Manga Indonesia GENDER x BORDER Raih Penghargaan di Manga Plus Creators

TItip Jepang - Gender X Border Manga Plus Creators Bronze Award

Manga buatan komikus Indonesia, GENDER x BORDER, berhasil menyabet penghargaan Bronze Award di Manga Plus Creators bulan September. Manga buatan komikus dengan nama pena Mzhiro ini menempati peringkat pertama sebagai manga terfavorit di bulan September.

Peraih penghargaan Bronze Award berhak meraih hadiah uang 100.000 yen (Rp. 11,456 juta), serta karyanya akan dipublikasikan di platform Mangaplus.

Pada akhir Agustus lalu, Shueisha meluncurkan platform Manga Plus Creator sebagai wadah untuk kreator-kreator amatir mempublikasikan karyanya. Shueisha juga memberikan penghargaan bulanan kepada kreator terbaik. Di antaranya Creator Award, Bronze Award, Silver Award, dan Gold Award.

Peraih Gold Award berhak mendapatkan uang 1 juta yen (Rp. 107 juta) dan karyanya berhak dipublikasikan di platform Mangaplus dalam bahasa Inggris dan Shonenjump+ dalam bahasa Jepang. Hingga saat ini belum ada yang meraih Gold Award maupun Silver Award.

BACA JUGA: Shuiesha Luncurkan Manga Plus Creators. Bisa Masukin Manga Buatan Kita

GENDER X BORDER merupakan manga bergenre romance dan sci-fi. Ceritanya berlatar jauh di masa depan, dimana pria dan wanita hidup terpisah di 2 negara yang berbeda. Selama bertahun-tahun, mereka berperang melintasi batas negara.

Secara garis besar manga ini secara tersirat mengangkat realitas zaman sekarang, dimana feminisme dan maskulinitas berkembang pesat. Kedua gender, perempuan dan laki-laki saling bertikai satu sama lain. Akhir ceritanya cukup wholesome. 

Bagi kalian yang ingin membacanya, silahkan klik di sini.

Sang kreator, Mzhiro, memiliki nama pena lain sebagai Mas Hiro. Sebelumnya dia juga pernah menelurkan komik lain yang dia publikasikan di LINE Webtoon, yaitu Trickster dan Terlalu Cantik. 

Ikuti terus berita terbaru dari kanal-kanal Titip Jepang! Yuk, baca artikel lainnya di sini^^

Sumber:  MediBang Manga Plus Creators website

Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan