9 Lokasi Nyata Film Ghibli di Kyushu

Lokasi Nyata Film Ghibli

Lokasi nyata film Ghibli yang ingin dikunjungi semua Ghibli Lovers

Kyushu, pulau paling selatan dari empat pulau utama Jepang, memiliki sejarah dan budaya kuliner yang luar biasa. Namun keajaiban Kyushu tidak hanya sampai disitu saja, karena wilayah Jepang ini dipenuhi dengan pemandangan alam dan tempat wisata yang begitu ajaib hingga terlihat seperti adegan dalam film Studio Ghibli. Jadi, jika Titipers bertanya-tanya di mana lokasi nyata film Ghibli dan bagaimana cara bisa mengunjungi lokasi nyata yang menginspirasi Miyazaki.

Baca Juga: Daftar Lengkap Judul Film Anime Studio Ghibli

BACA JUGA: 11 Film Hayao Miyazaki: Animator Legendaris dari Jepang

Artikel kali ini, kita akan menjelajahi dunia Ghibli dengan 9 lokasi spesial di Kyushu berikut ini.

 1. Kiki’s Delivery Service 

Toko Roti Kiki’s Delivery Service (Desa Yufuin Floral, Prefektur Oita)

Lokasi Nyata Film Ghibli

Lokasi nyata film Ghibli pertama datang dari toko roti ikonik film Kiki’s Delivery Service Studio Ghibli terletak di Desa Yufuin Floral, sebuah area indah yang terkenal dengan sumber air panas dan alam sekitarnya. Desa Yufuin Floral adalah kawasan hiburan dan perbelanjaan yang mengingatkan kita pada suasana pedesaan Eropa, dengan gang-gang kuno yang dihiasi bunga-bunga dan bangunan-bangunan kecil yang terlihat seperti muncul di negeri dongeng.

Toko Roti Kiki adalah bagian dari pemandangan desa yang penuh warna dan meniru toko roti yang terlihat di film Ghibli tempat protagonis – penyihir Kiki – bekerja, mengantarkan roti dengan sapu setelah pindah dari rumah orang tuanya. Sama seperti di Kiki’s Delivery Service di Studio Ghibli, toko roti di kehidupan nyata menawarkan roti dan kue kering yang lezat.

BACA JUGA: Review Film Ghibli Kiki’s Delivery Service

NamaDesa Bunga Yufuin – Kiki’s Bakery
Jam buka09.00 – 17.00
Hari liburSenin dan Kamis
Alamat1503-3 Kawakami, Yufuin-cho, Yufu-shi, Prefektur Oita

Google Peta

Akses14 menit berjalan kaki dari Stasiun Yufuin

 2. Toko Donguri no Mori Studio Ghibli (Yufuin Floral Village, Prefektur Oita) 

Wisata Ghibli
Setelah bisa menemukan Kiki’s Bakery di sini, apakah ada juga toko Studio Ghibli di area tersebut? Jawabannya iya! Untungnya, salah satu toko Studio Ghibli berlokasi di Desa Yufuin Floral!
Toko Studio Ghibli Desa Bunga Yufuin – Donguri no Mori – adalah rumah kayu kecil yang dikelilingi tanaman hijau tempat di mana kamu dapat menemukan barang-barang dan memorabilia Studio Ghibli. Setelah mengisi perut sampai kenyang dengan kue-kue dan roti lezat dari Kiki’s Bakery, kamu dapat meluangkan waktu menjelajahi desa yang menawan ini dengan suasana bertema Ghibli yang menjual beberapa suvenir Studio Ghibli!

Baca Juga: 20 Wisata Ghibli di Jepang- Ghibli Lovers Wajib Kesini!

Berkat desa ajaib ini, percayalah kamu akan merasa seperti berada di film Ghibli favoritmu!
NamaDonguri no Mori
Jam buka10:00 – 17:00
Hari LiburBuka sepanjang tahun
Alamat3019-1 Kawakami, Yufuin-cho, Yufu-shi, Prefektur Oita

Google Peta

 3. My Neighbor Totoro 

Hutan Totoro (Itoshima, Prefektur Fukuoka)

Lokasi Nyata Film Ghibli

Lokasi nyata film Ghibli berada di hutan Totoro yang sebenarnya dapat ditemukan di kawasan Itoshima Fukuoka, tempat peristirahatan tropis dengan tepi pantai yang menawan, alam yang masih asli, dan beberapa kafe yang instagramable! Hutan Totoro terletak di dalam Taman Keya no Oto dan menjadi inspirasi alam hijau subur yang menjadi tema umum dalam My Neighbor Totoro karya Studio Ghibli.

Hutannya sangat mirip dengan yang ada di film sehingga kamu mungkin mengira akan bertemu Totoro saat berjalan di tengah vegetasi yang lebat. Saat kamu menjelajahi terowongan yang terbuat dari cabang-cabang rumit dan jalur misterius yang ditutupi dedaunan, kamu pasti akan merasa seperti Mei yang mengejar dengan penuh semangat di hutan Ghibli!

BACA JUGA: Review Film Ghibli My Neighbor Totoro-Makhluk Ajaib Sahabat Manusia

NamaHutan Totoro Itoshima
AlamatShimakeya, Kota Itoshima, Prefektur Fukuoka

Google Peta

AksesNaik bus 30 menit dari Stasiun Chikuzen Maebaru

 4. Lokasi Halte Cat Bus My Neighbor Totoro 

 Halte Bus Takaharu Tonari no Totoro (Prefektur Miyazaki) 

Pernahkah kamu ingin bertemu Totoro Studio Ghibli di kehidupan nyata? Di Halte Bus Takaharu Tonari no Totoro, kamu dapat menunggu bus bersama dengan semangat manis hutan Studio Ghibli!

Menunggu di pedesaan Prefektur Miyazaki yang indah, Totoro ini dibuat oleh sepasang kakek-nenek setempat yang ingin menciptakan sesuatu yang menyenangkan untuk cucu-cucu mereka, namun kini menjadi populer di internet. Setiap tahun, tak terhitung banyaknya wisatawan yang mengunjungi Totoro Takaharu untuk mengambil foto kenang-kenangan sambil memegang payung, sehingga mereka dapat menciptakan kembali adegan terkenal di My Neighbor Totoro.

My Neighbor Totoro

Jika kamu lupa membawa payung, jangan khawatir! Mereka mulai menyewa payung merah, serta menjual biji pohon ek Totoro “omikuji” (keberuntungan yang ditulis di selembar kertas), dan kartu pos seharga 100 yen.

NamaHalte Bus Takaharu Tonari no Totoro
Alamat7538-6 Kammuta, Takahara-cho, Nishimoro-gun, Prefektur Miyazaki

Google Peta

Akses50 menit dengan mobil dari Stasiun Miyazaki

 Halte Bus Hita Tataragi (Prefektur Oita) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Halte bus ini didedikasikan untuk pelajar lokal, sayang sekali pengunjung tidak bisa naik bus! Tapi Halte Bus Tataragi Hita lucu banget, bikin kamu pengen nunggu Cat Bus Studio Ghibli!

Halte Bus Tataragi direnovasi dengan bantuan Cat Bus Ghibli dan Totoro dalam upaya merevitalisasi pariwisata lokal dan membuat orang dewasa dan anak-anak tersenyum ketika berkunjung. Karya seni Cat Bus raksasa mengingatkan pada seni lumut tradisional Jepang, yang menurutnya lumut merupakan elemen keindahan dan kesederhanaan, dan telah dihargai sejak zaman kuno atas kontribusinya terhadap landscape Jepang yang berkesan dengan suasan taman yang tenang.

NamaHalte Bus Tataragi
AlamatGoda, Amase-cho, Hita-shi, Prefektur Oita

Google Peta

Akses18 menit dengan mobil dari Stasiun Hita

 Halte Bus Saiki Totoro (Prefektur Oita) 

Karena halte bus ini terletak di Distrik Totoro Kota Saiki, nama resminya adalah Halte Bus Totoro. Berkat namanya yang unik, halte bus kecil ini menjadi terkenal setelah dirilisnya My Neighbor Totoro karya Studio Ghibli. Setelah film tersebut menjadi populer, penduduk setempat mulai mendekorasi halte bus dengan ilustrasi bertema Totoro dan papan tanda dengan adegan-adegan dari film tersebut, seperti gambar Satsuki dan Mei yang sedang menunggu Cat Bus.

Lokasi Nyata Film Ghibli

Pemandangan alam di sekitarnya juga mengingatkan pada film Studio Ghibli, sehingga dunia Totoro mulai berkembang melampaui halte bus hingga ke taman kecil terdekat yang kini dijuluki Totoro no Mori (Hutan Totoro). Di sana, pengunjung dapat melihat papan nama Cat Bus yang indah serta sejumlah Mini Totoro yang berjejer di pohon ek.

Baca Juga: Hayao Miyazaki dukung Kota Tokorozawa Lestarikan Hutan dalam My Neighbor Totoro

NamaSaiki Totoro Bus Stop
AlamatTodoroki Minamitawara, Ume Oaza, Kota Saiki, Prefektur Oita

Google Peta

Akses48 menit dengan mobil dari Stasiun Saiki

 Halte Bus Hiramamachi Totoro (Prefektur Nagasaki) 

Prefektur Nagasaki memiliki Halte Bus Studio Ghibli Totoro sendiri! Tempat indah yang terlihat seperti salah satu adegan paling terkenal di My Neighbor Totoro ini terletak di Hiramamachi yang dikelilingi oleh sawah yang tenang.

Totoro, Cat Bus, bersama Satsuki dan Mei dengan payung merah ikonik mereka, semuanya dibuat dengan penuh kasih oleh penduduk setempat yang menciptakan rekreasi ini untuk cucunya tetapi kemudian memutuskan untuk membagikannya kepada dunia. Ini adalah tempat sempurna untuk mengambil foto terbaik bersama semua karakter dari My Neighbor Totoro!

NamaHalte Bus Hiramamachi Totoro
Alamat1841 Hiramacho, Kota Nagasaki, Prefektur Nagasaki

Google Peta

Akses34 menit berjalan kaki dari Stasiun Hizen-Koga

 Halte Bus Amami Oshima Totoro (Prefektur Kagoshima) 

Surga tropis Jepang, Amami Oshima, juga menawarkan Halte Bus Totoro yang lucu yang berarti pulau terpencil ini adalah tempat yang bagus untuk menyegarkan diri di alam terbuka dan melakukan petualangan laut yang menakjubkan serta eksplorasi bertema Ghibli.

Lokasi Nyata Film Ghibli

Lokasi nyata film Ghibli Halte Bus Totoro ini terletak di Kota Setouchi tepat di samping Pemadam Kebakaran Kota Setouchi dan dibangun oleh petugas pemadam kebakaran menggunakan kayu bekas dan keterampilan artistik rahasia mereka. Tidak ada penggemar Ghibli yang bisa menolak godaan untuk mengambil foto di sini!

NamaHalte Bus Amami Oshima Totoro
Alamat1283-175 Koniya, Setouchi-machi, Oshima-gun, Prefektur Kagoshima

Google Peta

Akses1 jam 40 menit dengan mobil dari Bandara Amami

 5. Princess Mononoke 

Yakushima (Prefektur Kagoshima)

Lokasi Nyata Film Ghibli

Hutan cedar yang tumbuh di pulau terpencil Yakushima adalah salah satu inspirasi terbesar pemandangan alam dunia lain Princess Mononoke. Rumah bagi beberapa pohon tertua di dunia (yang paling kuno mungkin berusia lebih dari 7.000 tahun), lokasi sebenarnya dari Princess Mononoke Studio Ghibli mewujudkan misteri dan hutan belantara yang disaksikan dalam film, berfungsi sebagai tempat yang sempurna.

Baca Juga: Shiratani Unsuikyo: Hutan Princess Mononoke Lahir, Tawarkan Pemandangan yang Menakjubkan

Latar belakang cerita rakyat Jepang yang memukau yang digambarkan oleh karya seni Hayao Miyazaki. Secara khusus, lingkungan mistis Jurang Shiratani Unsuikyo yang dilapisi lumut hijau tua begitu ajaib sehingga pengunjung mungkin merasa seperti mereka akan bertemu dengan roh dan makhluk yang sama yang pernah mereka lihat sebelumnya di Princess Mononoke.

Princess mononoke

NamaNgarai Yakushima Shiratani Unsuikyo
Harga500 yen
AlamatMiyanoura, Yakushima-cho, Kumage-gun, Prefektur Kagoshima

Google Peta

Akses30 menit perjalanan dengan mobil dari Pelabuhan Miyanoura

 Hutan Sasaguri Universitas Kyushu (Prefektur Fukuoka) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Terletak di sisi barat Universitas Kyushu, Hutan Sasaguri adalah representasi hutan nyata lainnya yang dapat kita kagumi di Princess Mononoke karya Studio Ghibli. Mungkin kamu ingat bahwa beberapa adegan film yang paling menakjubkan berlatar di hutan semi-terendam – Hutan Tepi Air di Hutan Sasaguri yang dipenuhi pohon cemara gundul yang menginspirasi pemandangan tersebut.

Karena jenis pohon ini dapat tumbuh terendam di rawa, maka pohon ini memantulkan warna hijau pada air di sekitarnya, sehingga tempat ini tetap mempertahankan aura magis yang sesuai dengan tema Princess Mononoke seperti roh dan cerita rakyat Jepang. Hutan seluas 17 hektar ini dapat dikunjungi melalui beberapa jalur pendakian, namun yang paling populer adalah Jalur Sasaguri Kyudai No Mori sepanjang 2 kilometer yang berfokus pada atraksi utama hutan.

BACA JUGA: Review Film Ghibli Princess Mononoke [1997] – Kutukan Dewa Iblis

NamaHutan Sasaguri Universitas Kyushu
Jam bukaApril hingga September 6:00 – 17:00

Oktober hingga Maret 07:00 – 17:00

Hari LiburBuka sepanjang tahun
Alamat1009 Wada, Sasaguri-cho, Kasuya-gun, Prefektur Fukuoka

Google Peta

Akses25 menit berjalan kaki dari Stasiun Kadomatsu

 Pohon Berusia 3.000 Tahun Kuil Takeo (Prefektur Saga) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Awalnya dibangun pada tahun 735 di kaki Gunung Mifuneyama, Kuil Takeo adalah tempat yang dimaksudkan untuk berdoa bagi perdamaian wilayah tersebut. Kuil ini menampung Pohon Kamper Besar Takeo, pohon suci berusia 3.000 tahun yang diyakini sebagai tempat tinggal para dewa.

Pohon setinggi 27 meter itu menyembunyikan rongga di dalam batangnya yang memiliki keliling 20 meter persegi. Ukurannya yang mengesankan, akar-akar raksasa yang menyebar di tanah berlumut, dan hutan bambu di latar belakang, semuanya menambah kesan khidmatnya. Dengan pemandangan menakjubkan tersebut, kamu pasti akan merasa seperti salah satu karakter Princess Mononoke Studio Ghibli!

Princess Mononoke

NamaKuil Takeo
Jam buka09.00 – 17.00
Alamat5327 Takeo, Takeo-cho, Kota Takeo, Prefektur Saga

Google Peta

Akses20 menit berjalan kaki dari Stasiun Takeo Onsen

 Kuil Kamishikimi Kumanoimasu (Prefektur Kumamoto) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Kuil Kamishikimi Kumanoimasu mewujudkan semua getaran mistis Princess Mononoke Studio Ghibli berkat lokasinya yang mencolok: hutan rimbun dengan pohon cedar yang mengesankan. Jalan menuju kuil ditandai dengan tangga kuno yang dihiasi lentera batu dan gerbang torii yang dilapisi lumut.

Baca Juga: Shiratani Unsuikyo: Hutan Princess Mononoke Lahir, Tawarkan Pemandangan yang Menakjubkan

Lokasi ini telah dihormati selama ribuan tahun berkat fitur alamnya yang unik sehingga membuat penduduk setempat mengidentifikasinya sebagai pusat kekuasaan. Pengunjung pasti akan merasakan suasana dunia lain yang sama seperti yang digambarkan Studio Ghibli dalam film terkenalnya, Princess Mononoke.

NamaKuil Kamishikimi
Alamat2619 Kamishikimi, Takamori-cho, Aso-gun, Prefektur Kumamoto

Google Peta

Akses70 menit dengan mobil dari Stasiun Kumamoto

 6. Spirited Away 

Spirited Away’s Railway (Jalan Dasar Laut Nagabeta, Prefektur Kumamoto)

Lokasi Nyata Film Ghibli

Prefektur Kumamoto juga merupakan rumah bagi salah satu lokasi nyata dari Spirited Away Studio Ghibli. Jalan Dasar Laut Nagabeta adalah jalan bawah air yang menampilkan tiang listrik aneh yang muncul dari air – langsung mengingatkan kamu pada jalur kereta api yang muncul di Spirited Away saat Chihiro dan No Face menaiki kereta yang melaju di permukaan laut. Berkat efek magis air pasang, lokasi Studio Ghibli ini terlihat saat air surut dan menghilang saat air pasang.

Baca Juga: Jalur kereta Spirited Away in Real Life telah Ditemukan di Jepang?

Spirited Away

Waktu terbaik untuk mengunjungi Jalan Dasar Laut Nagabeta adalah saat matahari terbenam, saat airnya diwarnai dengan sunset yang terasa hangat, yang secara sempurna menciptakan kembali salah satu pemandangan paling ikonik di Spirited Away.

BACA JUGA: [REVIEW FILM GHIBLI] Spirited Away: Kisah Petualangan Gadis Cilik Di Dunia Roh

NamaNagabeta Seabed Road
Alamat3125-1 Sumiyoshicho, Kota Uto, Prefektur Kumamoto

Google Peta

Akses20 menit berjalan kaki dari Stasiun Sumiyoshi

 7. Castle in The Sky (Prefektur Kumamoto) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Jalan berkelok-kelok di Prefektur Kumamoto ini konon merupakan lokasi nyata dari jalan yang mengarah ke kastil terapung Laputa Castle in the Sky karya Studio Ghibli. Secara resmi dikenal sebagai Jalan 339 atau Jalan Susu (karena banyaknya sapi yang dapat dilihat di area tersebut), jalan indah di Kyushu ini mendapat julukan sebagai Jalan Laputa karena kemiripannya dengan pemandangan ikonik Ghibli.

Baca Juga: Sebelum Mengunjungi Pulau Laputa Jepang, Ketahuilah Satu Hal Penting ini!

Jalan Laputa terletak di sisi gunung dengan panorama padang rumput subur yang membentang ke segala arah. Hal ini terutama mengingatkan pada Laputa Castle in the Sky karya Studio Ghibli ketika awan menutupi dataran di dekatnya dan tampak seperti jalan melayang di langit.

BACA JUGA: Review Film Ghibli Laputa Castle in the Sky-Pulau Melayang

Castle in the Sky

NamaLaputa Road
AlamatKario, Kota Aso, Prefektur Kumamoto

Google Peta

Akses1 jam dengan mobil dari Kota Kumamoto

 8. Robot Nobeoka Laputan (Prefektur Miyazaki) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Tepi Sungai Kitagawa di Kota Nobeoka sekarang menjadi tempat tinggal robot kuno yang pernah tinggal di kastil terapung Laputa. Dikelilingi oleh alam yang subur di wilayah tersebut, robot ikonik Studio Ghibli menunggu dengan damai bersama salah satu tupai rubah lucu Laputa, roh kodama misterius Princess Mononoke, dan No Face yang unik dari Spirited Away.

Baca Juga: Ungkap 8 Rahasia ‘Spirited Away’ dari Studio Ghibli

Menjadi surga bagi hewan dan tumbuhan langka serta diberkati dengan cuaca hangat, pemandangan alam Nobeoka sangat cocok dengan suasana magis yang dinikmati para penggemar saat menonton Laputa Castle in the Sky karya Studio Ghibli. Robot Laputan dibangun di sini untuk mengawasi anak-anak yang tinggal di kawasan tersebut, dengan harapan kedepannya akan lebih banyak lagi anak-anak yang dapat menghabiskan hari menyenangkan dengan bermain di lingkungan hijau!

Baca Juga: Bus Spirited Away Berkeliling Kota Jepang: Merayakan Pameran Produser Studio Ghibli

laputa castle in the sky

NamaNobeoka Laputan Robot
AddressNama Kawauchi, Kitagawa-cho, Kota Nobeoka, Prefektur Miyazaki

Google Peta

Akses30 menit dengan mobil dari Kota Nobeoka

 9. Reruntuhan Laputa (Reruntuhan Meriam Himegaiyama, Prefektur Nagasaki) 

Lokasi Nyata Film Ghibli

Terletak di Pulau Tsushima, Reruntuhan Meriam Himegaiyama dikatakan menjadi inspirasi lain untuk Laputa Castle in the Sky karya Studio Ghibli. Di lokasi kastil terapung yang sebenarnya, pengunjung akan menemukan bangunan bata terbengkalai yang ditelan oleh alam dan reruntuhan yang terselimuti tumbuh-tumbuhan.

Awalnya digunakan untuk tujuan militer, pulau ini memiliki 30 benteng militer yang dibangun dari tahun 1887 hingga 1945 yang kini menciptakan ruang menarik dengan suasana retro. Pulau Tsushima yang terpencil juga merupakan surga bagi para pejalan kaki berkat hutan kuno dan pegunungan dengan pemandangan panorama, serta tambang emas bagi para pecinta pantai yang dapat menikmati segudang pemandangan laut yang menakjubkan.

Laputa Castle in the Sky

NamaHimegaiyama Cannon Ruins
AlamatOgata, Mitsushima-cho, Kota Tsushima, Prefektur Nagasaki

Google Peta

Akses34 menit dengan mobil dari Pelabuhan Izuhara

Itu dia lokasi nyata film Ghibli yang menginspirasi Hayao Miyazaki menciptakan dunia yang sangat menakjubkan. Ghibli Lovers atau bukan pasti akan terkesima dengan keindahan lokasi yang menjadi inspirasi karya seni Miyazaki. Dari reruntuhan bersejarah, hingga hutan mistis dan kuil kuno, kamu tidak hanya dapat menikmati waktu dikelilingi oleh karakter dan pemandangan Ghibli favoritmu saja, namun lokasi nyata dari film Studio Ghibli ini dapat menjadi rencana perjalanan yang menarik ketika mengunjungi Jepang!

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: tsunagujapan

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan