11 Film Hayao Miyazaki: Animator Legendaris dari Jepang

Titip Jepang-11 Film Hayao Miyazaki

Hayao Miyazaki (宮崎 駿) seorang animator asal Jepang, merangkap sebagai pembuat film, penulis skenario, penulis dan mangaka. Lahir di Bunkyō Tokyo, Jepang pada tanggal 5 Januari 1941. Sukses mengenalkan animasi khas Jepang ke seluruh dunia, hingga memperoleh pengakuan internasional sebagai pendongeng ulung dan pembuat film animasi, tidak heran jika dia mendapatkan julukan “Walt Disney-nya Jepang“. 

Salah satu pendiri Studio Ghibli, sebuah studio film dan animasi, dia menyajikan visual yang sinematik dengan karakter yang menarik dan out of the box. Miyazaki juga menjadi Ketua dari Tokuma Memorial Animation Cultural Foundation dan Mitaka Municipal Animation Museum of Art (Museum Ghibli). Dia juga merupakan anggota aktif Yayasan Totoro no Furusato.

Untuk mengenal lebih dekat dengan Miyazaki, yuk simak cerita dari masa kecilnya!

Pendidikan & Karir

Saat masih duduk di bangku sekolah, Miyazaki menonton anime dengan layar berwarna pertama di Jepang yang berjudul “Hakujaden”. Anime itulah yang membuat beliau tertarik untuk bekerja di dunia animasi. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Gakushuin dengan jurusan ilmu politik dan ekonomi, yang lulus pada tahun 1963.

Titip Jepang-11 film Hayao Miyazaki

Usai menyelesaikan masa pendidikannya, Miyazaki bergabung di perusahaan Toei Animation pada tahun 1963 sebagai animator. Setelah itu, dia menjadi pekerja lepas, dan memproduksi Future Boy Conan dan menyutradarai film animasi teatrikal pertamanya The Castle of Cagliostro. Pada tahun 1984, dia bersama Isao Tahakata, Toshio Tahakata, Toshio Suzuki, dan Yasuyoshi Tokuma mendirikan Studio Ghibli. Ketika Ghibli berdiri sendiri dari Tokuma Shoten pada tahun 2005, dia diangkat sebagai Dewan Direksi. Sejak itu, dia menyutradarai banyak film animasi.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Judul Film Anime Studio Ghibli

Prestasi & Dedikasi

Beberapa dari karyanya telah memenangkan penghargaan majalah Animage Grand Prix. Empat telah memenangkan Penghargaan Akademi Jepang untuk Animasi tahun ini. Lima dari film mereka telah menerima nominasi Academy AwardSpirited Away memenangkan Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin di tahun 2002 dan 2003 Academy Award for Best Animated Featured.

Titip Jepang-11 film Hayao Miyazaki

Berikut ini daftar 11 film Hayao Miyazaki yang rilis sejak di Studio Ghibli:

1. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)

2. Laputa Castle in the Sky (1986)

3. My Neighbor Totoro (1988)

4. Kiki’s Delivery Service (2018)

5. Porco Rosso (2010)

6. Princess Mononoke (2017)

7. Spirited Away (2001)

8. Howl’s Moving Castle (2004)

9. Ponyo on the Cliff by the Sea (2008)

10. The Wind Rises (2013)

11. How Do You Live? (2023)

BACA JUGA: Kapan Film Terbaru Hayao Miyazaki “How Do You Live?” Rilis?

Dia tinggal di Tokorozawa, Saitama dan dikenal sebagai perokok. Dia menikah dengan Akemi Miyazaki dan memiliki dua anak, Goro Miyazaki dan Keisuke Miyazaki. Dia pernah mengumumkan pengunduran dirinya setelah film fitur terakhirnya, The Wind Rises. Namun, pada 2016, dia keluar dari masa pensiunnya untuk mengerjakan film baru yang dikonfirmasi berjudul How Do You Live?.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber gambar: wikipedia

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan