Pertama Kali ke Jepang? Pelajari Jenis Tiket Kereta di Jepang

Titip Jepang- Tiket Kereta di Jepang

Beberapa perusahaan kereta api memiliki aturan dan tarif yang berbeda. Jenis tiket kereta di Jepang yang pertama adalah kereta JR reguler. Berikut ini macam-macam tarif dan biaya yang termasuk dalam tiket kereta api JR reguler:

BACA JUGA: [KELANA JEPANG] Hamparan Bunga Sakura Bermekaran di Musim Semi, Adakah Destinasi Wisata Sejenis di Jepang?

Tiket Dasar (jōsha ryōkin)

Untuk tiket tarif dasar ini berlaku untuk perjalanan dari rute A ke B, tarif dasar ini tergantung pada jarak tempuh antara stasiun keberangkatan dan tujuan Titipers. Untuk jarak dekat biaya per kilometer kisaran harga 20 yen, sedangkan untuk perjalanan yang lebih jauh tarif per kilometer hanya 10 yen saja.

Biaya limited express (tokkyū ryōkin)

Biaya limited ekspres yang dimaksud di sini adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan selain tarif dasar, jika Titipers menggunakan shinkansen (kereta peluru) atau tokkyu (kereta ekspres terbatas). Untuk biaya ekspres ini terbatas karena tergantung pada jarak yang ditempuh dari kereta. Biaya ekspres terbatas untuk shinkansen berkisar dari sekitar 800 yen untuk jarak dekat hingga sekitar 11.000 yen untuk jarak jauh. Jika Titipers ingin merasakan kereta tokkyu, tiap tiket dijual berkisar dari sekitar 500 hingga sekitar 4.000 yen.

Green car (gurīn ryōkin)

Titip Jepang- Tiket Kereta di Jepang

Di Jepang menawarkan transportasi mobil yang dikenal dengan sebutan gurin ryokin atau mobil ramah lingkungan. Jika Titipers menggunakan green car, yaitu kursi first class, kalian harus membayar tambahan biaya berkisar antara 500 yen untuk jarak dekat dan 8.000 yen untuk jarak jauh.

Biaya reservasi (shiteiseki ryōkin)

Seat reservasi di sini adalah biaya tambahan yang harus dibayar, jika Titipers menggunakan kursi yang dipesan daripada kursi yang tidak dipesan. Di beberapa bagian Jepang, biaya reservasi kursi bergantung pada musim. Biasanya dihargai 530 yen selama musim reguler dan bisa sedikit lebih murah atau lebih mahal sesuai dengan kondisi saat itu. Untuk mendapatkan seat reservation ini harus dilakukan satu bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Kereta malam (shindai ryōkin)

Shindai Ryokin ini adalah biaya tambahan yang harus dibayar, jika Titipers ingin berlabuh di kereta ini ada beberapa kategori tempat yang kompartemen, mulai dari harga sekitar 6.600 hingga sekitar 14.000 yen.

Tiket stasiun (nyūjōken)

Jika Titipers ingin melewati gerbang tiket stasiun tanpa naik kereta, misalnya untuk menunggu seseorang di peron atau untuk sampai ke sisi lain kompleks stasiun besar, Titipers harus membeli tiket jenis ini. Sesuai berada di wilayah Jepang bagian mana, kisaran harganya antara 130 dan 200 yen, yang pada dasarnya merupakan harga tiket kereta api termurah yang tersedia.

Durasi validitas tiket base fare tergantung pada jarak perjalanan yang ditempuh. Untuk tiket di jarak 100 kilometer berlaku selama satu hari saja. Sedangkan untuk tiket dari 100 hingga 200 kilometer berlaku selama dua hari berturut-turut. Setelah itu, durasi validitas akan bertambah satu hari setiap ada tambahan 200 kilometer perjalanan.

Perhatikan juga, pemberhentian di stasiun melewati gerbang atau tidak, antara stasiun keberangkatan dan tujuan Titipers tidak  memungkinkan ditempuh dengan jarak 100 kilometer atau kurang. Tetapi kemungkinan tiket dengan jarak tempuh lebih dari 100 km tidak diperbolehkan backtracking.

Adanya dikenakan biaya tambahan apabila menggunakan kereta limited ekspres dan green car fee untuk satu perjalanan. Jika Titipers singgah, maka harus membayar biaya tambahan secara terpisah untuk setiap bagian yang dilewati.

Tarif tiket 

Dewasa (12 tahun ke atas)
Orang dewasa membayar tarif penuh.

Anak (6-11 tahun)
Anak (kodomo) membayar setengah harga base fare, (limited) express fee dan seat reservation. Namun, tidak ada diskon anak yang berlaku untuk green car fee.

Anak kecil (1-5 tahun)
Hingga dua anak kecil (yoji) per orang dewasa atau anak yang menemani bepergian secara gratis, sedangkan tarif anak berlaku untuk setiap anak kecil tambahan. Tarif anak juga berlaku untuk anak kecil yang menempati kursi di bagian kursi yang dipesan.

Bayi (0 tahun)
Bayi (nyuji) diperbolehkan bepergian dengan gratis, kecuali mereka menempati kursi di bagian kursi yang dipesan, dalam hal ini berlaku tarif anak.

Jangan lupa ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber: japanguide

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan