Review Sailor Moon S: The Movie – Hearts in Ice (1994)

BLOG-Urutan Nonton Series Anime Sailor Moon-5

Mari kita bahas film ke dua dalam seri Sailor Moon karya Naoko Takeuchi, Sailor Moon S: The MovieFilm garapan Hiroki Shibata berdasarkan naskah yang ditulis oleh Sukehiro Tomita ini dirilis di Jepang pada tanggal 4 Desember 1994 sebagai bagian dari Pameran Anime Toei Musim Dingin ’94.

Sinopsis Sailor Moon S: The Movie

blog-review sailor moon s the movie-1
sumber gambar: tuxedounmasked

Makhluk asing dari luar angkasa bernama Putri Salju Kaguya tiba di Bumi dalam upaya untuk membekukannya, tetapi salah satu fragmen dari kometnya telah hilang dan dia tidak dapat melanjutkan perjalanan tanpanya. Dia lantas menyuruh kaki tangannya, Penari Salju, mencari pecahan yang hilang tersebut.

Di lokasi lain, Tokyo, seorang astronom muda bernama Kakeru Ōzora menemukan pecahan tersebut dan menyimpannya untuk diteliti. Sementara, para Pretty Guardian tengah menikmati hari di Distrik Perbelanjaan Juban. Luna yang sedang tidak enak badan memutuskan untuk kembali ke rumah Usagi sendirian meskipun Artemis sudah menawarkan diri menemani. Di tengah perjalanan, Luna pingsan dan hampir tertabrak mobil jika bukan karena ditolong oleh Kakeru.

Luna lantas jatuh cinta dengan kebaikan dan perhatian yang diberikan Kakeru padanya. Namun, cinta itu harus berakhir bertepuk sebelah tangan.

Di kemudian hari, diketahui, bahwa pecahan fragmen tersebut mulai mencuri energi kekuatan hidup Kakeru, menyebabkan ia menjadi sangat sakit. Dan semakin diperparah dengan Kaguya yang mencuri pecahan tersebut untuk dilemparkan ke laut. Menciptkan kristal es raksasa yang akan terus menghabiskan energi kehidupan kakeru sepenuhnya.

Kaguya dan Penari Saljunya mulai membekukan seluruh bumi, sedikit demi sedikit. Dapatkan Sailor Moon dan teman-temannya menghentikan perbuatan Kaguya dan sekaligus menyelamatkan Kakeru?

Sailor Moon S: The Movie merupakan film yang bagus. Meskipun rilis menjelang Hari Natal, ia tidak lantas mengambil alur cerita yang berkaitan dengan hari besar tersebut. Film ini mengambil cerita yang berbeda yang membuatnya lebih menarik lagi.

Berdasarkan dongeng Jepang

Titip Jepang-Kaguya hime no Monogatari legenda yuki onna

Begitu mendengar nama musuh di film kali ini, saya langsung teringat akan kisah lama berjudul Putri Kaguya. Namun, setelah ditonton lebih lanjut, rupanya Kaguya dalam film ini bukan putri yang muncul dalam bambu seperti pada cerita aslinya. Ia berasal dari luar angkasa dengan kekuatan bak Yuki Onna yang mampu membekukan apapun.

Ya, rupanya film Sailor Moon S: The Movie ini menggabungkan dua dongeng Jepang yang terkenal, yaitu The Tale of the Bamboo Cutter dan Yuki Onna sebagai tokoh antagonisnya.

Dan karakter ini benar-benar pure jahat. Tidak terkontaminasi atas bujuk rayu seperti musuh sebelumnya di film pertama. Hanya saja motivasi dan latar belakangnya cukup sederhana jika dibandingkan dengan film pertama.

Fokus yang berbeda

Jika pada film sebelumnya, kisah romansa antara Usagi dan Mamoru yang menjadi fokus utama, kali ini fokus utamanya adalah kisah cinta Luna yang bertepuk sebelah tangan, Penonton akan disuguhi kisah cinta segitiga antara Luna, Kakeru dan kekasih Kakeru, Himeko.

Kini, dengan melihat film Sailor Moon S: The Movie ini. kita bisa melihat sisi lain dari Luna yang biasanya hanya muncul sebagai pemeran pembantu.

Tidak cukup dengan konflik batin Luna yang mencintai Kakeru meskipun menyadari posisi nya. Penonton juga disuguhi konflik antara pasangan Kakeru-Himeko. Siapa sangka, rupanya Kakeru memiliki obsesi terhadap Kaguya. Obsesinya ini bahkan menyebabkan pertengkaran di antara keduanya.

Penonton akan disuguhi bagaimana masing-masing karakter mengatasi masalah dalam hubungan mereka dan perjuangan mereka dalam mendamaikan antara kenyataan dan mimpi mereka.

Dilihat dari segi animasi dan suara

Jelas terdapat perkembangan yang jauh lebih baik daripada film sebelumnya. Latar belakangnya bagus dan detail serta desain karakter yang cerah dan halus. Apalagi ketika Sailor Moon muncul dengan kostum sailor terbarunya, sangat cantik dengan pita pelangi yang menghiasi. Latar musik yang indah juga menjadi nilai positif untuk film ini.

BACA JUGA: Urutan Terbaik Menonton Series Anime Sailor Moon – Dari Classic Hingga Movie Terbaru

Overall, film Sailor Moon S: the Movie ini memberikan alur cerita yang fresh beda dari film sebelumnya dan menarik untuk Titipers tonton, namun kurang ramah terhadap anak-anak untuk adegan perubahan wujudnya, Dan, karena film ini bertemakan liburan yang berlangsung di musim dingin, kalian akan melihat adegan di mana Tuxedo Bertopeng muncul untuk menyelamatkan Sailor Moon dan Sailor Chibi Moon dengan kostum yang sesuai dengan tema film. ^^

IMDb memberikan skor 7,7/10 untuk film ini. Titipers bisa menonton seriesnya di Bstation. Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *