5 Anime Basket yang Terinspirasi Oleh Slam Dunk!

titip jepang - anime basket

Anime Slam Dunk yang awalnya diterbitkan sebagai komik pada tahun 1990 hingga 1996 ini mampu menginspirasi beberapa anime dengan genre yang sama di Negeri Sakura. Mangaka di balik komik populer tersebut, Takehiko Inoue juga berhasil membuat versi serial anime Slam Dunk pada tahun yang sama melalui stasiun TV Asahi di Jepang.

Anime Slam Dunk ini berkisah tentang klub basket dari SMA Shohoku yang terdiri dari Sakuragi, Akagi, Rukawa, Mitsui, dan Miyagi. Kelimanya memiliki kisah masing-masing dan alasan tersendiri untuk bergabung dalam klub basket. Mereka berjuang bersama dan berlatih dengan giat untuk memenangkan pertandingan.

Kepopulerannya tak cukup berhenti saat itu, belakangan Takehiko juga menulis dan menyutradarai The First Slam Dunk. Film anime tersebut telah tayang perdana di Jepang pada tanggal 3 Desember 2022. Sedangkan di bioskop Indonesia, The First Slam Dunk mulai ditayangkan pada tanggal 22 Februari 2023.

Anime yang kuat dengan nilai perjuangan, pertemanan dan kerja keras ini mampu menghipotis pecinta anime basket dan bahkan menginspirasi lahirnya anime lainnya. Berikut adalah 5 anime basket yang terinspirasi oleh Slam Dunk!

BACA JUGA: Review The First Slam Dunk: Berasa Nonton Basket Beneran!

1. Real 

titip jepang - anime basket

Digarap oleh mangaka yang sama, Takehiko Inooue juga menciptakan manga “Real”. Meskipun mengangkan kisah tentang pebasket juga, manga “Real” dikemas lebih humanis dan mampu membawa cerita dengan sudut pandang yang berbeda. Manga anime “Real” berkisah tentang tiga karakter yang memiliki keterbatasan fisik atau difabel karena kisahnya masing-masing.

Terdapat karakter Nomiya Tomomi seorang anak yang putus sekolah dari SMA karena drop out mencari cara untuk mengatasi trauma yang menyebabkan kakinya lumpuh. Yakahashi Hisanobu yang memiliki keterbatasan fisik yang sama karena tertabrak truk, serta Togawa Kiyoharu mantan atlet lari yang kakinya harus diamputasi karena penyakit. Ketiganya berjuang hingga menemukan harapan baru melalui olah raga basket kursi roda.

2. Dear Boys

titip jepang - anime basket

Dear Boys sendiri awalnya adalah manga olahraga basket garapan Hiroki Yagami. Dear Boys atau dikenal juga dengan anime Hoop Days ini diterbitkan oleh Kodansha pada majalah komik bulanan Monthly Shonen Gangan. Sedangkan versi animenya telah dirilis sebagai serial TV di Jepang pada tahun 2003.

Tak jauh berbeda, anime ini tentu juga berkisah tentang olahraga basket dengan latar dan karakter seorang pelajar SMA. Alur mula anime ini bercerita tentang tim basket putra di SMA Mizuho yang kekurangan pemain karena sebuah masalah, hingga harapan muncul ketika seorang siswa pindahan dari SMA Tendoji bernama Kazuhiko Aikawa muncul. Sosoknya sangat antusias dan cinta pada olahraga basket membuat karakter lain bersemangat untuk terus berlatih di lapangan. Selain sarat akan nilai kerja keras, anime ini juga menggambarkan tentang pertemanan.

3. I’ll/CKBC

titip jepang - anime basket

I’ll atau CKBC (Crazy Kouzu Basketball Club) adalah manga garapan Hiroyuki Asada yang terbit Antara tahun1995-2004. Berkisah tentang pebasket namun tidak hanya terfokus pada perjuangan di lapangan saja, anime ini juga menunjukkan konflik atau drama antar karakternya,

Dimulai dari karakter Akane Tachibana, seorang pelajar kelas satu di SMA Kouzu yang mempunyai bakat menonjol dalam dunia olahraga basket. Ia meninggalkan klum olahraga karena tekanan anggota lain sebelumnya. Namun akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam tim SMA Kouzu setelah bertemu dengan Hitonari Hiiragi, pemain basket yang selalu membuatnya terkesan dengan permainan hebatnya di lapangan.

BACA JUGA: 5 Komik Jepang Olahraga Terbit di Indonesia


4. Harlem Beat

titip jepang - anime basket

Masih dengan genre yang sama, Shonen atau olahraga, Harlem Beat mengisahkan tentang Toru Naruse yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja dalam olahraga. Namun sosoknya menjadi terpacu dan memiliki ambisi dalam bidang olahraga basket setelah memasuki SMA Johnan. Ia bertemu dengan Syu, legenda basket sekaligus pemimpin Three Men yang populer.

Setelah berhasil berlatih dengan keras, Naruse membentuk tim basket sendiri bernama Scratch dengan kawan kecilnya Mizuki dan seorang gangster dari Shibuya bernama Kosuke. Manga  basket garapan Yuriko Nishiyama ini mampu membawa penikmatnya untuk memasuki kisah Naruse dan perjuangan timnya untuk membawa SMA Johnan pada kejayaan olahraga basket.

5. Cross Over

titip jepang - anime basket

Dengan genre olahraga dan mengangkat bidang basket, Kouji Seo mengangkat kisah Ogata Natsuki pemain terbaik di tim basket SMP Kakuchi. Meskipun demikian, sosoknya tak banyak bicara terlebih setelah gagal melewati putaran ke-3 Turnamen Prefektur dari tahun pertama hingga tahun terakhirnya di SMP. Namun memasuki masa SMA, teman-temannya mecoba meyakinkan Natsuki untuk bergabung dengan akademi basket Fujiwara.

Konflik yang yang digambarkan oleh Kouji Seo tak sekedar perjuangan menang kalah dalam basket saja, karakter Natsuki juga digambarkan sebagai sosok yang kecil dan dipandang rendah oleh orang di sekitarnya. Konflik menjadi lebih menarik ketika ia bertemu gadis bernama Tachibana Mitsuki dari SMA St. Mariannu yang merupakan rival dari Akademi basket Fujiwara.

Anime bergenre Shonen atau olahraga selalu memiliki daya Tarik tersendiri di kalangan penggemarnya. Apakah Titipers salah satu pecinta anime basket? Jangan ketinggalan, ikuti juga alur cerita dari serial yang terinspirasi dari anime Slam Dunk di atas ya!

Jangan lupa, ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: myanimelist.net

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

 

Tinggalkan Balasan