Orang Jepang Punya Tradisi Makan KFC di Hari Natal, Ini Alasannya!

Titip Jepang- Makan KFC di Hari Natal

Perayaan Natal di Jepang bukanlah seperti perayaan agama pada umumnya, melainkan lebih identik pada budaya dan tradisi masyarakat Jepang. Walaupun populasi umat Kristiani sedikit, hanya 1% dari jumlah populasi masyarakat Jepang, namun perayaan natal di Jepang tetap meriah. Banyak warga non-Kristiani Jepang yang turut merayakannya sebagai bagian dari tradisi dan budaya mereka.

Sekitar tanggal 25 Desember, keluarga berkumpul di sekitar meja untuk makan seember ayam goreng untuk acara tersebut. Memang tradisi ini tidak dapat dipahami di negara-negara lain yang mayoritas pendudukanya beragama Kristen. Di mana Natal dirayakan secara besar-besaran.

Titip Jepang- Makan KFC di Hari Natal

Memang setiap negara memiliki tradisi perayaan Natal yang berbeda-beda. Seperti di Indonesia pada umumnya dirayakan dengan makan-makanan manis dan minum bersama. Berbeda dengan tradisi orang Jepang yang merayakan dengan makan ayam goreng KFC. Mereka tidak mau memasak ayam sendiri karena beranggapan bahwa itu tidak praktis. Oleh karena itu budaya malam natal di Jepang identik dengan makan di KFC (Kentucky Fried Chicken).

Apa yang menyebabkan kebiasaan ini menjadi tradisi?

 1. Tradisi Sejak 1970 

Memesan ember stik drum dan dada goreng menjadi menu primadona, banyak orang yang rela mengantri berjam-jam di KFC pada Hari Natal. Bermula dari Takeshi Okawara, manajer giat dari KFC pertama di Jepang, yang dibuka di Nagoya pada bulan November 1970.

Diduga dia mendengar seorang ekspatriat mengatakan bahwa mereka melewatkan makan kalkun untuk Natal, dan ayam itu adalah pilihan terbaik berikutnya selama musim perayaan. Okawara mulai memasarkan ’ember pesta’ sebagai cara untuk merayakan liburan akhir tahun bersama keluarga. Sejak itu kegiatan Makan KFC di Hari Natal menjadi tradisi.

 2. Adanya Kampanye lagu ‘My Old Kentucky Home‘ 

Ember pesta ayam goreng mulai dikenal secara nasional pada tahun 1974 dengan slogan Kentucky is Christmas! (Kurisimasu ni wa Kentakki), tujuannya untuk memperkuat hubungan antara ayam goreng dan Natal di benak banyak orang Jepang. Iklan perusahaan saat malam Natal menggambarkan keluarga Jepang akan berkumpul untuk mengelilingi ember ayam goreng dengan menikmati Makan KFC di Hari Natal.

 3. Sebuah alasan untuk ‘Reuni’ 

Hampir setiap tahun penduduk Jepang menantikan tradisi Makan KFC di Hari Natal dengan menu: “tong pesta” KFC yang penuh dengan salad, kue, dan banyak ayam goreng.

Sejak pertengahan 1980-an, patung-patung Kolonel Sanders seukuran manusia berpakaian seperti Santa selama liburan telah menyambut berbondong-bondong penduduk lokal dan turis di seluruh negeri.

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang ya! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber gambar: timeout

Jangan lupa Ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan