan kaisar pertama dalam sejarah Cina. Dia merupakan orang pertama yang mampu menyatukan dataran Cina yang sebelumnya terbagi dalam beberapa kerajaan.

Pada cerita Record of Ragnarok, Qin Shi Huang berhadapan dengan Hades, dewa dunia bawah dari mitologi Yunani. Cerita flashback Qin Shi Huang cukup menyedihkan, dia menjadi pangeran terbuang karena ayahnya mengalami kekalahan dalam perang. Dia harus diurus oleh seorang wanita yang sangat membenci dirinya. Lambat laun, wanita itu mulai bisa menerima Qin Shi Huang kecil dan menganggapnya seperti putranya sendiri.

Dalam upaya menyatukan seluruh Cina daratan, Qin Shi Huang harus berhadapan dengan iblis yang telah melawan raja-raja sebelumnya. Qin Shi Huang berhasil mengalahkan iblis tersebut dan menjadi kaisar atas daratan Cina.

Nikolas Tesla (petarung ke-8)

Nikola Tesla merupakan seorang ilmuwan ber-etnis Serbia yang hidup pada abad ke-19 hingga abad ke-20, Tesla lahir di Kroasia (saat itu di bawah kekuasaan Kekaisaran Austria) dan kemudian menetap di Amerika. Dia terkenal karena menemukan energi listrik yang hingga sekarang menerangi dunia pada malam hari.

Pada cerita Record of Ragnarok, Nikola Tesla bertarung melawan Beelzebub, iblis dalam kepercayaan Kristen. Walaupun Tesla hidup pada abad 19 hingga awal abad 20, namun Tesla tetap mengembangkan ilmu pengetahuannya di alam baka. Sehingga dia bisa menciptakan peralatan canggih untuk melawan Beelzebub. Dia pun dijuluki sebagai “satu-satunya penyihir dalam umat manusia.”

Leonidas (petarung ke-9)

Leonidas merupakan salah satu raja Sparta pada zaman Yunani kuno. Namanya terkenal dalam Perang Thermopylae tahun 480 SM, ketika Kekaisaran Persia mencoba menyerang Yunani dengan balatentara yang besar. Leonidas mampu membendung pasukan Persia dengan bermodalkan 300 pasukan saja dalam salah satu pertempuran.

Pada cerita Record of Ragnarok, Leonidas bertarung melawan Apollo, dewa panah asal Yunani. Leonidas ditampilkan dengan pakaian ala militer modern, hal ini lantaran dia terus melatih dirinya setelah meninggal dunia. Dia memiliki dendam terhadap Apollo dikarenakan saat Yunani diserang oleh Persia, dewan kota Sparta tidak mengizinkan perang karena adanya ‘Oracle’ dari Apollo yang tidak membolehkan adanya perang di festival yang sedang dekat. Leonidas pun membangkan dan maju menghadang pasukan Persia. Dia diikuti oleh 300 pasukan menghadapi 300.000 pasukan Persia.

Okita Souji (petarung ke-10)

Okita Soji merupakan kapten unit pertama Shinsengumi, polisi khusus yang dibentuk pada akhir masa Edo (Keshogunan Tokugawa). Dia merupakan salah satu pendekar pedang hebat dalam Shinsengumi. Dia juga terlibat dalam Perang Boshin. Okita Soji meninggal dunia akibat penyakit Tuberkolosis.

Pada cerita Record of Ragnarok, Okita Soji bertarung melawan Susano’o no Mikoto yang merupakan dewa badai Jepang. Sosoknya sudah diperlihatkan ketika dia sedang menyaksikan pertarungan Ragnarok di dalam ruang tunggu. Okita Soji adalah kapten uni 1 Shingesumi yang merupakan korps kepolisian Jepang era Bakumatsu. Dia telah membunuh banyak ronin nakal.

Michel Nostradamus (belum bertarung)

Michel Nostradamus merupakan seorang pengarang dan peramal terkenal asal Perancis. Karyanya berjudul Les Propheties yang terbit tahun 1555 merupakan karya dia paling terkenal. Banyak ramalan cukup akurat terjadi dalam beberapa tahun setelahnya, di antaranya adalah kebakaran besar London, Revolusi Perancis, kebangkitan Napoleon dan Hitler.

Pada cerita Record of Ragnarok, Nostradamus masih belum bertarung. Namun, dia telah muncul menyamar sebagai Brunhilde. Brunhilde bercerita bahwa Nostradamus merupakan orang yang melanggar hal tabu bagi para dewa karena mendobrak Bifrost.

Sakata Kintoki (belum bertarung)

Sakata Kintoki merupakan samurai legendaris dalam cerita rakyat Jepang. Dia hidup pada zaman Heian, 1000 tahun lalu. Sakata Kintoki menjadi pengawal Minamoto no Yorimitsu, salah satu legenda dia yang terkenal adalah dia berhasil mengusir sosok iblis jahat bernama Shuten Doji.

Pada cerita Record of Ragnarok, Sakata Kintoki masih belum bertarung, namun sosok dia telah diperlihatkan. Buddha meminta dia untuk memanggilkan seseorang, Siegfried (dalam mitologi Jerman, Siegfried merupakan suami dari Brunhilde).

Simo Hayha (belum bertarung)

Simo Hayha merupakan seorang tentara Finlandia yang terkenal pada Perang Musim Dingin (bagian dari Perang Dunia 2). Namanya ditakuti oleh prajurit Uni Soviet karena dia sukses membunuh ratusan pasukan Uni Soviet seorang diri. Awalnya dia hanyalah seorang petani yang dipaksa ikut wajib militer karena Finlandia diinvasi Uni Soviet. Pada pertengahan 1940, dia mengalami cedera parah yang membuatnya dilarang untuk kembali ke medan perang. Dia meninggal pada tahun 2002.

Pada Record of Ragnarok, sosok Simo Hayha masih belum melakukan debut. Namun desain karakternya sudah pernah diperlihatkan oleh author. Simo Hayha memenangkan polling dimana author menanyakan fans desain mana yang ingin mereka lihat lebih awal.

 

Grigori Rasputin (belum bertarung)

Grigori Rasputin merupakan seorang biarawan dan tabib berkebangsaan Rusia. Dia berteman dekat dengan Tsar Nicholas II, kaisar terakhir Kekaisaran Rusia. Dia menjadi orang istana Kekaisaran Rusia yang bertugas untuk menyembuhkan penyakit putra mahkota Tsar yang menderita penyakit Hemofilia.

BACA JUGA: Petarung Dewa di Record of Ragnarok

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: Komik dan Anime Record of Ragnarok

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan