Empat Fakta Out of The Box Satoru Gojo

Titip Jepang-Satoru Gojo

Tidak terasa, sesaat lagi kita akan disuguhkan movie dari salah satu anime paling ikonik saat ini. Apalagi kalau bukan Jujutsu Kaisen. Anime yang bercerita tentang seorang anak sekolahan dengan fisik di atas rata-rata, Yuji Itadori, yang kehidupannya berubah sejak secara terpaksa menelan bagian tubuh Ryomen Sukuna, salah satu iblis terkuat di alam semesta Jujutsu Kaisen.

Yuji Itadori boleh saja menjadi tokoh utama, namun kenyataannya di alam semesta Jujutsu Kaisen, ada salah satu karakter yang tidak kalah mendapatkan perhatian, baik di antara para karakter Jujutsu Kaisen lain atau tentu saja para penggemar setia serial anime ini. Siapalagi kalau bukan, Satoru Gojou. Tokoh nyentrik satu ini tentu tidak dapat begitu saja kita lupakan, dari semenjak kemunculannya di episode pertama. Selain karena penampilannya yang konon dicurigai terinspirasi dari salah satu karakter ikonik di anime ninja-ninjaan yang lebih dulu hitz, ada beberapa hal lain yang membuat karakter ini layak untuk dicintai oleh para penggemar anime di luar sana. Yuk simak apa saja fakta menariknya:

1. Kebalikan dari Kakashi Hatake

Titip Jepang-Satoru Gojo

 

Sebelumnya sudah penulis spoilerin nih buat yang nomor satu. Fakta menarik pertama apalagi kalau bukan fakta bahwa banyak sekali yang membandingkan karakter satu ini dengan Kakashi Hatake, salah satu karakter di serial Naruto yang juga kebetulan berperan sebagai guru dari tokoh utama. Hanya saja, kalau dilihat lebih lanjut tentu banyak perbedaan antara dua tokoh ini, mulai dari bagian wajah yang ditutupi, hingga sifat Gojo yang cenderung lebih atau bahkan terlalu santai jika dibandingkan Kakashi. Kakashi memang bukan karakter yang terlampau kaku, tapi jelas jika dibandingkan Gojo, karakter ini tentu lebih bisa bersikap serius, terutama dalam menghadapi musuhnya.

2. Overpower

Titip Jepang-Satoru Gojo
Kalau biasanya di anime lain karakter overpower selalu disematkan kepada tokoh utama, musuh utama, atau terkadang antihero, maka di Jujutsu Kaisen, justru salah satu protagonis yang bukan karakter utama, yang diperkenalkan sebagai karakter terkuat. Ya begitulah, Gojo sejak awal sudah diperkenalkan sebagai tokoh terkuat di alam semesta ini, bahkan musuh utamanya pun akan kesulitan dalam menghadapi tokoh satu ini. Tidak jarang kita dipertontonkan sifat nyeleneh-nya ketika bertarung melawan musuh, termasuk ketika masih sempat-sempatnya memberikan pelajaran ke Itadori, sembari bertarung melawan Jogo (lihat episode 7).

3. Filosofis Banget

Titip Jepang - Gojo Satoru
Kalau teman-teman mulai bosan dengan pertarungan atau cerita yang begitu-begitu saja. Sabar, Jujutsu Kaisen atau lebih tepatnya Satoru Gojo akan menghadirkan beberapa jurus-jurus yang akan membuat kita berpikir keras. Hal ini tidak lain dikarenakan saking filosofisnya jurus-jurus yang akan dikeluarkan karakter terkuat satu ini.

Untuk pemanasan, jurus-jurus ini sudah diperlihatkan di pertarungannya melawan Jogo. Salah satu jurusnya, Infinity, membuat penulis butuh berulang kali mengulang scene pertarungannya untuk memahami konsep jurus ini. Setelah penulis memikirkan berkali-kali konsep jurus ini. Ternyata jurus ini mirip sekali dengan paradoks Achiles. Penulis tidak akan panjang lebar membahas paradoks ini, silahkan pembaca kulik sendiri sembari menonton filmnya ya.

Oiya ada satu lagi nih jurus yang gak kalah filosofis, yakni teknik domain expantion milik Gojo. Apalagi kalau bukan Unlimited Void. Jurus yang satu ini jelas tidak main-main dan menurut penulis sangat filosofis sekali. Musuh akan dijebak dalam sebuah ruang hampa, seperti di luar angkasa, di mana dia tidak dapat merasakan apapun, atau mengalami kekosongan, namun di saat yang sama musuh juga akan merasakan segala sesuatu atau segala informasi masuk ke dalam tubuhnya. Filosofis sekali bukan??

4. Metode Mengajar yang Unik


Kalau teman-teman gak suka mikir, apalagi kalau sampai harus berfilsafat. Santai saja, Satoru Gojo juga bisa bersikap santai, apalagi kalau masalah belajar. Gojo adalah guru yang baik, bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan Kakashi ke Naruto, apalagi Sasuke ke Boruto, hehe. Bayangkan saja, alih-alih memaksa anak didiknya membelah daun menggunakan cakra, Gojo lebih senang meminta Itadori menonton film agar bisa meningkatkan kemampuannya. Bukan tanpa alasan, Gojo lebih memfokuskan untuk melatih psikologis Itadori ketimbang memaksakannya untuk mempelajari hal-hal yang rumit. Bayangkan saja, ketimbang kamu harus belajar matematika dan sejarah di kelas, kamu malah diminta marathon anime seharian. Tentu asik sekali bukan??

Empat fakta sepertinya sudah cukup untuk menunjukkan betapa out of the box-nya karakter satu ini. Yuk teman-teman tunggu apa lagi, saksikan penampilan Satoru Gojo pada Jujutsu Kaisen 0 di bioskop terdekat. Akan ada sneak preview juga lho buat yang pengen nonton lebih cepat. Oh iya, sembari menonton film, kamu juga dapat menemukan berbagai merchandise lucu dari Jujutsu Kaisen di Titip Jepang ya.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

One thought on “Empat Fakta Out of The Box Satoru Gojo

  1. Pingback: Mengenal Tim Yuta Okkotsu dari Jujutsu Kaisen 0 The Movie - TITIP JEPANG

Tinggalkan Balasan