Review Komik Junji Ito Hellstar Remina: Cerita Planet Nuansa Horor

Titip Jepang-Remina

Hellstar Remina, komik horor karya Junji Ito yang baru rilis di Indonesia. Mengisahkan horor kosmik yang diterbitkan pada tahun 2005 sebagai Hellstar Remina. Bermula pada tahun 20XX, ditemukan keberadaan lubang cacing yang terbukti kemunculan benda planet aneh di dalamnya.

Titip Jepang-Remina

Komik Hellstar Remina ini diterbitkan oleh Akasha yang merupakan imprint dari m&c!. Komik kedua Junji Ito yang terbit di awal tahun 2023 setelah komik berjudul Tomie.

Seperti yang telah diketahui, Junji Ito merupakan mangaka horor senior yang jenius dan terkenal dengan ceritanya yang cerdas dan original. Dia menulis manga sejak tahun 80-an. Salah satu keunikannya terletak pada gambarnya yang creepy dan juga disturbingManga karya Junji Ito belum terlalu banyak diterbitkan di Indonesia. Berikut daftar komik yang diterbitkan oleh mnc!:

Simak review komik horor Hellstar Remina karya Junji Ito berikut ini:

 Cerita horor nuansa planet 

Dr. Oguro, peneliti sekaligus penemu planet baru itu yang diberi nama “Remina” seperti nama putrinya, berita tersebut disiarkan langsung lewat media sosial sehingga masyarakat Jepang bisa memperhatikan kecantikan putrinya, tidak lama kemudian dia berhasil menjadi bintang yang terkenal di industri hiburan.

Awalnya semua tampak baik-baik saja, sampai objek planet yang diamati terlihat berjalan cepat dan menuju Bumi. Berita ini langsung tersebar ke penduduk Jepang, mereka merasa ketakutan dan kepanikan saat Remina ekstraplanet semakin dekat. Hingga munculah gerombolan histeris yang menyalahkan gadis Remina karena dianggap kemunculannya dan planet Remina mengundang bencana besar di bumi.

Cerita Horor dalam komik ini terasa mencekam seperti visualisasi Junji Ito, yang menampilkan keadaan bumi yang carut marut akibat planet Remina. Tidak hanya itu saja, Junji Ito juga menampilkan isi dalam planet Remina yang terasa lebih menakutkan, mungkin gambaran mudahnya adalah seperti neraka. Terlihat banyak spiral yang bergelantungan dari atas langit sampai ke bawah, di tambah banyak benda-benda aneh yang tampak seperti cacing raksasa. Dan udara planet Remina berwarna merah keungu-unguan seperti beracun, menurut ceritanya siapa pun yang tinggal di planet ini tidak akan bisa bertahan hidup. Sangat horor bukan?

 Perempuan dalam karya Junji Ito 

Titip Jepang-Remina

Mangaka horor ini selalu menampilkan tokoh perempuan yang menjadi pemeran utamanya, kehadiran sosok perempuan yang misterius ini menjadi benang merah cerita horor yang semakin mencekam. Walaupun Junji Ito familiar dengan karya-karyanya yang horor, tapi percayalah ceritanya itu tidak sehoror yang dibayangkan, karena cerita horor Junji Ito lebih cenderung creepy dan disturbing bukan cerita horor yang menyeramkan seperti cerita di Indonesia. Mungkin, persamaannya terletak pada tokoh perempuan yang selalu ada di setiap karyanya. Di mana perempuan sering dijadikan setan/hantu karena salah satu representasi dari folklor yang ada di masyarakat. Terbukti dengan kepercayaan terhadap ragam jenis hantu perempuan.

Dalam kasus Hellstar Remina bukan wujud hantu yang menyeramkan, atau perempuan penggoda seperti Tomie seperti di cerita horor pada umumnya, melainkan representasi dari masyarakat bahwa penemuan planet Remina dapat mendatangkan bencana besar yang mengancam keberadaan bumi dijadikan alasan yang tidak mendasar untuk mengatasi bencana besar tersebut. Hal seperti ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, di mana sosok perempuan menjadi obyek maskulinitas kaum pria terhadap kasus pelecehan, tindak kekerasan, bulliying, diskriminasi, dan kasus lainnya.

BACA JUGA: REVIEW KOMIK Tomie Junji Ito Compilation 1: Intip Wajah Cantik Tomie Bak Suzzanna

Di sini tidak akan membahas mengapa peran laki-laki yang selalu digambarkan sebagai pahlawan dalam cerita-cerita lainnya. Hanya saja, eksistensi perempuan yang lebih sering mendapatkan pandangan negatif dari lingkungan sosialnya.

 Remina vs Planet Remina 

Remina, seorang gadis yang ditolak keberadaannya oleh semua orang di sekitarnya. Namun, ada mereka yang mengejarnya untuk menjadi avatar dari planet yang bermusuhan itu sendiri, yang harus dihancurkan, sementara banyak dari mereka yang melindunginya melakukannya karena selebritasnya, lebih melindungi keinginan egois mereka untuknya daripada dia sebagai pribadi. Berita menggemparkan kedatangan planet Remina menjadi ancaman yang selalu membayangi, munculnya hasutan dari sekelompok orang-orang ketakutan menjadi kebencian terhadap Remina dan ayahnya, mengkambing hitamkan mereka berdua karena telah menemukan planet yang bermusuhan.

Hellstar Remina memang komik horor yang menceritakan planet bernuansa horor, walaupun tidak begitu mengerikan seperti cerita horor Junji Ito yang lainnya. Komik ini cukup thriller dan visualisasinya yang sangat bagus sehingga cerita ini menjadi sangat menarik untuk dinikmati. Untuk sebuah cerita yang berhubungan dengan ancaman di tingkat planet, ada beberapa cerita yang mencengangkan dalam plotnya, terlihat futurustik seperti transportasi mobil terbang dan jetpack yang digunakan berkunjung ke planet Remina.

 Worth to buy? 

Hak cipta gambar milik M&C!

Komik Hellstar Remina ini sangat rekomendasi untuk kalian pengikut Junji Ito, cerita horor yang sangat berbeda dari imajinasi semua pecinta horor tapi sangat creepy. So, dapatkan komik ini segera di toko terdekat Titipers.

Untuk kalian yang penasaran dengan komik Junji Ito lainnya dapat cek artikel lainnya di sini!

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan