Tadashi Maeda, Perwira Jepang Berjuang Demi Indonesia

Perwira Jepang yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia sampai dikucilkan oleh negaranya sendiri! – Titip Jepang Mengenang Pahlawan (Episode 2)
.
Nama Tadashi Maeda atau Laksamana Muda Maeda mungkin sudah nggak asing lagi ya, Titipers! Selain karena banyak disebut dalam banyak pelajaran sejarah, Laksamana Maeda ternyata juga pahlawan dari Jepang yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.
.
Awal mula keinginan Laksamana Maeda berjuang untuk Indonesia tidak datang begitu saja. Pada tahun 1930an, Laksamana Maeda mendapat tugas menjadi atase militer Jepang di Belanda dan Jerman dan bertemu dengan banyak sekali pelajar dari Indonesia.
.
Saat itu, Laksamana Maeda berteman baik dengan Muhammad Hatta, AA Maramis, Ahmad Subardjo, serta Nazir Pamuntjak, hingga mulai tumbuh simpati untuk membebaskan Indonesia dari penjajah.
.
Ketika Laksamana Maeda dipindahtugaskan di Indonesia pada tahun 1942, ia mendirikan Asrama Indonesia Merdeka, sebuah sekolah politik dengan Soekarno sebagai pengajar Politik, Muhammad Hatta sebagai pengajar Ekonomi, dan pengajar penting lainnya. Maeda mendirikannya bersama beberapa pemuda yang berjuang untuk diam-diam meningkatkan pendidikan di Indonesia.
.
Jasa Laksamana Maeda untuk kemerdekaan Indonesia sangat tidak terkira. Ia bahkan meminjamkan alat ketik dari Kantor Perwakilan AL Jerman kepada Sayuti Melik dan menjadikan kediamannya sebagai tempat perumusan proklamasi kemerdekaan.
.
Namun sayangnya, Laksamana Maeda ditangkap oleh sekutu pada 1946 dan diinterogasi terkait keterlibatannya pada kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya ia harus hidup menderita dan dikucilkan oleh negaranya sendiri.
.
Meski begitu, Laksamana Maeda tidak menyesal pada apa yang sudah dia berikan bagi kemerdekaan Indonesia.
.
#titipjepang #titiptiket #17agustus #indonesiamerdeka #indonesiamerdeka74

Tinggalkan Balasan