Gempa Lepas Pantai Fukushima, Dua Orang Meninggal, 94 Lainnya Terluka

The Asahi Shimbun melaporkan pada dini hari tadi (17/3), gempa berkekuatan 7,3 SR dengan kedalaman 60 km mengguncang bagian timur laut perairan lepas pantai Fukushima tepat sebelum tengah malam. Gempa yang mengakibatkan 2 orang meninggal dunia dan 94 orang lain luka-luka tersebut mengingatkan warga pada peristiwa tsunami tahun 2011 hanya seminggu setelah peringatan 11 tahun terjadinya bencana tersebut.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Alam pagi tadi mengonfirmasi jumlah korban jiwa dan terluka, menambahkan 4 orang mengalami cidera serius. Selain itu dilaporkan pula adanya beberapa laporan kebakaran. Pihak berwenang mencabut peringatan potensi tsunami yang dikeluarkan pada hari Rabu (16/3) malam pukul 19.40 waktu setempat.

Gempa tersebut juga dapat dirasakan di Tokyo, 275 km jauhnya dari pusat gempa yang ditandai dengan berguncangnya bangunan dalam waktu cukup lama. Kemudian disusul dengan terputusnya aliran listrik ke ratusan ribu rumah di ibu kota negara tersebut, meski hanya beberapa jam sampai dapat dipulihkan pada dini hari Kamis tadi.

Bagian utilitas TEPCO mencatat sekitar 2 juta rumah kehilangan sumber daya listrik pada Rabu malam, dengan 700.000 rumah di Tokyo. Bagian utilitas Tohoku Electronic co. melaporkan 38.500 rumah belum dialiri listrik hingga pukul 07.40 pagi waktu setempat. Di lain tempat sebuah kereta cepat Shinkansen berpenumpang 100 orang tergelincir dari lintasan, dilaporkan tidak ada korban dari kecelakaan ini.

Perdana Menteri Fumio Kishida menyatakan pada reporter bahwa tidak terdeteksi adanya kelainan pada PLTN Fukushima, meski sebelumnya pihak berwenang sempat melaporkan menyalanya alarm kebakaran pada salah satu bangunan turbin.

Gempa besar di Jepang dapat mengganggu kegiatan manufaktur, utamanya komponen elektronik yang sensitif seperti semikonduktor yang diproduksi menggunakan mesin dengan tingkat presisi yang tinggi.

Jepang yang berada di atas beberapa lempeng tektonik mengalami seperlima dari sejumlah gempa berkekuatan 6 SR lebih yang pernah terjadi di dunia.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber : asahi

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

One thought on “Gempa Lepas Pantai Fukushima, Dua Orang Meninggal, 94 Lainnya Terluka

  1. Pingback: Pertunjukan Musikal Touken Ranbu Dibatalkan Karena Gempa - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan