Intip Perayaan Idul Adha di Jepang 2023, Daya Penyalur Hewan Kurban Meningkat

Titip Jepang-Idul Adha di Jepang

Dilansir dari kanal dailysabah mengungkapkan bahwa “Sumbangan kurban Idul Adha di Yayasan Türkiye Diyanet Foundation (TDV) oleh komunitas Muslim yang tinggal di Jepang terus meningkat setiap tahunnya.”

Kurra Hafiz Muhammet Rıfat Çınar, imam Masjid Tokyo yang berafiliasi dengan TDV, menjelaskan tentang persiapan Idul Adha di Jepang mengalami peningkatan luar biasa dalam mengumpulkan jumlah saluran kurban.

Baca Juga:

Dubes Heri Akhmadi Umumkan Pelaksanaan Salat Iduladha 1444 H, Calon Jamaah Wajib Registrasi!

Sejak 2019, Çınar mengungkapkan bahwa mereka telah mengorganisir kampanye pengorbanan proksi di Jepang. Pada tahun 2019 saja, total 238 saham dikumpulkan, menandai peningkatan lebih dari 100% dibandingkan empat tahun sebelumnya, sedangkan target tahun ini adalah melampaui total 500 saham.

Çınar bertujuan untuk mencapai peningkatan 20% penyalur hewan kurban di Jepang setiap tahun. Untuk itu, yayasan akan tetap menerima donasi melalui panitia hingga malam hari pertama Idul Adha.

Khususnya, komunitas Muslim dari negara saudara, seperti Pakistan, yang tinggal di Jepang juga memilih untuk mengorbankan ternak di Türkiye. Tindakan kebajikan ini dimulai sebagai tanggapan atas gempa dahsyat yang berpusat di Kahramanmaraş pada 6 Februari. Selain itu, non-Muslim, termasuk penduduk Jepang, yang menemukan pengumuman “donasi saham melalui perwakilan” di Tokyo, memberikan kontribusi dengan tulus niat berkorban.

Karena persiapan hari raya sudah selesai, Çınar menyatakan bahwa sholat Idul Adha berjamaah akan dilakukan dua kali.

Imam Ahmet Yerdelen dari Masjid Gifu Fatih, juga berafiliasi dengan TDV yang terletak di wilayah selatan Tokyo, menyoroti bahwa mereka melakukan kegiatan kurban Idul Adha di Jepang atas nama TDV di wilayah tersebut. Yerdelen menyebutkan bahwa mereka telah menerima surat kuasa untuk pengorbanan dari Muslim Turki dan asing.

Baca Juga: Sederhana Namun Bermakna, Ini Dia Serba Serbi Lebaran di Jepang!

Yerdelen mengakui minat besar yang ditunjukkan oleh umat Islam di negara itu terhadap hari raya tersebut dan mengungkapkan bahwa pertemuan yang meriah akan berlangsung di masjid setelah shalat Idul Adha, di mana makanan akan disajikan. Dia menekankan upaya mereka untuk meredakan kerinduan umat Islam selama acara yang menggembirakan ini, meskipun dengan cara yang sederhana.

Meningkatnya kedermawanan komunitas Muslim di Jepang melalui donasi Idul Adha mereka mencerminkan komitmen mereka terhadap semangat pengorbanan dan menunjukkan belas kasih dan solidaritas mereka terhadap mereka yang membutuhkan.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: dailysabah

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan