Komik Detektif Conan The Movie Comics Edition yang Sudah Terbit di Indonesia

manga-detective-conan-the-movie

Siapa sih yang tidak kenal dengan manga Detektif Conan? Bukan hanya di negara asalnya, Jepang, Detektif Conan telah menjadi serial yang mendunia dan sudah diterbitkan di berbagai negara, termasuk seri Detektif Conan The Movie Comics Edition.

Buat yang masih belum familiar dengan manga ini, Detektif Conan menceritakan tentang kisah pemuda bernama Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang berhasil memecahkan berbagai kasus rumit dengan kemampuan analisisnya yang luar biasa.

Suatu hari, di tengah kencannya dengan Ran Mouri, Shinichi menyaksikan transaksi ilegal yang dilakukan para pria berbaju hitam.Untuk membungkamnya, orang-orang tersebut meminumkan racun yang membuat tubuhnya mengecil menjadi tubuh seorang anak SD.

Sudah banyak sekali adaptasi Detektif Conan di berbagai macam media, termasuk animasi, video games, live-action, dan juga komik spin-off. Contohnya “Zero’s Tea Time” dan “Wild Police Story” yang lebih memfokuskan cerita pada salah satu karakter terfavorit pembaca, yaitu Toru Amuro.

Detektif Conan The Movie

Sejak tahun 1997, sudah menjadi agenda tahunan di Jepang kalau film animasi Detektif Conan akan dirilis selama Golden Week setiap tahun (kecuali film ke-24 Detective Conan: The Scarlet Bullet karena pandemi). Dengan pengecualian film pertama, semua film Detektif Conan telah menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi pada tahun pemutarannya di Jepang.

Film animasi ini kemudian diadaptasi menjadi serial pendek yang berjudul Detektif Conan The Movie Comics Edition oleh Yutaka Abe dan Denjiro Maru. Mereka berdua juga yang bertanggung jawab terhadap pembuatan komik Detektif Conan Special. Sejak awal perilisannya pada bulan Agustus 2014, seri ini menjadi salah satu adaptasi yang paling diminati penggemar setia Conan.

Berbeda dengan komik Detektif Conan Movie lain yang terbit dengan format full color, the Movie Comics Edition ini dicetak dengan format hitam putih seperti komik regulernya.

Dengan plot movie yang spesial, pembaca diajak untuk mengingat kembali serunya kasus-kasus besar yang dihadapi Conan dalam menghadapi Organisasi Hitam, Kaito Kid, Shuichi Akai, dan tokoh-tokoh epic Detektif Conan lainnya.

Dan belum lama ini ada berita baru loh! Film Detective Conan: The Scarlet Bullet (Meitantei Conan: Hiiro no Dangan), film ke-24 dalam waralaba Detektif Conan akan menyusul mendapatkan edisi komik.

Berikut daftar manga yang sudah diterbitkan oleh ELEX MEDIA COMPETINDO di Indonesia

1.The Time-Bombed Skyscraper (名探偵コナン Meitantei Konan: Tokeijikake no Matenrō)

Titip Jepang-Detektif Conan The Movie
Film ini tayang pada 19 April 1997, disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi . Dalam film tersebut, rangkaian kasus pengeboman terjadi di sekitar Tokyo dan terkait dengan investigasi masa lalu Shinichi Kudo. Film ini menghasilkan 1,1 miliar yen di box office, menjadikannya film terlaris terendah di waralaba. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2020.

2. Detective Conan: The Last Wizard of the Century (名探偵コナン Meitantei Konan: Seikimatsu no Majutsushi )

Titip Jepang-Detektif Conan The Movie
Film ini tayang pada 17 April 1999, disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini tentang Kaito Kid yang mengirimkan pemberitahuan bahwa dia akan mengincar Imperial Egg serta kasus pembunuhan yang melipatkan keturunan Rasputin. Film ini mencapai pendapatan box office sebesar 2,6 miliar yen, menjadikannya film terlaris ketujuh terendah dalam waralaba. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2020

3.Detective Conan: Countdown to Heaven (名探偵コナン Meitantei Konan: Tengoku e no Kauntodaun )

Titip Jepang-Detektif Conan The Movie
Pertama kali tayang pada 21 April 2001, disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Dalam film ini terjadi kasus pembunuhan di sebuah gedung pecakar langit yang berkembang menjadi pembunuhan berantai. Ditambah bayang-bayang organisasi hitam mulai mendekati Conan dan Haibara. FIlm ini menghasilan 2,9 miliar yen, dan menjadikannya film terlaris kesembilan dalam waralaba. Manga-nya diterbikan di Indonesia pada tahun 2018.

4. Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital (名探偵コナン Meitantei Konan: Meikyū no Kurosurōdo )

manga-detective-conan-the-movie-crossroad-in-the-ancient-capital
Pertama kali tayang pada 19 April 2003. Film ini disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Dengan ibukota lama sebagai penggungnya, conan dan Heiji mendekati sebuah misteri yang disembunyikan oleh sejarah. Kasus pembunuhan berantai pun terjadi di Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Semua korbannya adalah kelompok pencuri Genjibotaru. Film ini membawa pendapatan box office sebesar 3,2 miliar yen dan menjadi film terlaris kesembilan dalam waralaba. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2020.

5. Detective Conan: The Raven Chaser (名探偵コナン Meitantei Konan: Shikkoku no Cheisā )

manga-detective-conan-the-movie-the-raven-chaser
Tayang pada 18 April 2009. Film ini mengisahkan pembunuhan berantai di mana pelaku meninggalkan sekeping pion mahjong di tkp. Di box office, film ini menghasilkan lebih dari 3,5 miliar yen. Film ini ditulis oleh Kazunari Kouchi dan disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto. Manga-nya di terbitkan di Indonesia pada tahun 2021.

6. Detective Conan: The Lost Ship In The Sky (名探偵コナン Meitantei Konan: Tenkū no Rosuto Shippu )

manga-detective-conan-the-movie-the-lost-ship-in-the-sky
Tayang pada 17 April 2010. Film ini menghasilkan 3,2 miliar yen di box office. Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Cerita terjadi di sebuah kapal udara dari Tokyo ke Osaka di mana Kid mengumumkan pencurian permata biru, Lady Sky. Pada saat yang sama, kelompok teroris yang dikenal sebagai Kucing Siam Merah berusaha untuk melepaskan virus di sekitar Jepang juga berhasil mendarat di pesawat dan memulai serangan mereka. Conan dan Detektif Boys bekerja sama untuk melucuti bom dan Conan juga bekerja sama dengan Kaitou Kid yang sudah berada di pesawat untuk mengalahkan Kucing Siam Merah. Dengan bantuan Heiji, Kucing Siam Merah yang juga berusaha mencuri patung Buddha dari kuil dan ditangkap oleh polisi prefektur Nara. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2022.

7. Detective Conan: Dimensional Sniper (名探偵コナン Meitantei Konan: Ijigen no Sunaipā )

manga-detective-conan-the-movie-dimentional-sniper

Tayang pada 19 April 2014. Terjadi penembakan di tengah acara pembukaan Bell Tree tower. Film ini disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi dan menghasilkan 4,11 miliar yen. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2017.

8.  Detective Conan: The Darkest Nightmare (名探偵コナン Meitantei Konan: Junkoku no Naitomea )

manga-detective-conan-the-movie-the-darkest-nightmare

Tayang selama Golden Week pada 16 April 2016. Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai, film ini berkisah Curaçao, anggota Organisasi Hitam dan agen tangan kanan Rum. Setelah kehilangan ingatannya karena kecelakaan lalu lintas sebagai akibat dari penyusupan yang gagal dari Badan Kepolisian Nasional, dia mengembara ke Akuarium Tohto yang baru direnovasi, di mana dia terjerat dengan Conan dan Detektif Boys. Perjuangan dimulai saat Conan, FBI, dan NPA mencoba memulihkan ingatan Curaçao sekaligus mencegah Organisasi Hitam memulihkannya dan dalam prosesnya membahayakan mata-mata yang menyamar yang ditanam di Organisasi oleh berbagai badan intelijen di seluruh dunia. Film ini menghasilkan lebih dari 6,33 miliar yen di box office, Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2019.

9. Detective Conan: The Crimson Love Letter (名探偵コナン Meitantei Konan: Karakurenai no Raburetā)

manga-detective-conan-the-movie-the-crimson-love-letters

Tayang selama Golden Week pada 15 April 2017. Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takahiro Okura. Film ini menghasilkan lebih dari 6,89 miliar yen. Dengan berlatar Kota Kyoto, Conan dan Heiji ditantang menghadapi kasus yang melibatkan permainan puisi tradisional Jepang. Ditambah kemunculan Momiji Ooka, yang mengaku sebagai tunangan Heiji, kali ini akan menjadi misteri ikatan cinta yang diselimuti oleh warna merah muda. Manga-nya diterbitkan di Indonesia pada tahun 2021.

Nah, itu tadi daftar Detektif Conan The Movie Comics Edition yang manga-nya sudah terbit di Indonesia. Ada pula judul-judul yang belum terbit di Indonesia, yaitu:
1.  Detective Conan: Private Eye in the Distant Sea (名探偵コナン 絶海の探偵 Meitantei Konan: Zekkai no Puraibēto Ai)
2. Detective Conan: Zero the Enforcer (名探偵コナン ゼロの執行人 Meitantei Konan: Zero no Shikkōnin)

Tunggu kabar selanjutnya kalau ada manga baru yang terbit ya Titipers^^

Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

@Hak cipta gambar milik PT Elex Media Komputindo

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

3 thoughts on “Komik Detektif Conan The Movie Comics Edition yang Sudah Terbit di Indonesia

  1. Pingback: Detektif Conan The Movie: Daftar Lengkap Judul Film Detektif Conan - TITIP JEPANG

  2. Pingback: Komik Jepang Yang Terbit Bulan April 2022 oleh Elex Media – TITIP JEPANG

  3. Pingback: Komik Jepang Yang Terbit Bulan April 2022 oleh Elex Media - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan