Sepatu Asics Gel : Bagaimana Cara Memilihnya Untuk Olahraga Lari

Sepatu Asics Gel

Sepatu Asics Gel – Ada beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan saat memilih sepatu ASICS untuk lari, seperti teknologi, kegunaan, dan ukuran. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini sebelum membeli sepatu ASICS running terbaru favorit Anda!

Pilih berdasarkan teknologi yang anda butuhkan

Sepatu ASICS memiliki beberapa teknologi unggulan yang menjadi ciri khasnya. Teknologi-teknologi ini bertujuan agar pengguna sepatu ASICS merasa lebih nyaman, terhindar dari cedera, dan memaksimalkan performa lari. Simak beberapa teknologi unggulan ASICS berikut ini, kemudian tentukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Teknologi GEL, membuat Anda nyaman berlari dalam waktu lama

Salah satu yang berperan dalam kenyamanan sepatu lari ASICS adalah teknologi GEL. Gel yang berada di bagian heel dan kaki bagian depan ini berfungsi untuk meredam tekanan yang ada pada kaki. Selain meredam tekanan di kaki, gel ini juga memberikan daya tolakan terhadap kaki.

Karena posisinya di heel dan kaki depan, teknologi ini juga dapat menjaga stabilitas kaki saat bermanuver atau mengerem. Secara keseluruhan, teknologi ini membuat performa lari lebih maksimal dan memungkinkan Anda berlari jarak jauh dengan nyaman. Selain teknologi GEL, ASICS juga memiliki beberapa teknologi sejenis lainnya, yakni X-GEL dan CONVERGENCE GEL.

GUIDANCE TRUSSTIC, membuat lari tetap stabil di berbagai permukaan

Saat berlari, Anda mungkin akan melewati berbagai jenis medan, mulai dari tanah merah, aspal, hingga tangga berbatu. Untuk itu, ada teknologi GUIDANCE TRUSSTIC berupa dua lapisan karbon yang membuat sepatu lebih stabil di berbagai permukaan.

Teknologi GUIDANCE TRUSSTIC menjadikan bentuk sol sepatu lebih fleksibel dalam menyesuaikan dengan permukaan telapak kaki. Sol sepatu bisa menjadi lentur atau kaku tergantung pada pergerakan kaki. Hal ini akan mengurangi local pressure terhadap kaki dan membuatnya tidak mudah lelah.

Baca Juga : 7 Sepatu FILA Edisi Spesial Dragon Ball Super

FLYTEFOAM LYTE, sol sepatu lebih ringan dan responsif

Teknologi FLYTEFOAM LYTE dari ASICS membuat sepatu Anda jauh lebih ringan dan responsif saat berlari. Bahan nanofiber di dalam solnya membantu sepatu Anda lebih responsif saat berlari sehingga nyaman untuk lari jarak jauh. Sepatu ASICS yang menggunakan teknologi FLYTEFOAM LYTE memiliki bobot 55% lebih ringan berbading dengan sepatu lainnya.

Meski kecepatan dan bobot yang ringan lebih diutamakan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kekuatan dan daya tahannya. Untuk Anda yang menyukai lari maraton, sepatu dengan teknologi ini layak dipertimbangkan. Selain teknologi ini, ASICS juga memiliki beberapa teknologi lain untuk meningkatkan kecepatan lari, yakni teknologi FLYTEFOAM PROPEL.

LITE SHOW, memungkinkan sepatu lari Anda berpendar dalam gelap

Olahraga lari tidak hanya dilakukan pada pagi atau sore hari, tetapi juga beberapa perlombaan membuatnya pada malam hari. Untuk keamanan para pelari, ASICS menciptakan teknologi LITE SHOW yang memungkinkan sepatu Anda berpendar dalam gelap.

Sepatu berteknologi LITE SHOW ini sudah tersedia di beberapa seri terbaru, seperti GEL-KAYANO 27 dan GEL-NIMBUS 23 Knit. Dengan sepatu ini, Anda bisa lebih leluasa mengejar target kilometer lari Anda. Mau siang atau malam, Anda tetap bisa melakukan olahraga lari dengan aman!

Baca Juga : Sepatu Kolaborasi Violet Evergarden dan Mayla Classic

Sesuaikan dengan aktivitas lari yang ingin dilakukan

Sepatu lari didesain khusus sesuai dengan kegunaannya, misalnya untuk maraton, jarak dekat, atau latihan sehari-hari. Jenis sepatu yang tepat akan berbeda-beda, bergantung pada keunggulan utama, bahan yang digunakan, serta daya tahan.

Untuk pemula, pilih sepatu yang nyaman di kaki

Untuk Anda yang baru ingin menggeluti olahraga lari, utamakanlah kenyamanan saat memilih sepatu. Hal ini karena otot dan telapak kaki Anda baru mulai menyesuaikan dengan porsi latihan. Selain itu, pilihlah sepatu yang tahan lama karena porsi latihan pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Salah satu sepatu ASICS yang nyaman pemakaian nya untuk pemula adalah ASICS NOVABLAST. Sepatu ini menggunakan perpaduan teknologi FLYTEFOAM dan GEL. Dengan sepatu ini, kaki Anda jadi tidak mudah lelah dan beban yang diterima juga lebih ringan.

Untuk latihan sehari-hari, gunakan sepatu yang tahan lama

Sepatu untuk sehari-hari haruslah seimbang antara kenyamanan, proteksi, bobot, serta daya tahannya. Salah satu sepatu ASICS yang penggunaannya marak untuk lari sehari-hari adalah ASICS GEL-QUANTUM 360 6. Teknologi yang dimilikinya membuat sepatu ini responsif, empuk dan awet digunakan.

Untuk lari jarak pendek, gunakan sepatu yang ringan

Lari cepat 100 meter dan 200 meter adalah kategori lari yang sering dilombakan. Nah, agar performa lari jarak pendek lebih maksimal, gunakanlah sepatu ASICS dengan bobot ringan dan kestabilan yang tinggi. Sepatu yang cocok dengan kriteria tersebut antara lain ASICS DYNABLAST dengan bobot sekitar 200 gram per sepatu.

Untuk lari jarak jauh atau maraton, gunakan sepatu yang bisa menghemat energi

Untuk maraton, pilih sepatu yang nyaman untuk pemakaian dalam waktu lama karena Anda akan berlari sekitar 2–5 jam. Pastikan bahannya empuk dan stabil saat anda gunakan agar menghemat energi serta, terhindar dari cedera. Meski pelari profesional cenderung memilih sepatu berbobot ringan, sebaiknya perhatikan juga faktor kenyamanannya, seperti pada ASICS GLIDERIDE 2 EARTH PACK.

Untuk trail running, gunakan Sepatu Asics Gel khusus dengan outsole bergerigi

Bagi yang ingin melakukan trail running, Anda memerlukan sepatu dengan outsole yang kuat. ASICS memiliki beberapa seri terbaik untuk trail running, salah satunya ASICS GEL-SONOMA 6. Sepatu ini memiliki outsole bergerigi yang bisa mencengkeram kuat permukaan akar pohon ataupun bebatuan.

Tinggalkan Balasan