8 Makanan Jepang Populer di Indonesia

Titip Jepang - makanan Jepang

Konnichiwa, Titipers. Jepang negeri matahari terbit memiliki industri anime yang terkenal di dunia. Berkat industri anime, mereka bisa mempromosikan beragam kebudayaan mereka, salah satunya adalah bidang kuliner. Banyak orang yang penasaran dengan cita rasa makanan Jepang seperti yang muncul di anime, tak terkecuali di Indonesia.

Berkat popularitas anime di Indonesia, membuat banyak makanan asal Jepang yang masuk ke Indonesia. Bahkan, makanan tersebut menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Apa saja makanan Jepang yang populer di Indonesia?

1. Sushi

Sushi merupakan sajian berupa nasi yang disajikan dengan lauk, nasi tersebut dibungkus dengan rumput laut. Berbeda dengan onigiri, sushi mempunyai ukuran relatif lebih kecil. Lauk tersebut kadang dimasukkan ke dalam nasi, biasanya berupa ikan salmon, ikan tuna, gurita, dll. Selain lauk, juga ada aneka ragam sayuran seperti timun. Lauk dan sayur biasanya masih mentah. Untuk memperkuat rasa, sushi ditemani dengan cuka.

2. Ramen

Berkat anime Naruto, ramen menjadi populer di Indonesia. Ramen merupakan makanan berupa mie kuah berisi kaldu daging, umumnya kaldu babi. Setiap daerah di Jepang, memiliki ciri khas tersendiri untuk ramen. Umumnya, ramen memiliki topping yang beraneka ragam seperti daun bawang, daging babi, telur, dan jamur. Di Indonesia sendiri, pemakaian kaldu babi dan daging babi tidak digunakan untuk menyesuaikan budaya sini.

BACA JUGA: JENIS RAMEN BERDASARKAN DAERAHNYA

3. Udon

Udon seperti ramen, merupakan makanan berupa mie. Namun, perbedaan dengan ramen, mie pada udon lebih besar dari ramen. Mie pada udon terbuat dari tepung terigu. Penyajian udon pada umumnya akan ditambah dengan beragam topping seperti telur, sayur, dll. Kaldu yang digunakan udon berasal dari sayur-sayuran.

4. Takoyaki

Takoyaki berasal dari dua kata, tako yang berarti gurita, dan yaki yang berarti memanggang. Secara harfiah, ‘takoyaki’ berarti gurita panggang. Makanan ini merupakan kuliner asli daerah Kansai. Takoyaki berbentuk bola dengan ukuran diameter 3-5 meter, terbuat dari tepung terigu diisi potongan gurita. Namun di Indonesia, isi takoyaki tidak cuma gurita, namun juga kepiting, sosis, keju, dll.

BACA JUGA: Takoyaki…Inarizushi? Fusion Food Terhype di Jepang!

5. Yakiniku

Secara harfiah, ‘yakiniku’ berarti daging panggang. Daging dipanggang di atas api dengan diseka besi-besi. Daging yang dipanggang biasanya daging sapi, daging babi, jeroan, dll. Setelah dipanggang, daging kemudian dicelupkan ke saus yang disebut tare. Lalu, daging kemudian ditaburi wijen. Di Indonesia, makan yakiniku biasanya ditemani oleh nasi.

6. Nasi Kare

Kare atau kari merupakan saus atau kuah dengan warna kecokletan yang menemani makan nasi bagi orang Jepang. Selain nasi, kare juga biasanya digunakan untuk udon atau roti. Bahan yang digunakan untuk Kare Jepang biasanya adalah kentang, wortel, bawang bombai, dan daging. Kare sendiri sebenarnya merupakan variasi dari Kari India yang dibawakan oleh orang Inggris pada zaman Meiji (1868-1912).

BACA JUGA: Sup Kari Hinatazaka46? Kolaborasi Hinatazaka46 dengan Warung Kari di Jepang

7. Katsu

Katsu merupakan makanan berupa potongan daging yang ditaburi tepung kemudian digoreng. Katsu disajikan di atas nasi dan ditemani dengan sayuran dan mayonaise. Potongan daging tersebut biasanya disajikan tanpa tulang. Di Jepang sendiri, makanan ini disebut dengan katsudon, biasanya berupa daging babi. Sementara itu di Indonesia, katsu biasanya menggunakan daging ayam.

8. Onigiri

Makanan ini sering dijumpai di Ind*maret. Onigiri merupakan nasi kepal yang dibungkus rumput laut. Nasi tersebut dipadatkan selagi masih hangat. Bentuknya beraneka ragam, seperti segitiga, bulat, atau seperti karung beras, ada juga yang berinovasi membentuk kotak. Isi di dalam onigiri tersebut, juga beraneka ragam, seperti ayam, tuna, dll.

BACA JUGA: Battle Onigiri Terbaik dari Tiga Swalayan di Jepang

.

Ya, itulah daftar makanan Jepang yang populer di Indonesia. Makanan apa mana nih yang jadi favoritnya Titipers? 

.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

 

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan