First Impression Kamen Rider Gotchard: Kimia, Kartu, & Kamen Rider!

Minggu ini menandai tiga minggu tayangnya Kamen Rider Gotchard! Menggantikan Kamen Rider Geats, entry Kamen Rider ke-38 ini menampilkan tema, setting, serta karakter yang sangat bertolak belakang dengan pendahulunya! Dengan karakter utama Houtarou Ichinose yang dipercayakan dengan Gotchardriver untuk berubah menjadi Kamen Rider Gotchard!

Cerita Gotchard berpusat disekitar kemampuan alkimia dan bentuk kehidupan buatan bernama Chemys yang disimpan dalam Ride Chemy Cards. Konflik dimulai ketika Three Dark Sisters memulai rencana jahat mereka untuk menggunakan para Chemys dan Gotchard Driver untuk membuka pintu kegelapan, dan mendorong Alchemy Academy, sebuah organisasi rahasia yang memantau dan mengajarkan teknik alkimia kepada beberapa orang terpilih, untuk bergerak guna menghentikan ambisi mereka.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Ditengah pertarungan sengit tersebut Ichinose mulai mempelajari dunia alkemi, sembari bertemu kawan dan lawan dan
mengeksplorasi sifat baik dan jahat sebagai dua sisi dari koin yang sama! Bagaimanakan cerita perjuangan Ichinose demi merealisasikan dunia dimana manusia dan Chemy bisa hidup berdampingan dengan damai?

Penasaran dengan serial Kamen Rider terbaru ini? Cek review 3 episode pertama bersama titip jepang disini!

Houtarou Ichinose: Gotchard sang Pencari Mimpi!

Karakter utama serial ini yang berubah menjadi Kamen Rider Gotchard bernama Houtarou Ichinose, seorang anak pemilik restoran yang tengah duduk dibangku SMA. Layaknya pemuda pada titik kehidupan ini, Houtarou sedang dalam masa labil dimana ia merasa belum menemukan mimpinya. Tetapi kehidupan normal Houtarou berakhir ketika takdir menarik dirinya masuk ke seluk beluk duna Alkimia yang tersembunyi.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Terpilih oleh Chemy Hopper1 dan dipercayakan dengan Gothcardriver serta kartu-kartu Ride Chemy Cards, Houtarou berubah menjadi Kamen Rider Gotchard untuk melawan Clotho, pertarungan pertama serta revelasi tersebut menginspirasi Houtarou untuk mempelajari para Chemy dengan lebih jauh, yang akhirnya memperkenalkanya ke faksi ahli Alkimia uang bertguas melindungi keseeimbangan dunia.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Dalam tes untuk memasuki Alchemist Academy kemampuan Houtarou untuk berempati dan berkomunikasi dengan para Chemy terungkap, dan setelah melihat dan mempelajari sifat mereka, Houtarou akhirnya menemukan mimpinya, yakni menjadi seorang ahli alkimia handal dan merealisasikan dunia dimana manusia dan Chemy dapat hidup berdampingan dengan damai.

Aspirasi dan mimpi Houtarou tentu saja sangat sulit untuk direalisasikan, dan ia dihadapkan dengan kebencian serta kedengkian orang-orang yang memicu kemunculan Chemy jahat, bernama Malgam, serta ahli Alkimia lainya yang menganggap bahwa Chemy lebih aman untuk tetap disegel dan diperlakukan sebagai alat.

Dunia Alkemi: Chemy, Manusia, dan Keseimbangan Dunia

Organisasi utama dalam Kamen Rider Gotchard adalah perkumpulan rahasia Ahli Alkimia, yang bertugas menjaga keseimbangan dunia dengan merahasiakan teknik alkimia serta merahasiakan keberadaan para Chemy dari orang orang awam. Tugas utama ini memperlakukan Chemy sebagai mahluk buatan yang sangat berbahaya, terutama karena potensi mereka untuk menjadi Malgam apabila terekspos dengan manusia yang jahat.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Persepsi yang bertolak belakang dengan mimpi Houtarou ini diperlihatkan oleh karakter Heroine, Rinne Kudo, dan Rival Gothcard, Spanner, Kurogane, yang berubah menjadi Valvarad. Rinne beranggapan bahwa tanggung jawab seorang Ahli Alkimia adalah untuk mengikuti aturan yang ada, sementara Spanner menganggap bahwa Chemy sebagai sebagai ancaman terhadap tatanan alam tanpa terkecuali yang harus disegel.

Houtarou dihadapkan dengan kebenaran ini setelah memulai perjalananya sebagai seorang murid alkimia di Alchemy Academy, serta menyadari potensi sebenarnya dari para Chemy untuk digunakan sebagai instrumen kebaikan dan kejahatan yang bergantung kepada pengguna dan lingkungan mereka.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Meski begitu Houtarou percaya bahwa manusia dan Chemy dapat saling mengerti satu sama lain, dan terus berjuang untuk melindungi keduanya! Dapatkah Houtarou meraih mimpinya sebagai Kamen Rider Gotchard!?

Kamen Rider Gotchard: Worth it untuk ditonton?

Premis serta daya tarik Kamen Rider Gotchard bukanlah konsep yang terlalu baru dari serial Tokusatsu secara garis besar, malahan, elemen-elemen Gotchard terkesan sangat mirip dengan alur cerita Shonen, terutama mengingat umur karakter-karakter utama serta setting SMA yang dikombinasikan dengan world-building yang bertumpu pada organisasi rahasia.

Ini juga terlihat dari karakterisasi serta dinamika antara para protagonis, musuh, hingga dengan karakter rival, dimana perbedaan pendapat, kemampuan, dan tekad menjadi sumber konflik dan friksi antar para karakter.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Meski kedengaranya cukup menarik, cerita Kamen Rider Gothcard malah terasa cukup datar setelah tiga episode. Karakter Ichinose Houtarou, Rinne Kudou, dan Kurogane Spanner terasa sangat simpel bahkan dangkal dan klise, terutama untuk penonton yang sudah kenal benar dengan tema serta trope genre shonen. Penggemar Tokusatsu yang sebelumnya mengikuti serial Kamen Rider Geats mungkin juga akan merasakan turunya daya tarik serta impak dari masing-masing karakter Gotchard.

Sumber: Kamen Rider Wiki

Sementara dari adegan-adegan pertarungan Gotchard, semua episode melibatkan pengunaan CGI, terutama karena gimmick wild mode yang ada dari kombinasi form Gotchard, yang juga terlihat pada semua rangkaian finisher. Pola ini antara akan terasa menarik karena melebarkan variasi serangan akhir, atau malah dianggap mengganggu finisher Kamen Rider yang sangat ikonik.

Dapat disimpulkan bahwa setelah tiga episode, kesan pertama yang mimin dapatkan dari Gotchard terkesan biasa saja, tidak begitu buruk tetapi tidak bagus juga. Namun dengan tema ceritanya, kualitas Gotchard bisa diharapkan akan naik bersama dengan perkembangan karakter Houtarou.

Tonton terus Kamen Rider Gotchard yang rilis episode baru setiap hari minggu dan Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang untuk memantau berita Tokusatsu terkini!

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber Gambar: Kamen Rider Wiki

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan