Review Film Mothra vs Godzilla (1964) – Keserakahan yang Berbuah Marabahaya

Bagaimana jika Godzilla mengusik Mothra?

Mothra vs Godzilla (Mosura tai Gojira) diproduksi setelah kesuksesan film Mothra (1961) dan King Kong (1962). Film ini menjadi film terakhir seri Godzilla di era Showa yang menampilkan Godzilla sebagai tokoh antagonis. Film Mothra vs Godzilla dirilis di bioskop Jepang pada 19 April 1964. Banyak yang beranggapan bahwa ini adalah salah satu film terbaik dalam franchise Godzilla. Lalu seperti apakah ceritanya?

BACA JUGA: Review Film Mothra (1961) – Si Monster Cantik

Sinopsis Mothra vs Godzilla

Jurnalis Ichiro Sakai dan Junko Nakanishi meliput reruntuhan topan ketika sebuah telur berukuran raksasa ditemukan oleh penduduk setempat. Pasangan ini kemudian bergabung dengan Profesor Miura dan menemukan bahwa telur tersebut telah dijual kepada Tuan Kumayama dari Happy Enterprises.

Didukung oleh Jiro Torahata yang rakus, para pengusaha berupaya mengeksploitasi telur tersebut secara komersial. Peri Mothra segera tiba dan dengan bantuan para jurnalis memohon agar telur tersebut dikembalikan ke Mothra dan Pulau Bayi.

Ketika permintaan mereka ditolak, Godzilla muncul dari reruntuhan topan dan menuju Nagoya. sakai, Junko, dan Miura harus mengajukan permohonan kepada Mothra dan penduduk Pulau Bayi untuk membantu menyelamatkan Jepang dari Godzilla.

Apakah mereka akan membantu setelah perlakuan yang mereka alami?

Penuh warna

Film ini menyenangkan, diawali dengan alur yang serius dan sesekali diselipi dengan humor. Alur cerita-nya kuat dan sesuai dengan film monster pada umumnya.

Karakter manusia-nya juga cukup menarik dan tidak terlalu membosankan, meskipun setengah jam pertama berisi penjelasan kisah namun itu tetap terasa menyenangkan. Alurnya yang sangat logis membuat kita lebih paham dan tidak bertanya-tanya..

Kemunculan Mothra pertama kali dalam Godzilla universe

Mothra dan Shobijin dari pulau Bayi kembali muncul untuk pertama kalinya sejak film Mothra (1961)Mothra selalu menjadi salah satu karakter kaiju favorit banyak orang termasuk saya dan dia berhasil bertahan melawan Godzila demi melindungi telurnya.

Hmm.. memang kasih ibu sepanjang masa ya..

Film ini memperlihatkan sosok Mothra sebagai pelindung dan simbol kebaikan. Ia tidak memikirkan seberapa jahat para manusia terhadap dirinya, dan tetap membantu umat manusia dalam menghadapi Godzilla. Mothra selalu digambarkan tampak cantik dan anggun serta sering dianggap sebagai dewa oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA: Mengenal Mothra – Kaiju Cantik Pelindung Bumi Sejak 1961

BACA JUGA: 9 Daftar Kaiju Terkuat dalam Godzilla Universe

Pertarungan monster yang jenaka

Meskipun adegan pertarungan antara Mothra dan Godzilla tidak sepanjang biasanya tetapi ini tetap menjadi pertarungan yang seru dan lucu. Sosok Godzilla yang kejam dan menakutkan di film ini seketika berubah ketika berhadapan dengan Mothra yang mistis dan anggun.

Dengan latar musik garapan Akira Ifikube, yang jika kalian dengarkan berulang-ulang, sangat menggetarkan. Membuat kita turut menyemangati Mothra untuk terus berjuang.

Kostum godzilla terbaik

blog-review mothra vs godzilla-mosugoji
sumber gambar: becominggodzilla

Kostum Godzilla kali ini ramping dan berbentuk lonceng dengan tulang dada dan lutut yang menonjol. Tangannya memiliki cakar yang ramping dan tajam dengan jari-jari terbuka, yang nampak dapat merobek apapun.

Bentuk kepalanya proporsional dengan tubuh dan fitur wajahnya sangat jelas mewujudkan sifatnya yang destruktif.

BACA JUGA: 10 Kostum Godzilla versi Toho, Yang Mana Yang Paling Menarik?

Mengangkat Isu-isu penting

Film Godzilla selalu merupakan antalogi dari isu-isu yang beredar saat film itu diproduksi, ta terkecuali dengan film Mothra vs Godzilla yang kembali membahas isu kerusakan lingkungan, konsekuensi dari keserakahan, konfilk antara masyarakat dengan perusahaan besar, dan harapan terhadap rasa kemanusiaan.

Mothra vs Godzilla benar-benar sangat memuaskan, dilengkapi dengan skor musik dari Akira Ifukube dan diarahkan dengan baik oleh Ishirō Honda serta pesial efek dari Eiji Tsuburaya yang juga sangat bagus. Film ini jelas menawarkan banyak hiburan dengan sedikit instrospeksi di antaranya. RottenTomatoes memberi skor 92% dari 13 suara dan IMDb memberikan skor 6,5/10 untuk film ini,

BACA JUGA: 5 Daftar Film Godzilla Versi Amerika Serikat

BACA JUGA: 31 Daftar Film Godzilla Versi Jepang

Ikuti terus berita-berita terbaru di kanal Titip Jepang. Yuk baca artikel lainnya lainnya di sini!

Jangan lupa ikuti juga media sosial Titip Jepang:
Instagram: @titipjepang
Twitter: @titipjepang
Facebook: Titip Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *