Mengenal Shinkansen Kereta Cepat Asli Jepang

Shinkansen Kereta Cepat

Siapa yang nggak kenal Shinkansen kereta cepat tranportasi andalan di Jepang? Kemunculan kereta peluru Jepang ini dianggap sebagai simbol pemulihan Jepang setelah Perang Dunia II lho, Titipers. Bersamaan dengan Olimpiade Tokyo 1964, keajaiban teknologi tahun 1960-an ini juga menandai kembalinya Negeri Sakura ke papan atas dunia internasional. Dalam 57 tahun sejak kereta pertamanya, Shinkansen telah diakui secara internasional dalam hal kecepatan, efisiensi perjalanan, dan kemodernan-nya. Yap! Jepang memang pemimpin dunia dalam teknologi kereta!

Namun, tidak berhenti sampai situ saja kini Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan. Kereta juga disebut mampu mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas rata-rata.Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada 2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi operasional, kecepatan akan dibatasi di 285 kilometer per jam.

Perusahaan perakit  kereta baru ini sangat menekankan keamanan. Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan sehingga  berhenti lebih cepat jika terjadi keadaan darurat. Kereta juga dilengkapi dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion  yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap berjalan meski saat listrik padam. Kereta juga mampu berjalan ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa bumi.

Ngomong-ngomong Shinkansen, mimin jadi mau bagi tips and trick buat bekal Titipers kalau kapan-kapan mau ke Jepang. Simak sampai akhir, dan jangan lupa untuk simpan dan bagikan buat teman-teman terdekatmu ya^^
.
1. CEK JADWAL KEBERANGKATAN
Selain bisa cek jadwal langsung di stasiun, kamu juga bisa lihat jadwal di www.hyperdia.com biar bisa nyusun itinerary dan nggak khawatir terlambat sampai tujuan.

2. PEMBELIAN TIKET
Tersedia 2 jenis seat yaitu non-reserved (jiyuseki) dan reserved. Kalau nggak mau berdiri selama perjalanan, kamu bisa melakukan pemesanan (seat reserved) di Midori no Madoguchi atau tempat pemesanan tiket Shinkansen.

3. BERANGKAT DARI STASIUN YANG BENAR
Keberangkatan Shinkansen di Tokyo bisa diakses di 2 stasiun yaitu Stasiun Tokyo dan Shinagawa. Mudahnya, segala stasiun yang diawali dengan nama ‘Shin’ seperti Shin-Osaka dan Shin-Aomori berarti stasiun keberangkatan Shinkansen

4. SIAPKAN TIKET DAN ANTRE DI TEMPAT YANG SUDAH DISEDIAKAN
Saatnya untuk menunggu kereta datang sesuai dengan tiket yang kamu pesan. Jika kamu adalah pemegang Japan Rail Pass, datangilah penjaga peron yang biasanya berada di samping kanan atau kiri peron. Jangan sampai salah antre di jalur yang salah yaa Titipers^^

 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:

Instagram: @titipjepang

Twitter: @titipjepang

Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan