Review Film Ghibli Arrietty [2010] – Si Manusia Mungil

BLOG-Review Arrietty-1

Arrietty atau dikenal juga Arrietty the Borrower adalah sebuah film animasi fantasi yang rilis di Jepang pada 17 Juli 2010. Film berdurasi 84 menit ini disutradarai oleh Hiromasa Yonebashi. Film ini membawa pendapatan box office sebesar 21 miliar yen. Film ini memenangkan penghargaan Animation of the Year pada acara penghargaan Japan Academy Prize ke-34.

Skenario oleh Hayao Mayazaki dan Keiko Niwa berdasar pada novel 1952, The Borrowers oleh Mary Norton. Kisahnya sendiri mengenai sebuah keluarga kecil yang tinggak duan-diam di dinding dan lantai sebuah rumah biasa, meminjam barang dari manusia untuk bertahan hidup.

Pernahkan Titipers berpikir ada kehidupan lain di rumah kita? di loteng misalnya. Bukan ngomongin tikus loh ya.

Kira-kira seperti apa ya kisahnya?

BACA JUGA: 11 Film Hayao Miyazaki: Animator Legendaris dari Jepang

SINOPSIS

Dalam petualangan aneh ini, Arrietty yang berusia 14 tahun tinggal di bawah papan lantai sebuah rumah besar yang terletak di taman ajaib yang ditumbuhi oleh ayah dan ibunya. Arrietty dan keluarganya hidup dengan meminjam. Semua yang mereka miliki, mereka pinjam atau buat dari barang-barang yang mereka pinjam dari wanita tua yang tinggal di mansion.

BLOG-Review Arrietty-2

Kehidupan damai mereka berubah secara dramatis ketika Arrietty yang selalu ingin tahu secara tidak sengaja membiarkan dirinya dilihat oleh Sho, seorang anak manusia berusia 12 tahun yang kesepian. Keduanya mulai saling curhat dan, tak lama kemudian, persahabatan mulai berkembang …

Bagaimana kelanjutan kisahnya?? Tonton segera ya Titipers!

KARYA PERDANA YANG DISUTRADARAI HIROMASA YONEBAYASHI

Hiromasa Yonebashi merupakan salah satu animator untuk film Studio Ghibli Howl/s Moving Castle, Ponyo, dan Spirited Away.  Ia juga menjadi sutradara cadangan untuk film Tales from Earthsea yang akhirnya digarap oleh Goro Miyazaki.

Setelah menyutradarai film Arrietty ini, beliau kemudian juga menyutradarai film Ghibli yang berjudul When Marnie Was There.

DETAIL YANG MENAWAN

Mengingat film ini menceritakan tentang keluarga mungil yang tinggal di bawah lantai rumah, ilustrasi yang digambarkan sangat detail. Dari dapur yang kecil dengan semua perabotnya yang kecil-kecil, kamar yang kecil dengan tumpukan daun-daun dari segala jenis tanaman yang disusun rapi benar-benar terasa hidup dan menakjubkan.

Yonebashi juga berhasil menggambarkan bagaimana para manusia mungil ini hidup. Bagaimana mereka bertahan hidup dengan memanfaatkan barang-barang yang mereka pinjam. Contohnya, penjepit kertas yang diubah menjadi ikat rambut oleh Arrietty. Kira-kira ada yang jual gak ya versi besarnya ? Lalu mereka juga memanfaatkan kail dan tali untuk memanjat, Paku-paku sebagai tangga dan perkakas dan masih banyak lagi yang kalian akan temukan di film ini.

COCOK UNTUK ANAK-ANAK

Film ini cocok untuk ditonton anak-anak. Tidak ada al yang terlalu rumit semua berjalan apa adanya. Tidak ada teka-teki, Yah semacam film Doraemon atau Upin Ipin lah. Anak-anak pasti suka dengan film petualangan yang seperti ini. Konsep cerita yang ringan dan tidak berbelit-belit memudahkan anak untuk mencerna yang mereka tonton. Bahkan film ini juga menyuguhkan kisah persahabatan yang indah antara Arriety dan Sho meskipun mereka berbeda ukuran sehingga bisa memberikan pelajaran bagi anak-anak.

Overall, film Arrietty ini merupakan film yang bagus baik gambar, cerita, maupun soundtrack-nya. Menonton Arrietty tidaklah terasa membosankan malahan bisa dinikmati dari awal hingga akhir. Jadi jangan lupa masukkan ke daftar list menonton mu ya Titipers.

Itu tadi sekilas review film animasi Arrietty. Selanjutnya review film animasi Jepang apa lagi ya?? Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya!

BACA JUGA: Daftar Lengkap Judul Film Anime Studio Ghibli

Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber gambar : IMDb

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan